Kamis, 01 Agustus 2013

5 Langkah Menjadikan Anda Orang Tangguh




"Patient, passion, persistence, learning from failure is the key combination to success" Napoleon Hill


"Kesabaran, kecintaan, ketangguhan dan belajar dari kegagalan adalah kombinasi utama menuju keberhasilan" Napoleon Hill

Menengok tahun-tahun ke belakang, saya telah belajar tentang bagaimana untuk menjadi diri sendiri. Apa arti sesungguhnya dengan menjadi DIRI SENDIRI. Tahun-tahun tersebut dilewati dengan masa-masa kemenangan, kehancuran, kegagalan, kekalahan, kebingungan serta ketidakpastian. Beruntung, saya memiliki sahabat-sahabat hebat yang bersedia mendukung, mendengarkan, membantu serta menguatkan untuk selalu tetap bertahan dengan impian-impian saya. 

Semua dukungan tersebut sangat besar artinya, namun, di balik itu, menurut saya, apa yang paling penting dalam melewati setiap masalah atau kegagalan dalam hidup adalah DAYA TAHAN atau KETANGGUHAN.

Menjadi orang yang tahan banting, tangguh, kuat adalah salah satu skill dalam kehidupan yang tidak kita dapatkan di sekolah atau di kampus. Sekolah lebih memilih Bahasa Inggris, Matematika atau Fisika dibanding mengajari siswanya tentang pentingnya untuk menjadi orang yang tangguh, tahan banting dan kuat saat menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan. Padahal, kehidupan kita tidak dapat dipisahkan dari kegagalan, penolakan, kekecewaan dan keputusasaan. Jadi menurut saya, setiap orang perlu memiliki skill ini.

Karena tidak diajarkan di sekolah, maka harus kita sendirilah yang belajar dan mempraktekkan skill ini.
Menjadi orang yang tangguh dapat berarti luas di sini. Saya akan membagikan 5 Langkah Sederhana untuk merangsang anda agar menjadikan anda orang yang tangguh. Dalam situasi apapun, termasuk kedukaan, sakit dan kehilangan pekerjaan.

Langkah 1:
JANGAN SELALU MENGANGGAP SEMUA MASALAH PRIBADI
Saya pastikan kepada anda bahwa kita tidak bisa 100 persen mengendalikan kehidupan kita. Terkadang kita mengalami kejadian yang tidak kita harapkan.Baik dalam karir kita, hubungan percintaan kita, keluarga maupun bisnis kita.

Saat saya pertama menulis tulisan di blog ini, pernah ada yang berkomentar, 'terlalu lebay', 'konyol' dan lain sebagainya. Mengungkapkan ide, pemikiran, pengalaman dan gagasan ke dalam sebuah tulisan untuk dibaca orang lain tentu akan menimbulkan reaksi beragam. Saat menerima komentar tersebut, jelas, hati saya agak sedikit down, apakah betul yang saya lakukan ini konyol. Apakah yang saya lakukan ini berharga? Sampai akhirnya saya menyadari bahwa saya terlalu menganggapnya personal atau menjadi masalah pribadi. Saya belajar memaafkan dan melihat dari sisi yang lebih objektif.
Begitupun dengan hal-hal lainnya...
Saat kekasih anda meninggalkan anda, saat anda dipecat dari pekerjaan anda, saat lamaran kerja anda ditolak, semuanya tidak ada yang bersifat pribadi. Semua hal itu hanyalah sebuah peristiwa yang tidak bisa kita hindari. Namun, jangan pernah sekalipun menganggap hal tersebut personal. Bukan karena orang lain tidak menyukai anda. Lihatlah dari sisi yang benar dan positif.

Langkah 2:
LATIHAN DENGAN MEDITASI DAN KETENANGAN DI SAAT MENGALAMI HAL BURUK
Dunia dan kehidupan kita saat ini sudah sangat 'berisik'. Jadwal kita padat diisi dengan tayangan televisi, menu smartphone, kemacetan, proyek kerja, meeting dan sebagainya. Dengan mengembangkan latihan meditasi dan ketenangan secara perlahan anda akan menjadi orang yang setenang samudera meskipun berbagai hantaman badai datang melanda. Saya tidak bisa melupakan pengalaman menghadapi lebih dari 200 orang penumpang yang sangat marah dan hampir anarkis menghadapi saya dan tim karena kekecewaan saat keterlambatan penerbangan mereka. Kebanyakan orang akan lari menghindar dan bersembunyi. Dengan penuh ketenangan dan keyakinan, saya mantap menghadapi mereka.

Begitu pula saat anda ditinggal kekasih anda, diduakan, diselingkuhi, ditolak pada saat interview kerja pada saat-saat sulit tersebut justru merupakan kesempatan bagi anda untuk berlatih KETEGUHAN HATI sehingga kelak anda menjadi berlian yang berkilau yang kokoh seperti halnya batu karang di lautan

Langkah 3:
MULAILAH MENULIS JURNAL
Menulis jurnal sangat bermanfaat untuk pengembangan jiwa kita. Kita tidak bisa mengingat dengan tepat dan pasti peristiwa apa yang terjadi di masa lalu kita. Dengan menulis di jurnal, anda akan mampu melihat kembali ke belakang hal-hal apa yang pernah terjadi dalam kehidupan anda, baik maupun buruk. Anda akan terkejut menyadari bahwa ternyata anda bisa melalui bahkan hal buruk sekalipun dalam hidup anda. Mengetahui bahwa tidak ada yang permanen di dunia ini. Hal itu hanya bisa kita ingat dan kita pelajari dari sebuah catatan khusus tentang kita. Menyenangkan untuk mengingat masa lalu..

Langkah 4:
MEMINTA BANTUAN ORANG LAIN
Entah itu anggota keluarga, sahabat atau orang lain yang baru anda kenal, terkadang baik sekali untuk berbicara dengan mereka berdua, hati ke hati. Kita ungkapkan semua permasalahan kita. Anda mungkin tidak akan menemukan solusi atau memecahkan langsung permasalahan anda, namun setidaknya dengan berbagi, anda akan menyadari bahwa anda tidaklah sendiri. Ceritakanlah apa adanya, tidak perlu ditutupi. Ceritakan masalah anda,ceritakan keinginan anda, mimpi-mimpi anda, perjuangan anda, sehingga kita semua bisa saling menjaga satu sama lain

Langkah 5:
MELAKUKAN HAL-HAL YANG ANDA SUDAH TUNDA-TUNDA ATAU HAL-HAL YANG ANDA TAKUTKAN
Entah itu traveling, mengunjungi teman lama anda, menelepon orang tua anda, pergi ke tempat sederhana di luar kota yang sudah anda tunda sejak lama, hal itu akan merefleksikan kepercayaan diri bagi anda serta meningkatkannya berlipat ganda. Anda tentu pernah mengalami dan merasakan diri anda dipenuhi wawasan, pengetahuan, pengalaman serta inspirasi baru begitu anda selesai pergi dari suatu tempat baru bukan? Jadi eksplorasi kehidupan anda dengan melakukan hal-hal yang anda takutkan selama ini..

Nah..

Itulah 5 Langkah sederhana untuk menjadikan anda orang yang tangguh dan kokoh sekuat batu karang.
Percayalah, hidup ini indah dan penuh anugerah serta berkat di dalamnya. Begitu berwarna dan bermakna, sampai-sampai jika anda sudah melihatnya, bahkan nyaris tidak ada cela atau kekurangan..

Bahwa kita sudah sangat dicukupkan dan sudah disempurnakan sedemikian rupa,,

Semoga bermanfaat,