Sabtu, 07 Januari 2012

Apakah Anda Bosan Dengan Pekerjaan Anda Saat Ini?





"Apa pekerjaan anda saat ini?Apakah anda menyukainya?Jika anda tidak menyukainya, hindarilah, karena hal itu hanya akan merugikan anda dan perusahaan anda.Dan jika anda tidak menyukainya, anda pasti akan melakukan pekerjaan itu dengan buruk" Lee Iacocca

Saya ingin sedikit berbagi dengan anda yang mungkin pernah dipecat atau bahasa halusnya 'diminta mengundurkan diri'.

Saat itu saya sangat terkejut, bahkan hampir trauma. Namun, beberapa lama kemudian, saya sadar, bahwa ternyata saya ditakdirkan untuk melakukan hal yang lebih baik dan lebih bernilai.

Tidak penting apapun pekerjaan anda, saya hanya ingin mengatakan sepertinya kurang baik jika kita menghabiskan sisa hidup kita bekerja di sebuah perusahaan. Saya sangat tertarik sekali untuk merangsang anda semua, untuk menemukan apa yang anda cintai dalam hal pekerjaan. Kita harus mulai merancang agenda KEBEBASAN KITA. 


Harus kita akui, pekerjaan korporat, memakai dasi, bekerja dari jam 9 s/d jam 5 bukanlah hal yang 'sehat' untuk dikerjakan. Berada di sebuah ruangan di depan komputer, dengan jam dan aturan yang sangat kaku.

Anehnya, banyak sekali sahabat saya yang bahkan sampai rela membayar puluhan juta hanya untuk mendapatkan pekerjaan dengan status PNS dan mengerjakan pengarsipan seharian..Alasan yang dikemukakan sangat lucu sekali:

"Saya ingin mencari jaminan keamanan untuk masa depan saya"

Sungguh murah sekali menyerahkan kebebasan kita dengan jaminan uang pensiun bulanan dari pemerintah.

Lihatlah akibatnya..
Banyak pegawai negeri yang bekerja asal. Tidak ada gairah atau kecintaan terhadap pekerjaan mereka..Menyedihkan sekali bukan??

Tulisan ini hanya bagi mereka yang ingin menikmati 'kenikmatan' dalam bekerja. Kita tidak bisa mengatakan dengan klise: "cintai pekerjaanmu"..Seperti halnya berpacaran atau menikah..anda tidak bisa memaksakan cinta anda bukan??

Berikut temuan survey yang kami kutip dari sebuah buku "Success without real job", survey yang dilakukan Globe and Mail baru-baru ini terhadap respondens karyawan beberapa perusahaan besar di Amerika. Mereka mensurvey dengan mengajukan pertanyaan:

"Apakah anda menderita akibat rasa bosan dalam pekerjaan anda?"

33% menjawab: "Ya..saya bear-benar sulit menyeret badan saya ke kantor"

23% menjawab: "Ya, tapi masalahnya saya tidak sempat mencari pekerjaan lain"

25% menjawab: "Tidak juga, saya punya cara agar tidak bosan"

Dari sekarang, bagi anda yang bosan dengan pekerjaan anda, kita akan merancang "the Great Escape", pelarian besar dari pekerjaan kantoran lalu mulai mengejar gairah, kebebasan dan kreatifitas!!

Kita tidak bisa juga membohongi diri sendiri dengan mencari-cari hal yang kita sukai dari pekerjaan kita, cara seperti ini hanya akan membuat kita semakin lama semakin kehilangan waktu sampai akhirnya menyadari bahwa kita bukanlah jodoh dengan pekerjaan kita yang telah ditentukan oleh surga.

Lingkungan kerja yang menyedihkan hampir selalu saya dengar dari banyak murid-murid saya. Hampir semua mengeluh, tapi hanya sedikit yang melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Salah satu kunci untuk lari dari masalah ini, adalah DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH menanyakan APA ARTI SESUNGGUHNYA KESUKSESAN KARIR BAGI ANDA??

Kesalahan terbedar kebanyakan orang adalah meniru pemikiran-pemikiran orang lain yang belum tentu cocok dengan karakter dan keunikan mereka. Mereka pikir kesuksesan karir adalah jabatan, kantor yang luas di gedung berlantai 120, ruangan ber AC, memakai dasi yang paling mahal dan sibuk dengan rapat-rapat konyol (menghitung uang orang lain)

Berikut mungkin bisa anda jadikan acuan dalam menemukan pekerjaan yang ideal bagi anda, saya mengutipnya dari Dr.Viktor Frankl, penemu logotherapy:

4 Jenis Pekerjaan

1.Golongan pekerjaan yang sulit dipelajari, namun sulit dilakukan. Pekerjaan ini jelas sulit dipelajari dan sulit juga dilakukan bagi orang umum. Kalaupun anda sudah menguasainya, namun pasti sulit sekali saat melakukannya. Contoh : Accounting

2.Golongan pekerjaan yang mudah dipelajari, namun sulit dilakukan. Apapaun jenis pekerjaan ini, siapapun mudah untuk mempelajarinya, namun sulit untuk dilakuakan. Contoh pekerjaan kasar

3.Golongan pekerjaan yang sulit dipelajari, namun mudah dilakukan. Hanya saat mempelajarinya dan mendapatkan pekerjaan ini anda akan banyak mengalami kesulitan, namun banyak teman saya menyatakan bosan saat mereka mendapatkan atau melakukan pekerjaan ini untuk sekian lam. Contoh: Pilot atau pramugari.

4.Golongan pekerjaan yang mudah dipelajari dan mudah dilakukan. Nah..inilah gairah anda yang sesungguhnya. Bahkan tana pendidikan formal pun, sepertinya saat anda mengerjakannya, anda begitu mudah sekali melakukannya..

Temukan pekerjaan ini..