Selasa, 20 Oktober 2015

Berlatih Afirmasi dan Merubah Alam Bawah Sadar Anda



“Keyakinan anda menjadi pemikiran anda,
Pemikiran anda menjadi kata-kata yang anda ucapkan,
Kata-kata anda menjadi tindakan anda,
Tindakan anda menjadi kebiasaan anda,
Kebiasaan anda menjadi karakter anda,
Karakter anda menjadi takdir anda”

Segala perbuatan, perilaku, kebiasaan dan karakter kita bermula dari pemikiran dan keyakinan kita. Jika anda mau melihat isi pikiran dan keyakinan seseorang, lihatlah perilakunya.

Karakter yang baik dan kokoh, kuat serta positif berawal dari pikiran yang baik, kuat, kokoh dan positif. Begitu pun sebaliknya. Semua saling berkaitan sehingga membentuk takdir hidup anda.

Betapa pentingnya sebuah keyakinan.

Bagi beberapa orang, hal ini tidak mereka sadari. Betapa pemikiran itu begitu kuat dan betapa cara berpikir kita akan menentukan karakter dan kualitas kehidupan kita.

Keyakinan bisa didapatkan salah satunya melalui afirmasi.

Apa itu afirmasi? Afirmasi adalah pengucapan berulang-ulang dalam pikiran anda, atau percakapan yang terjadi dalam benak anda, yang lama kelamaan menjadi sesuatu yang anda yakini kebenarannya. Entah itu benar atau salah, jika anda meyakininya, maka hal itu menjadi kebenaran bagi anda.

Karena betapa pentingnya dan betapa mendasarnya afirmasi tersebut, maka pada tulisan ini say aingin berbagi beberapa contoh afirmasi yang bisa anda terapkan dalam kehidupan anda sehari-hari,

Untuk lebih mudah menggunakannya, saya akan membagi ke beberapa kategori.

Saran saya, sering-seringlah ucapakan afirmasi-afirmasi berikut di waktu anda. Sempatkan untuk membacanya dan mengulang-ngulangnya dalam benak anda sehingga menjadi suatu kebenaran yang tak terbantahkan oleh anda sendiri. Terlepas apapun realita yang sedang anda hadapi.

Lihatlah perubahan yang akan anda rasakan, baik anda sadari maupun tidak.

1. AFIRMASI UNTUK LEBIH BERSYUKUR 

“Hari ini diisi dengan banyak kesempatan, saya akan membuka tangan saya untuk menerimanya dengan sukacita”


“Hari ini aku akan membagi sedikit waktuku untuk membuat teman-temanku bahagia”

“Aku bersyukur masih diberi kesempatan untuk menikmati kehidupan satu kali lagi”

“Aku melihat dunia ini dengan penuh keindahan dan warna warni kebahagiaan”

“Saya layak mendapatkan segala kebaikan dari hari ini”


2. AFIRMASI UNTUK LEBIH PERCAYA DIRI

“Aku sepenuhnya percaya terhadap diriku sendiri”

“Hari ini dan hari-hari berikutnya aku memilih untuk menjadi percaya diri”

“Tidak ada yang lebih hebat, lebih tampan, lebih cantik, lebih kaya daripada diriku sendiri”

“Dengan penuh keyakinan dan keberanian, aku akan memasuki setiap pintu peluang yang terbuka”

“Aku memiliki kekuatan dan potensi terbesar untuk bisa mewujudkan impianku”

“Aku berdiri kokoh untuk segala hal baik dalam diriku yang kuyakini sepenuh hati”

“Aku bertindak dengan penuh keberanian dan rasa percaya diri”

“Aku bisa memutuskan dan aku memiliki kuasa tak terbatas untuk menjadikan diriku seperti yang kuinginkan”

“Aku adalah anugerah dan hadiah terindah bagi kehidupan dan dunia ini”

“Aku sangatlah unik dan aku memiliki banyak hal untuk bisa kubagikan kepada orang lain”


3. AFIRMASI UNTUK MERASAKAN LEBIH BANYAK CINTA

“Aku semakin mencintai diriku setiap harinya”

“Aku sungguh diberkahi dengan keluarga dan teman-teman yang teristimewa”

“Aku membagikan cintaku kepada dunia ini, dan dunia ini membalasnya dengan lebih banyak cinta dan kebahagiaan”

“Hari ini dan seterusnya, aku memilih untuk senantiasa berbagi kepada dunia”

“Hari ini dan seterusnya, aku memilih untuk selalu menciptakan perbedaan dan berdampak bagi dunia ini”

“Kemanapun aku memandang, aku melihat cinta di segala tempat”

“Aku mencintai pasanganku sepenuh hati, begitupun dirinya”

“Aku bersyukur bisa berbagi keindahan hidup ini dengannya”



4. AFIRMASI UNTUK KEUANGAN DAN KEMAKMURAN

“Uang mengalir dengan begitu melimpah dalam kehidupanku”

“Saya layak menjadi orang kaya”

“Aku selalu memiliki cukup uang untuk membiayai kebutuhanku”

“Aku senang melihat uangku bertumbuh dan bertambah”

“Aku memiliki banyak ide untuk mencipatkan kekayaan”

“Penghasilanku senantiasa bertambah”

“Aku begitu dermawan, demikian uang akan membalas kebaikanku”


5. AFIRMASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEPEMIMPINAN

“Aku menginspiras orang lain untuk menjadi yang terbaik bagi diri mereka”

“Aku memimpin melalui teladan dan contoh”

“Aku adalah contoh dan teladan bagi orang lain”

“Aku adalah pemimpin yang menginspirasi”


6. AFIRMASI UNTUK MEMAAFKAN


“Aku selalu memaafkan diriku untuk kesalahan dan kegagalan di masa lalu”

“Apa yang telah kulakukan, hanyalah masa lalu. Aku bisa menciptakan masa depan yang lebih baik”

“Aku memaafkan semua orang yang telah menyakitiku di masa lalu, dan sekarang aku menatap masa depan dengan jiwa yang bersih”


7. AFIRMASI UNTUK MENGATASI TANTANGAN
“Apapun yang terjadi saat ini, semua demi kebaikan di masa yang akan datang”

“Aku senang menerima tantangan dan masalah, karena akan membuatku tumbuh dan berkembang”

“Selalu ada manfaat dan peluang dibalik tantangan yang kuhadapi”

“Aku selalu berada di waktu dan tempat yang tepat”

“Aku memiliki segala sumber daya dan kekuatan untuk menghadapai segala tantangan yang kuhadapi”

“Aku belajar dan bertumbuh dari segala pengalaman buruk yang kuhadapi”


8. AFIRMASI UNTUK MENJADI LEBIH PRODUKTIF

“Aku disiplin dan produktif dalam segala area kehidupan”

“Aku selalu menang karena aku senantiasa bekerja lebih keras dibanding orang lain”

“Aku bersedia mati sekalipun sebelum aku menyerah”

“Waktu adalah sumber daya yang kumiliki yang paling berharga, karena itu akan kugunakan sebaik mungkin”


Sahabatku, perhatikan percakapan yang terjadi dalam benak dan pikiran anda. Periksa kembali. Buang pemikiran negatif tentang diri anda maupun dunia dan kehidupan ini. Ucapkan berulang-ulang dan perhatikan kata-kata itu akan mengkristal menjadi pemikiran anda yang konkret dan berubah menjadi perilaku dan karakter anda.

Semoga menginspirasi,