Senin, 29 April 2013

Dari Mana Kita Harus Memulai



"Jika anda memiliki dua atau tiga hal sebagai prioritas, itu bukanlah prioritas. Prioritas itu hanya satu hal" Jim Rohn

Dari mulai berhenti merokok, menjalani pola hidup sehat, berolahraga, menjalani meditasi rutin, menjalankan ibadah sholat sunat, semakin mendekatkan diri kepada Alloh, lebih sering membaca Al Quran, menjalani pola hidup sederhana dan berinvestasi rutin..Ada begitu banyak tempat untuk memulai perubahan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Saya yakin anda pun demikian. Ada yang ingin segera memulai diet, mencari dan berpindah pekerjaan, memulai bisnis, menyambung kembali hubungan yang telah retak,mendapatkan kekasih pujaan, hingga melakukan perjalanan atau traveling atau bahkan memulai sebuah blog. Setiap orang memiliki keinginan yang berbeda.

Entah apapun misi dan keinginan anda, ada satu pertanyaan sama yang selalu muncul..

Dari Mana Kita Harus Memulai?

Saya tahu pertanyaan tersebut akan muncul dalam benak kita saat kita ingin mengadakan perubahan. Karena dari pengalaman, eksperimen dan latihan tentang bagaimana agar perubahan bisa melekat sehingga bisa menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Saat akan melakukan perubahan, selalu ada semacam kebingungan dan kelumpuhan dalam mengambil keputusan sehingga hasilnya malah justru melumpuhkan kita. Bukannya bergerak melakukan perubahan, malah kita terus berputar-putar di tempat yang sama, karena kita dilumpuhkan oleh begitu banyak pilihan untuk memulai dari mana.

Perlahan namun pasti, saya mulai menemukan formula yang tepat dan prinsip yang ampuh agar perubahan itu bisa berjalan, berhasil dengan baik dan akhirnya menjadi bagian dari kebiasaan kita sehari-hari. 

Perlahan namun pasti, rasa percaya diri saya semakin hari semakin meningkat. Saya telah berhasil memenuhi komitmen saya untuk bangun awal setiap hari (libur atau tidak), melaksanakan ibadah wajib, membaca Al Quran secara rutin, menjalani meditasi dan tahajud serta konsisten mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari. 

Pencapaian itu bagi saya sangat berarti, karena saya sudah menunda hal di atas lama sekali, dan kalaupun saya jalani, saya hanya menjalani sesekali saja. Kini mereka sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan saya sehari-hari. Dan tidak ada hal yang membanggakan selain hal itu..
Rasanya menakjubkan..

Ada dua kesalahan umum yang saya sering lakukan dan mungkin orang lain lakukan juga saat akan memulai perubahan,

  1. Kita ingin merubah segalanya sekaligus.Kita membuat daftar komitmen yang panjang. Ingin ini, ingin itu, dan kita melakukannya sekaligus. Dan anda sudah bisa menebak hasilnya, saya GAGAL
  2. Kita melakukan perubahan, mengambil tindakan dengan sangat bersemangat, namun kita hanya melakukannya sesekali. Tidak menjadikan hal itu sebagai satu kebiasaan. Hasilnya? GAGAL. 
Kini, saya sadar akan kesalahan tersebut dan saya menemukan jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan kita di atas.

Jawabannya adalah dengan memilih SATU PERUBAHAN. Saya ulangi di sini. HANYA SATU KOMITMEN yang harus anda pilih. 

Saran saya, adalah anda pilih satu perubahan atau satu komitmen yang paling mudah, yang anda tidak akan mungkin gagal dalam menjalaninya.

Saya tahu, kita selalu merasa sangat bersemangat dan penuh antusias bahkan 'bernafsu' sekali saat menulis daftar keinginan dan perubahan yang akan kita buat. Namun, itu hanya berlangsung sesaat saja. Anda ingat saat merayakan tahun baru atau saat anda berulang tahun? Anda berjanji akan melakukan ini itu,namun hasilnya? Banyak yang terbang bersama angin...

