Selasa, 04 Maret 2014

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Terpuruk dan Bagaimana Keluar Dari Kondisi Tersebut






فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (Alam Nasyroh: 5)


Saat anda merasa kurang bersemangat, atau bahkan lebih buruk yaitu saat anda berada dalam situasi sulit, terkadang berat sekali untuk mencoba bangkit dan melihat segala hal dalam sudut pandang positif.

Anda pasti berpikir bahwa alam tidak berpihak kepada anda dan bertanya kenapa semua ini harus berakhir dalam kondisi seperti saat ini. Seolah-olah anda dilahirkan dengan sejuta kesialan dan hal-hal yang tidak menguntungkan sama sekali. Kenapa Tuhan mencobai anda dengan permasalahan pelik yang tengah anda hadapi.

Mengandalkan motivasi eksternal tidak akan menyelesaikan masalah pada akarnya. 

Mencoba berlari dari kenyataan juga tidak akan memperbaiki keadaan. 

Mencoba mengalihkan perhatian dengan melakukan kegiatan yang akan meredakan sakit anda tidak akan menyelesaikan masalah.

Bermain games, menonton hiburan di televisi, belanja di mall dan meratapi serta mengutuk diri anda hanya akan memperburuk masalah.

Tidak ada jalan lain. Hanya ada satu jalan, yaitu mencoba bangkit dan melangkahkan kaki kembali, langkah demi langkah.

Namun kembali lagi, bagaimana bisa kita sanggup melanjutkan langkah ini, sementara untuk bangkitpun rasanya berat sekali?

Terpuruk..

Kita semua pernah ada dalam kondisi tersebut. Siapapun itu, pasti pernah dihadapkan pada suatu keadaan atau permasalahan yang rumit. Banyak sekali contohnya. Disakiti pasangan anda, dipecat dari pekerjaan anda, gagal dalam bisnis, bangkrut, kehilangan orang yang dicintai, ditolak, dihina hingga dilecehkan dan diremehkan. Kita semua pernah di sana. Semua orang..

Jadi jangan merasa aneh dengan apa yang sedang anda alami saat ini, karena apa yang anda sedang alami saat ini, pernah juga dirasakan oleh orang lain. Dan itu merupakan suatu hal yang wajar dan tidak bisa kita hindari yang harus dialami oleh kita sebagai manusia yang normal.

Mungkin anda berpikir karena saking beratnya masalah yang anda hadapi, anda tidak akan pernah bisa menemukan jalan keluarnya. Saya tantang anda bahwa hal itu tidak sama sekali benar, asalkan anda mau mencoba berpikir sejenak dan melakukan hal-hal di bawah ini dengan komitmen besar,

1. Kembalikan Kepada Sang Pemilik Masalah
Innalillahiwainnailaihiraajiun..
Apa yang ada di bumi dan akhirat ini adalah hanya milik Alloh Sang Maha Pencipta. Hal baik, buruk dan apapun yang terjadi dan yang kita miliki serta alami adalah ketentuan yang telah ditetapkan oleh Alloh S.W.T.

Kembalikan semua itu melalui jalan dzikir dan tafakur.

Basuh muka anda dalam wudhu, lakukan solat sunat, berdoa dalam keheningan dan kekhususan, serahkan semua kembali hanya kepada Ia Yang Maha Agung.

Tidak ada solusi lain yang lebih elegan dan indah selain dengan menjadi ikhlas dan menerima dengan kebesaran hati bahwa apa yang anda alami adalah sebuah ujian yang datang dari Alloh yang tiada lain tujuannya agar anda diingatkan bahwa anda adalah manusia biasa, agar anda menyadari bahwa ada kekuatan lain yang luar biasa besar yang mengendalikan kehidupan anda.

2. Fokuskan Energi Anda Kepada Masalah Yang Anda Hadapi
Sederhanakan pemikiran anda. Fokuskan hanya kepada masalah yang tengah anda hadapi dan kerahkan seluruh energi anda untuk mencari solusi atas permasalahan yang anda hadapi tersebut

3. Ajukan Pertanyaan: “Apa kemungkinan resiko terburuk yang akan saya hadapi?”
Dengan mengajukan pertanyaan ini, anda akan menemukan jawaban terburuk untuk permasalahan yang tengah anda hadapi. 

Anda akan dipaksa untuk mencari jawaban logis bahwa sebenarnya masalah dan kekhawatiran anda disebabkan oleh sudut pandang anda yang sempit atau bahkan keliru. 

Anda akan menemukan bahwa sebenarnya permasalahannya hanyalah masalah sudut pandang anda saja.

4. Siapkan Mental Jika Seandainya Kemungkinan Buruk Tersebut Terjadi
Sedari dini anda sudah menyiapkan sebuah kondisi di mana kemungkinan buruk akan terjadi. Jadi ketika memang nanti betul-betul kekhawatiran anda terjadi, anda sudah tidak asing lagi, anda sudah siap untuk menerima dan hidup dengannya

5. Lakukan Hal Kecil Apapun Untuk Mengatasi Permasalahan Yang Sedang Anda Hadapi
Menulis bisa menjadi sebuah solusi simpel di mana anda menuliskan semua pemecahan masalah yang sedang anda hadapi. Kemudian selanjutnya anda bisa memilih solusi mana yang paling sederhana yang bisa anda lakukan saat ini juga untuk mengatasi masalah tersebut.

Tuliskan semua solusi yang muncul dalam benak anda, lalu pilih mana yang paling simpel yang bisa anda lakukan saat ini juga.

6. Selalu Temukan Alasan Untuk Melanjutkan Hidup
Hampir dapat dipastikan, mereka yang mengetahui dan memiliki alasan kenapa mereka hidup di dunia ini, adalah mereka yang selalu tegar dan kuat dalam menghadapi cobaan apapun.

Apa alasan terbesar anda hidup di dunia ini? Untuk apa anda dilahirkan? 
Apa yang Tuhan ingin anda lakukan dalam kehidupan yang singkat ini? Temukan alasannya.

Dengan mengetahui alasan anda hidup, anda pasti akan mampu kembali berpikir rasional dan kembali ke jalur kehidupan sesuai yang anda inginkan

Sahabatku,

Motivasi, seperti halnya tingkat keimanan, terkadang naik, terkadang turun. Namun, itu adalah fitrah kita sebagai manusia. Seberat apapun masalah yang anda hadapi, saya memiliki keyakinan suatu saat akan sirna,

Waktu akan membantu anda dan saat ini, lakukan apa yang bisa anda lakukan untuk mengangkat kembali diri anda ke jalur yang anda kehendaki.

Seperti halnya bola karet yang dilempar ke lantai, semakin keras ia dilemparkan, semakin tinggi ia akan memantul ke atas. Begitu juga dengan kita, semakin kita jatuh terpuruk, saya berharap setelah itu, anda akan memantul tinggi, setinggi mungkin, melebihi apa yang anda bayangkan sebelumnya,

Semoga bermanfaat,