Kamis, 10 November 2016

Run!Run!Run!Berlarilah Demi Kebahagiaan dan Kehidupanmu

Image result for running

"Dont ask me why I run..Ask yourself why you don't"

Dua bulan ini saya melakukan satu hal yang lama saya rindukan sewaktu kuliah 13 tahun lalu. Saya merindukan 'berlari'. Selama dua bulan ini, seminggu 3x saya berlari. Hal yang sangat saya rindukan sejak lama yang sudah sangat lama saya tunda.

Berlari adalah olahraga favorit saya. Ada keajaiban di dalamnya. Saya bukan profesional, saya hanya menghidupkan gairah dan hobi lama saya. Saya ingin berbagi keajaiban dalam dua bulan ini semenjak saya mulai berlari kembali,

Jujur saja, 13 tahun lalu saya adalah pelari hebat. Fisik saya begitu kuat, saya sanggup berlari lebih dari 10km sekali putaran. Bahkan saya ingat betul, ini adalah passion yang sudah saya latih semenjak kecil, di saat masa kecil anak-anak belum mengenal dunia gadget dan internet. Kami berlari di sawah, jalanan, hutan dan kebun.

Dikarenakan pekerjaan dan rutinitas, semua itu sirna.
Hingga akhirnya saya coba menjalaninya dua bulan yang lalu. Ternyata kekuatan saya tidaklah seperti 13 tahun lalu. 

Berlari hanyalah sebuah aktifitas sepele yang bisa anda lakukan, namun, selama 2 bulan ini saya banyak menemukan hal positif terjadi dalam kehidupan saya dan saya ingin berbagi dengan anda serta mengajak anda untuk berlari sekarang. Saat ini juga. Atau besok pagi saat sebelum matahari terbit di ufuk timur.

Apa yang bisa anda dapatkan dari berlari?Apa keajaiban dari berlari?

1. Kesehatan fisik
Hal ini tidak perlu saya bahas dengan detail. Anda bisa mencarinya di internet bagaimana berlari bisa meningkatkan kualitas kesehatan anda dengan membantu membakar kalori yang tersimpan dalam tubuh anda. Sudah sangat banyak riset dilakukan tentang berlari.

2. Kesehatan mental
Setiap saya berlari, ada perasaan bahagia, kenikmatan, keindahan, percaya diri, keyakinan diri dan perasaan bahwa diri saya sangat berharga. Mental anda begitu kokoh dan mencapai puncak dari ekstasi kehidupan yang positif. Anda merasakan kebebasan yang sempurna. Saat anda menarik nafas anda dalam-dalam, sambil memperhatikan derap langkah kaki anda dan ayunan kedua tangan anda dan ketika mata anda memandang ke sekitar alam dan jalanan yang anda tempuh. Sebuah perjalanan yang sempurna.

3.Menurunkan resiko penyakit
Kita tahu dan kita sadari di sekeliling kita, pada masyarakat modern, penyakit begitu populer. Di anataranya jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol. Mengerikan dan menyedihkan rasanya saat melihat fakta bahwa rentang usia hidup kita terutama di masyarakat perkotaan sekarang semakin menurun dikarenakan penyakit-penyakit tersebut. Bahkan yang masih muda sekalipun.

4. Menghilangkan atau mengurangi stress
Hidup di perkotaan rentan sekali terhadap stress dikarenakan berbagai hal, masalah keuangan, masalah hubungan, pekerjaan, bisnis, transportasi dan hal lainnya. Dengan berlari, akan membantu anda mengurangi tekanan yang disebabkan oleh berbagai persoalan yang anda hadapi.

5. Menigkatkan rasa percaya diri anda
Selama ini mugkin anda banyak berdiam, sulit melakukan perubahan positif, semua akan diperbaiki dengan berlari. Ketika tubuh anda bergerak, anda mengeluarkan hormon endorphin yang akan membantu anda merasa semakin percaya diri. Bahwa anda mampu mengendalikan emosional anda, bahwa anda mampu mengatsi sikap menunda-nunda, bahwa anda mampu berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk anda. 

Bagi mereka yang telah rutin dan menjadikan lahraga sebagai suatu kebiasaan, maka berlari bukanlah hal yang rumit dan sulit, namun tidak demikian oleh mereka yang telah dikuasai kebiasaan negatif malas dan sulit berolahraga. Berlari menjadi sebuah mimpi buruk dan sulit untuk dilakukan. 

Saya ingin mengajak anda semua untuk berlari..Berlarilah untuk kehidupan anda Berlarilah karena anda mencintai dan menyayangi diri anda khususnya tubuh anda.

Jika anda kesulitan karena anda belum terbiasa melakukannya, berikut saran yang ingin saya bagikan,

1. Lakukan, jangan dipersulit atau dibuat rumit
Jangan melakukan analisa berlebihan tentang pakaian apa yang harus saya pakai, atau sepatu mana yang paling nyaman atau di mana dan sebagainya. Jangan perumit diri anda, lakukan saja.

2. Lakukan di pagi hari
Jika anda merasa malu oleh komentar atau pertanyaan dari tetangga anda, bangunlah jam 5, lakukan pemanasan di dalam rumah atau halaman rumah anda, lalu jam 530 saat jalanan masih sepi, mulailah berlari

3. Lakukan dalam dosis kecil
Jika anda tidak pernah berlari, larilah dulu dalam dosis kecil,Mengelilingi blok rumah anda, ambil jarak terpendek. Berjalan kakilah terlebih dahulu di hari pertama anda berlari. Lalu mulai percepat langkah anda dan mulailah berlari. Saya ingat betul, 2 bulan lalu saya memulai hanya dengan berlari kurang lebih 1km, sekarang, saya rutin berlari minimal 6 s/d 8 km seminggu 3x.

4. Lakukan dengan rutin (seminggu 1 s.d 3 kali)
Tingkatkan dosis anda, mulai tambah jarak. 

5. Dengarkan musik
Berlari akan menjadi menyenangkan jika anda menikmatinya. Oleh karena itu, download dan dengarkan lagu-lagu favorit dan enerjik anda dan dengarkan sambil berlari. Nikmati berlari anda

6. Gunakan checklist pada kalender anda atau aplikasi pada smartphone anda
Beri tanda pada kalender anda. Checklist tanggal setiap kali anda berlari. Atau lebih mudah anda menggunakan aplikasi pada smartphone anda.

Sahabatku,
Berlarilah..
Sekarang juga..

Lihatlah perubahan pada diri anda secara signifikan.

RUN..RUN FOR YOUR LIFE.
Run for your happiness and your existence.

Ada keindahan dan keajaiban dalam berlari. Berlarilah sekarang juga.