Sekali lagi, pilih satu kebiasaan kecil yang anda tidak akan mungkin gagal. Jika anda ingin diet, mulailah dengan olahraga 5 menit satu hari. Jika anda ingin menulis buku, mulailah dengan menulis 1 lembar setiap hari. Alokasikan waktu khusus yang anda tidak bisa diganggu, fokus menjalaninya dan konsisten hingga menjadi sebuah kebiasaan.

Di bawah ini adalah contoh kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa anda mulai saat ini juga dan akan memberikan dampak luar biasa terhadap kehidupan anda...

1. Memulai hidup sehat 
Mulailah dengan olahraga atau latihan 5 menit setiap pagi. Naikkan dosisnya menjadi 6 menit, 7 menit, 10 menit dan seterusnya.

2. Berlatih meditasi 
Mulailah dengan bernafas, setiap pagi, minimal 5 menit. Bernafas perlahan, fokus kepada waktu itu, kunci pikiran anda

3. Hidup minimalis/sederhana. 
Mulai dengan memilih baju-baju yang tidak dipakai dan jarang digunakan di lemari anda, anda pilih dan pisahkan, berikan kepada mereka yang tidak mampu. Buang barang-barang yang memang tidak dibutuhkan di rumah anda atau berikan kepada mereka yang membutuhkan.

Saya ingin anda bersama saya, mengawal perubahan-perubahan kecil ini. Saya ingin anda menjadi saksi bagi saya, dan sebaliknya, saya akan menjadi sahabat anda dalam menjalani komitmen kita.

Berikut ini adalah daftar yang saya buat sebagai bagian dari komitmen saya..

  1. Berhenti merokok secara total 
  2. Meningkatkan latihan dan olahraga rutin 
  3. Menjalani ibadah sunnah secara konsisten (puasa sunnah, dhuha, tahajjud, zakat, dll) 
  4. Meningkatkan jumlah tabungan dan investasi bulanan 
  5. Menjalani hidup sederhana, penuh kasih dan penuh syukur 
  6. Menulis artikel setiap hari 
  7. Menulis buku motivasi dan novel fiksi 
  8. Minum air putih 8 gelas per hari 
  9. Mempelajari dan menguasai bahasa asing 
  10. Bangun tidur lebih awal konsisten jam 4.30 setiap hari 
  11. Tidur lebih awal 
  12. Menghindari makanan tidak sehat (daging, lemak, santan, dll) 
  13. Melanjutkan studi psikologi 
  14. Menambah berat badan 
  15. Melunasi sisa utang ke Bank 
  16. Membuka kursus online 

Dan masih banyak daftar lainnya..

Di antara ratusan daftar tersebut, saya memilih dan memulai dengan MEDITASI. Kenapa? Karena sangat fundamental dan akan memberikan kekuatan fokus serta ketenangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dan terbukti berhasil. 

Setelah saya menguasai latihan meditasi secara konsisten, saya melanjutkan dengan menjalani komitmen bangun tidur lebih awal, dan sekarang saya pun sudah berhasil secara konsisten mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari, menulis setiap pagi dan siap untuk menghadapi tantangan selanjutnya yang lebih sulit.

Selanjutnya, saya akan memulai program berhenti merokok saya minggu ini. Dan anda semua, pembaca setia dan sahabat terbaik saya akan menjadi saksi perubahan ini..

Bagaimana dengan anda?
Dari mana anda akan memulai?
  1. Pilih satu keputusan area mana yang ingin anda rubah (hanya satu) 
  2. Jalani SETIAP HARI dengan konsisten dengan dosis kecil 
  3. Tingkatkan setelah anda menguasai dan menjadikannya kebiasaan 
  4. Pindah ke komitmen lain secara bertahap 
Semoga bermanfaat,
Salam hangat,
Adi