Senin, 31 Desember 2012

Panduan Membuat Resolusi Di Awal Tahun Baru




“Tomorrow is the first blank page of 365 page book. Let’s write the great one” Brad Praisley


“Esok adalah halaman kosong pertama dari 365 halaman kosong dari sebuah buku. Mari kita tulis sesuatu yang spektakuler” Brad Praisley


Tahun baru tiba!!!


Semangat terpompa. Jantung berdetak keras, antusiasme melonjak tinggi, tidak sabar menunggu awal tahun datang untuk melakukan perubahan-perubahan mendasar dan dramatis. 


Awal tahun selalu menjadi awal untuk petualangan baru yang menghampar di depan..



LAUTAN PETUALANGAN YANG MENEGANGKAN, MENYENANGKAN DALAM BENTANGAN KEHIDUPAN YANG SANGAT SINGKAT INI. 



Mari kita lakukan sesuatu yang hebat!!!


Seperti kebanyakan orang, menjelang tahun baru kita membuat resolusi atau rencana tahunan tentang hal apa yang ingin diraih di tahun selanjutnya. Namun, seperti yang kita ketahui, banyak orang mengalami kegagalan (termasuk saya yang mengalami banyak kegagalan) dalam pencapaiannya, hingga akhirnya kita terus menerus belajar meningkatkan bagaimana untuk berkomitmen lebih baik lagi..



Jika anda datang berkunjung ke blog ini, anda pun pasti merencanakan beberapa hal atau beberapa perubahan di awal tahun ini sehingga menjadikan tahun selanjutnya lebih baik dari tahun sebelumnya. Intinya mengenai perubahan bukan?


Nah..Saya tidak mau panjang lebar membicarakan tentang apa itu resolusi atau perubahan. Saya akan langsung berbagi dengan anda yang mudah-mudahan bermanfaat (terutama bagi mereka yang tidak biasa dengan membuat resolusi di awal tahun).


Perubahan selalu menyakitkan, tapi sekarang kita tidak akan merasa takut lagi. Selama satu tahun menulis di blog ini, saya merasa telah memberikan banyak hal kepada 4700 pengunjung blog ini mengenai pentingnya keberanian untuk mengikuti kata hati kita. Mendefinisikan ulang takdir kita melalui kekuatan yang diberikan Alloh SWT..



Berikut adalah panduan singkat untuk membuat resolusi di awal tahun…(Semoga bermanfaat)



1. Naikkan standar anda, tulis tujuan anda sejelas-jelasnya


Untuk melakukan perubahan-perubahan mendasar. Hal pertama yang mutlak yang harus anda lakukan adalah menuliskan tujuan anda dengan jelas. SEJELAS-JELASNYA. Kejelasan adalah kekuatan. Ambil selembar kertas, lalu tuliskan beberapa hal yang ingin anda raih atau ingin anda lakukan atau kebiasaan-kebiasaan buruk yang ingin anda hilangkan. Anda perlu meningkatkan standar anda, menuliskan hal-hal yang akan menjadi panduan anda dan hal-hal apa saja yang tidak akan anda anda terima dalam hidup ini. 


Lebih tepatnya, hal apa saja yang ingin anda raih atau ingin anda lakukan di tahun 2013!!



Tuliskan semua hal terlebih dahulu, semuanya yang ada di benak anda. Jangan pikirkan bagaimana caranya. Pokoknya tuiskan terlebih dahulu. Caranya bagaimana, nanti anda akan temukan jalannya. Yang terpenting adalah ANDA TAHU AKAN PERGI KEMANA TERLEBIH DAHULU!!


Tulislah sebanyak mungkin, anggap anda memiliki sebuah teko ajaib yang dari dalamnya keluar Jin yang bisa mengabulkan semua keinginan anda..


Bersikaplah spontan dan gila-gilaan, pokoknya tuliskan semua yang ada di benak anda.



2. Miliki keyakinan sekeras batu dan setegar batu karang


Milikilah iman yang pasti. Sekuat-kuatnya. jika anda menuliskan keinginan anda, namun anda tidak memiliki keyakinan yang kuat, sama saja anda menyabotase diri anda. Keyakinan atau iman ini yang akan menjadi penuntun anda kelak dalam masa-masa sulit atau saat muncul keraguan. Bagaimana anda akan bertindak jika anda sendiripun tidak memiliki keyakinan akan diri anda dan tujuan anda.


Milikilah iman ini dalam diri anda. Yakinlah... Alloh selalu bersama kita.



3. Bagi menjadi beberapa kategori


Agar terfokus, sekarang bagi tujuan-tujuan atau daftar impian anda tersebut ke dalam beberpa kategori. Berikut beberapa kategori umum:



a. Tujuan keuangan/ekonomi


b. Tujuan karir/bisnis


c. Tujuan kesehatan/ fisik


d. Tujuan hubungan


e. Tujuan mainan/petualangan


f. Tujuan spiritual/sosial/pengabdian


Dari beberapa kategori tersebut, pilih setiap kategori salah satu yang menurut anda paling penting untuk anda raih tahun ini. Lalu tulis di kertas terpisah.



Berarti sekarang anda memiliki hanya beberapa tujuan saja untuk anda raih di tahun 2013 ini.


Pada masing-masing tujuan (goal) tersebut, selanjutnya anda tentukan waktu dengan jelas, sejelas-jelasnya kapan tepatnya anda akan mencapainya. Lalu pindahkan pada kertas terpisah, lebih bagus di cetak permanen agar anda bisa menempelnya di komputer anda, di cermin, di pintu kulkas, di pintu rumah, di manapun anda tempel, sehingga anda bisa selalu mengingatnya.



