Senin, 06 Agustus 2012

Petualangan Di Planet Mars

Setelah melakukan perjalanan selama hampir lebih dari 36 minggu (9 bulan) waktu bumi, robot curiosity siang hari ini sekitar pukul 13.00 WIB akhirnya tiba di Mars, sebuah planet yang memiliki kemungkinan terbesar dibandingkan planet-planet lain untuk ditempati oleh manusia.


Saya telah menghabiskan waktu membaca cukup banyak tetang kehebatan manusia dan keistimewaan si planet merah ini selain juga menonton videonya, film dokumenter maupun versi film fiksinya.


Imajinasi saya sangat terasa begitu nyata melihat cuplikan hasil-hasil foto eksplorasi planet tersebut oleh NASA maupun lembaga antariksa lainnya.


Pemandangan yang menakjubkan (silahkan lihat foto-foto di bawah ini)/


Perjalanan yang syarat akan petualangan yang sesungguhnya.


Sebuah tanah yang tak berujung, berwarna kemerah-merahan, dengan suhu yang sangat dingin, di bawah -80 derajat celcius.


Benarkah pernah ada kehidupan di sana?


Siapakah kita sebenarnya?


Apakah ada mahluk lain selain kita di bumi ini?

Bayangkan imajinasi anda di bawa sampai ke sana...


Malam tadi saya membaca sebuah novel yang saat ini menjadi salah satu best seller, judulnya ‘The Alchemist’ oleh Paulo Coelho. Novel yang berisikan petualangan seorag pemuda yang bernama Santiago dalam mengejar hasrat dan impiannya, mencari harta karun di tanah Mesir, di antara piramida-piramida raksasa, melampaui berbagai macam rintangan. Tentang perjuangan seorang pemuda yang mengejar apa yang diyakini dalam dirinya sebuah ‘kebenaran’, ‘panggilan hidupnya’. Untuk hidup tidak berdasarkan definisi orang lain. Santiago melihat seorang tukang roti yang menyerahkan seluruh hidupnya hanya berjualan roti, tidak berani melakukan sebuah petualangan yang sangat ia idam-idamkan di karenakan gengsi. Menurut si tukang roti, jauh lebih baik jadi seorang penjual roti, daripada menjadi seorang gembala domba, walaupun seorang gembala akan memungkinkan dia untuk berpetualang ke banyak tempat.



Antara Mars, robot curiosity dan Santiago, ada satu hal yang menarik tentang arti sebuah ‘perjuangan’, sebuah petualangan untuk mengejar apa yang benar-benar selalu bersuara dalam hati kecil kita. Apa yang telah dialami oleh curiosity agar bisa mendarat dengan tepat dan selamat membutuhkan perjuaangan yang sangat luar biasa, menempuh jarak jutaan kilometer, melawan gravitasi, melewati lapisan atmosphere Mars yang lebih tipis dari bumi adalah benar-benar suatu kehebatan manusia untuk mencapai titik tertinggi dalam pencapaiannya.



Bisa kita bayangkan kelak jika memang benar Mars bisa dihuni. Beberapa proposal untuk eksplorasi dan ekspedisi telah diajukan sehingga bisa menggapai impian yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya ini.


Hingga akhirnya manusia bisa memahami dirinya dan dunia di sekelilingnya.


Pun juga dengan Santiago dalam novel the alchemist..Ia harus rela menempuh perjalanan sangat panjang, berliku, penuh tantangan dan harus siap menerima resiko kehilangan segala-galanya untuk bisa menemukan arti hidupnya.



Entah siapapun anda di sana yang membaca tulisan ini.

Kita semua masih memiliki bara dalam diri kita itu. Api yang masih menyala untuk membawakan perubahan dan dampak yang positif bagi dunia ini dan orang-orang di sekeliling kita.


Jangan biarkan suara itu mati. Suara yang selalu berbisik kepada kita hampir setiap saat. Itulah suara kebenaran, ikutilah suara itu..ke tempat tergelap sekalipun. Apapun resiko yang anda tempuh.


Percayalah..Hidup ini hanya sekali, jangan bohongi diri anda, jangan lakukan pekerjaan yang biasa-biasa saja. Lakukan hal yang menurut anda benar-benar layak untuk dikenang dan diceritakan kelak.



Saya yakin, kita akan bertemu lagi kelak. Melalui pesan ini saya ingin menyentuh anda, untuk berpetualang bersama-sama..


Cheers :)



Ps. di bawah adalah foto-foto planet Mars (sumber wikipedia.org)






Salam hangat,


Adi