Jumat, 19 Juli 2013

Jangan Lagi Membuang Waktu Anda: Bagaimana Memastikan Anda Kembali Ke Jalur Impian Anda Di Awal Tahun



"Yesterday is gone. Tomorrow has not yet come. We have only today. Let us begin" Mother Theressa

"Kemarin telah berlalu. Besok belumlah tiba. Hanya hari inilah yang kita punya. Mari kita mulai" Bunda Theresa

Anda punya dua pilihan saat anda melihat kalender saat ini,

1. Anda bisa berpikir dan mengatakan:
" Wow..Ini bulan Juli. Saya tidak percaya tahun 2013 sudah setengah jalan. Sudah hampir setengah tahun semenjak saya menetapkan daftar impian saya. Kemana perginya impian yang sudah kutulis di awal tahun lalu?"

atau 

2. Anda bisa berpikir dan mengatakan:
"Ini masih bulan Juli, berarti saya masih memiliki waktu setengah tahun untuk meraih impian yang saya tulis di awal tahun lalu"

Apakah anda setuju dengan saya, bahwa pilihan kedua merupakan pilihan yang jauh lebih baik daripada pilihan pertama? Saya juga yakin, anda dan saya setuju untuk tidak lagi membuang waktu. Jadi, mari kita mulai saja...

Bagaimana mengembalikan kembali energi dan fokus kita akan target kita di tahun 2013 ini.
Saya yakin anda sudah tahu apa saja target anda. Biasanya meliputi beberapa area penting dalam hidup anda. Bagi anda yang belum menetapkan tujuan, saya akan berikan kembali gambaran aspek apa saja yang penting dalam hidup anda.

1. Aspek Spiritual, Hubungan Anda Dengan Tuhan Anda
Tujuan apa saja yang ingin anda raih? Apakah menjadi lebih taat? Memulai konsisten shalat? Menamatkan Al Qur'an? Tulis atau periksa kembali daftar tujuan anda pada aspek ini

2. Aspek Hubungan (Keluarga, kekasih, sahabat, rekan kantor, rekan bisnis, dll)
Tujuan apa saja yang ingin anda raih atau perbaiki dalam hal ini? Apakah menjadi lebih intim lagi dengan pasangan anda? Menikah di tahun ini? Mendapatkan kekasih impian? Memiliki lebih banyak teman? Memperbanyak waktu dengan keluarga? Tulis dan periksa kembali tujuan anda pada aspek ini.

3. Aspek Finansial (Bisnis/Keuangan)
Tujuan apa saja yang ingin anda raih atau tingkatkan pada hal ini? Melunasi utang dan cicilan anda? Menjual aset? Memulai bisnis atau usaha sampingan? Menambah jumlah tabungan anda? Menggunting kartu kredit anda? Tulis dan periksa kembali tujuan anda pada aspek ini.

4. Aspek Karir/Pekerjaan
Berpindah kerja? Berhenti kerja? Pindah spesialisasi? Meningkatkan kenaikan gaji? Pindah lokasi? Meningkatkan spesialisasi? Tulis dan periksa kembali tujuan anda pada aspek ini.

5. Aspek Kesehatan
Memulai kebiasaan sehat? Memulai diet? Meningkatkan durasi olahraga pagi? Berlatih meditasi? Menambah jumlah air putih yang diminum setiap hari? Berhenti merokok? Berhenti mengkonsumsi alkohol? Tulis dan periksa kembali tujuan anda pada aspek ini.

6. Aspek Hobi/Petualangan
Pergi ke pulau impian anda? Pulau Pari? Bali, Lombok? Paragliding, paralayang, berlatih balet, kursus gitar, kursus vokal, berpetualang ke Raja Ampat? Mendaki bukit? Camping? Mengoleksi film klasik? Berlatih vokal? Tulis dan periksa kembali tujuan anda pada aspek ini.

7. Aspek Pengembangan Diri
Memulai kuliah? Melanjutkan kuliah? Mengambil kursus bahasa asing, mempelajari kitab suci Al Quran, membangun kebiasaan baik dan sehat, menjadi lebih fokus, menjadi penulis, membaca buku pengembangan diri? Tulis dan periksa kembali tujuan anda pada aspek ini.

Lalu kembali lagi ke pertanyaan di awal. Bagaimana mengembalikan kembali energi dan fokus kita akan target kita di tahun 2013 ini?

