Rabu, 16 November 2016

7 Tujuan Utama Sebelum Usia Anda 30

Image result for 30


"In youth we learn, in adult we finally understand"
"Dalam usia muda kita belajar, dalam kedewasaan kita akhirnya memahami"

Usia saya 33 tahun. Cukup banyak melewati banyak hal yang terjadi dalam kehidupan ini. Menikah, memiliki anak, bekerja, berbisnis dan menikmati hobi dan berpetualang. Seperti orang kebanyakan pada umumnya.

Jika ada salah satu hal yang saya pernah sesali dalam hidup, adalah bagaimana memanfaatkan waktu muda dan menjadi 'lebih cerdas' dalam memilih strategi mnejalani kehidupan. Tanpa mentor, tanpa bimbingan, saya terjun begitu saja, sehingga tidak terlalu efektif. Saya harus berputar ke sana kemari, tinggal di banyak tempat, kerja di banyak perusahaan, berpacaran dengan banyak perempuan, dan sebagainya.

Namun, bukanlah penyesalan yang sangat besar. Karena di balik semuanya pengalaman itu membawa saya kepada suatu kesimpulan dan pemahaman yang lebih baik tentang sebuah kehidupan.

Melihat orang-orang yang jauh lebih muda dari saya, saya ingin berbagi tentang apa saja yang sebaiknya kalian pikirkan saat ini, sebelum usia kalian menginjak 30 tahun.
Berikut ini menurut pengalaman saya,  tujuan yang harus anda raih dan fokuskan sebelum memasuki usia 30 tahun.

1. Mulai serius memikirkan pasangan hidup anda
Menikah adalah suatu ikatan suci. Suatu jalinan hubungan yang terikat secara fisik dan batiniah. Bukan karena mengikuti paradigma umum atau saran dan komentar orang-orang di sekitar anda, melainkan sebagai suatu media untuk mencurahkan kasih sayang dan perhatian anda. Untuk memberi dan berbagi, saling menerima. Mendapatkan kasih sayang, perhatian. Dan yang paling penting, memiliki keturunan. Tidak ada hal yang lebih indah ketika anda memiliki seorang anak. Menikah adalah salah satu jalan untuk menuju ke sana. Sebuah pengabdian dan pelayanan untuk kekasih sejati anda. Mulailah pikirkan hal ini baik-baik dengan analisa yang tepat. Jika anda masih menyendiri, cobalah lebih percaya diri dan membuka hati anda. Cinta tidak perlu dibuat rumit. 

Jika anda seorang yang masih memilih dan berganti-ganti pasangan, mulailah tentukan pilihan anda dan seriuslah untuk menuju jenjang pernikahan.

2. Mulai investasi
Jika anda saat ini berusia 23 atau 24, sedang memulai karir atau pekerjaan anda, appaun pekerjaan anda, ingatlah, bahwa bukan pendapatan yang paling penting, tapi bagaimana anda mengelola keuangan anda. Sekecil apapun penghasilan anda, tidak masuk akal seorang bujangan tidak mampu sama sekali menyisihkan untuk investasi. Investasilah pada media yang aman dan jangka panjang seperti emas, reksa dana, dll. Jangan tunda lagi, tolonglah. Ini akan sangat anda butuhkan kelak semakin usia anda bertambah.

3. Mempersiapkan biaya pernikahan
Beruntunglah bagi mereka yang lahir dari keluarga berada. Anda yang kurang beruntung, cobalah pikirkan hal ini baik-baik. Pasti suatu saat anda akan menikah. Dan, walupun anda bersikeras bahwa anda tidak ingin merayakan atau mengeluarkan uang yang banyak, anda akan menemukan bahwa menikah bukan lah acara pribadi anda, namun ada keinginan dari calon mertua anda atau keluarga anda. Ada satu hal yang selalu sama disesali oleh mereka yang telah menikah, kenapa tidak dipersipakan sejak lama biayanya? Biaya menikah semakin hari semakin mahal. Jangan mengandalkan keberuntungan atau nanti anda akan siapkan menjelang pernikahan. Akan sangat menguntungkan jika anda persiapkan dari sekarang. 

4. Eksperimen dan Petualangan
Tidak akan ada yang menjamin usia anda akan berakhir di usia berapa. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan kebahagiaan dan jiwa petualngan anda. Hobi anda. Untuk mengeksplorasi luasnya dunia ini, melalui traveling, melakukan hal-hal yang menantang, menjalankan hobi anda, mengatasai tantangan. Semakin anda dewasa, kesempatan akan semakin berkurang. Anda harus membagi waktu untuk pekerjaan, keluarga anda. Akan lebih baik jika anda lakukan semasa muda.
Ekplorasi dan jelajahi segala kemungkinan. Bereksperimen. Mencoba..

5. Menjaga Kesehatan

6. Beribadah

7. Meningkatkan Kompetensi/Values
Anda dibayar oleh orang lain sesuai besaran nilai anda. Seberapa berharga anda? Kenapa oramg lain harus membayar anda? Jasa apa yang anda bisa berikan? Kemampuan apa yang anda miliki? Apakah anda bisa bersaing? Apa yang kurang? Apa yang harus anda pelajari?

Sahabatku..
Usia 30 bukanlah awal yang menakutkan. Masa depan belumlah tiba. Namun, satu-satunya kepastian dalam hidup kita, adalah KETIDAKPASTIAN. Oleh karena itu, saya pikir, jauh lebih bijaksana jika kita persiapkan dari sekarang, sebelum semuanya terlambat.

Ambil keputusan anda sekarang juga. Jalani dengan penuh optimisme dan antusiasme.

Semoga bermanfaat,