4.Bagi menjadi beberapa rencana kecil


Sudah saya jelaskan, tujuan anda harus jelas. Sejelas-jelasnya. Selanjutnya, setelah anda menetapkan tujuan utama anda, selanjutnya anda bagi tujuan tersebut menjadi rencana-rencana kecil. Tulis semua rencana yang muncul di benak anda. Jadikan rencana tersebut menjadi acuan anda untuk mengambil langkah setiap harinya di tahun 2013. Bagi menjadi bagian -bagian kecil.


Misal:


Menurunkan berat badan menjadi 45 kg


Rencana:


1.Joging dan senam 2x seminggu


2. Tidak makan makanan berlemak


3. Tidak memakan camilan di malam hari, dst..




4. Lakukan


Inilah hal yang paling penting di atas segala-segalanya. Jalankan, jalankan dan jalankan. Jangan menunda, jangan menunggu waktu yang tepat. Jalankan setiap rencana yang akan mendekatkan anda kepada tujuan anda. 



Berikut adalah komponen-komponen penting yang perlu anda perhatikan dalam menjalankan rencana anda:


a. Selalu sertakan dalam tindakan sehari-hari anda


b. Lakukan kontrol dan evaluasi secara berkala (seminggu sekali atau sebualan sekali) tergantung lama atau tidaknya tujuan yang ingin anda raih tersebut.


c. Jangan buat tujuan yang tidak sejalan dengan isi hati anda. Jangan membuat tujuan berdasarkan saran orang lain, orang tua atau siapapun. Ikuti kata hati anda. Tujuan yang menurut anda benar-benar menarik dan penting sehingga akan selalu membuat anda antusias dan semangat mengejarnya. 


Ingat..Ini adalah hidup anda satu-satunya..


e. Jangan terlalu ambisius dan terlalu percaya diri


Jangan membuat tujuan yang terlalu ambisius atau ingin sekaligus dalam semua hal. Lakukan secara perlahan, sedikit demi sedikit, namun konsisten.



Terakhir, saya ingin berbagi tentang dua hal paling penting dalam pencapaiannya..


Kuncinya bukanlah melakukan semua hal atau melakukan banyak hal, tapi justru SEBALIKNYA. LAKUKAN HANYA SEDIKIT HAL. Jangan terlalu menetapkan banyak tujuan. Anda tidak mungkin bisa meraih segala-galanya. FOKUS.FOKUS.FOKUS..Itu kuncinya. 



Lakukan hanya hal yang akan mengarahkan anda kepada tujuan anda. Hapus hal-hal yang benar-benar tidak penting!



Kedua, gunakan Hukum Parkinson. Apa itu hukum Parkinson? Hukum Parkinson menyatakan bahwa sifat tugas akan menjadi mudah tergantung motivasi yang menyertainya. Maksudnya? Saya ambil contoh..




Saat saya menugaskan murid saya untuk membuat presentasi yang cukup sulit, saya memberikan waktu satu minggu untuk membuatnya. Mereka keberatan. Murid saya meminta waktu lebih panjang. Akhirnya saya berikan mereka waktu sepuluh hari. Setelah sepuluh hari, tugas pun dikumpulkan. Hasilnya? Biasa saja..


Lalu setahun kemudian, saya mengajar murid baru dengan keahlian dan kemampuan tidak jauh beda dengan kelompok murid sebelumnya. Kepada murid kelompok yang baru ini, saya memberikan tugas tersebut secara mendadak dan mereka harus mengerjakan tugas yang sama sulitnya tersebut namun tidak selama satu minggu. Tapi satu hari!!YA!!SATU HARI!!Jelas, mereka merespons dengan kaget, mengeluh dan keberatan. Namun saya tetap memaksa, saya mengancam (strategi) bahwa jika mereka tidak mengerjakan tugas tersebut mereka sudah pasti dinyatakan tidak lulus. Hasilnya? Mereka terpaksa mengerjakan tugas tersebut dengan segala keterbatasan data dan waktu. Namun sehari kemudian, tugas dikumpulkan. Hasilnya? SAMA DENGAN MURID SAYA SEBELUMNYA!!Bahkan beberapa lebih baik..



Inilah hukum Parkinson..Anda akan melakukan, mengerahkan segala upaya anda yang anda miliki untuk menyelesaikan tugas anda seberapapun sulitnya jika ada motivasi yang sangat kuat menyertainya.



Bayangkan anda akan mati besok kalau anda tidak segera menyelesaikan tugas anda. Bayangkan anda akan dipecat jika anda tidak mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh atasan anda. Bayangkan anda tidak akan bertemu lagi dengan orang yang anda sayang seandainya anda tidak melakukan rencana anda. Dan motivasi-motivasi lainnya. Buat diri anda termotivasi, bahkan sangat termotivasi, sehingga anda tidak mungkin menundanya lagi..



Pada akhirnya, semuanya tentang KESUNGGUHAN atau dalam filosofis muslim MAN JADDA WAJADA…


Kesungguhan kitalah yang patut dipertanyakan jika kita masih belum juga mencapai hal yang ingin kita raih..


Jadi pertanyaannya, APAKAH ANDA SUNGGUH-SUNGGUH??



Semoga tahun ini kita lebih bersungguh-sungguh dan semoga kita mendapatkan pengalaman hidup yang lebih kaya, lebih penuh petualangan, kesehatan yang baik dan keberkahan dari Alloh SWT..



Saya pribadi, dari lubuk hati mengucapkan selamat tahun baru. Semoga kita menjadi orang yang lebih hebat dari sebelumnya..Saya merindukan anda semua para pembaca blog ini dan salah satu komitmen saya di tahun 2013 ini adalah untuk menulis lebih baik dan lebih bermanfaat serta memberikan pelayanan yang lebih spektakuler untuk anda semua pembaca setia blog ini...



Salam hangat dan peluk,


Adi Rahman