1. Ingat dan Lihat Kembali Daftar Tujuan Anda
Masih ingatkah di awal tahun lalu, anda bersumpah serapah, marah, bersemangat, sedih, bahwa kita akan memulai tahun ini menjadi tahun terbaik? Masih ingatkah sakit hati yang anda rasakan? Malu karena masih menjadi orang biasa saja? Ingat kembali momen-momen tersebut, Mungkin bagi anda merasa sudah terlambat dan anda ingin menghapus saja semua emosi dan ingatan tersebut, tapi jangan lakukan itu. Ingat-ingat kembali, lihat kembali pada organizer anda, dan katakan bahwa anda masih punya cukup banyak waktu.

2. Akui Kekalahan Anda
Jika tahun 2013 target anda adalah menjadi kurus, berhenti merokok, mendapatkan uang sekian juta, mendapatkan kekasih, lalu dari beberapa hal tersebut ada yang belum anda raih, akuilah bahwa anda telah kalah. Dan anda belajar sesuatu darinya. Ingat, anda tidak bisa mendapatkan semua hal yang diinginkan di dunia ini. Mengakui kekalahan jauh lebih baik daripada anda terus menerus mengutuk diri anda. Mengakui kekalahan bukanlah hal buruk. Justru itu baik. Maafkan diri anda dan belajar dari kesalahan.START OVER, Mulai lagi segala sesuatunya...

3. Dramatisir Agar Menjadi Lebih Emosional
Motivasi itu adalah penggerak utama. Jika motivasi anda cukup kuat, anda akan berpeluang lebih besar. Daripada anda menulis :
"Saya akan mengumpulkan uang ...juta rupiah tahun 2013" lebih baik anda tulis seperti ini:
"Saya lelah, malu dan merasa terhina menjadi orang miskin yang tidak punya uang sama sekali. Saya bertekad akan mengumpulkan uang dengan cara menabung ...juta pada tahun 2013"
Tulis kembali tujuan anda agar lebih konkrit, terukur serta gunakan sisi emosional anda.

4. Beritahukan dan Teriakkan Komitmen Anda Kepada Semua orang
Ada hal ajaib disini. Jika anda ceritakan komitmen anda kepada teman anda, bos anda, kekasih anda, anda akan relatif menjadi lebih berpeluang meraih tujuan anda. Posting di facebook tentang komitmen anda. Ajak orang lain untuk mengawasi dan mengevaluasi tujuan anda. Pasangan yang anda percaya jauh lebih baik. Akan ada motivasi besar, rasa malu seandainya anda tidak berusaha memenuhi janji atau komitmen anda.

5. Maafkan Diri anda dan Percaya Anda Mampu
Salah satu penyebab utama kegagalan kita adalah karena biasanya saat gagal kita langsung menghakimi langsung tidak mempercayai lagi diri kita sendiri. Kita merasa jijik, marah dan kesal dengan perilaku dan sikap kita. Di saat kita gagal, kita langsung menghakimi diri kita bahwa kita tidak mampu, tidak kompeten, tidak becus, tidak disiplin dan sebagainya. Maafkanlah diri anda sendiri, katakan bahwa anda mempercayai diri anda dan mau memberi diri anda kembali, sebuah kesempatan lain untuk memulai lagi. Inilah hal yang paling fundamental.

6. Hapus Yang Tidak Penting
Hapus dari daftar tujuan anda, tujuan anda yang tidak relevan atau menurut anda tidak penting. Sederhanakan. Itu kuncinya. Fokus dan sederhanakan daftar tujuan anda. Apa yang benar-benar penting di tahun ini?

Hal yang sama sedang saya lakukan. Saya senang dan bersyukur bisa berbagi dengan anda melalui tulisan ini. Menulis blog ini dan mengembangkannya serta meningkatkan traffic pengunjung ke blog ini adalah salah satu daftar target saya di tahun 2013 ini. 

Saya tahu, jumlah pengunjung ke blog ini masih sedikit dan blog ini tidak sepopuler blog motivasi lainnya. Namun saya percaya, sukses adalah sebuah perjalanan dan sebuah proses untuk dinikmati,
Dan saya sangat menikmati menulis di blog ini,

Bagi saya, saya mearasa bahwa saya telah sukses meraih impian saya menjadi penulis :)

Sukses hanyalah tentang mindset. Sukses adalah merasakan perjuangannya,

Salam hangat,