Sabtu, 07 April 2012

Agar Keluar Dari Rasa Takut dan Gelisah



"You need a chaos in your life to give birth for a dancing star" Nietschze

"Anda perlu kekacauan dalam hidup anda, sehingga bintang terang akan lahir kelak" Nietszche

Setiap jalan menuju mimpi, keberhasilan, cita-cita dan pencapaian pasti diisi oleh ragu, rasa takut, ketidakpastian dan resiko kegagalan.

Perbedaan antara mereka yang berhasil dan yang gagal adalah DAYA TAHAN dan KETEKUNAN. Ini akan melampaui kejeniusan atau kecerdasan.

Melihat ke belakang, sekitar akhir tahun 2009, saya adalah seorang pengangguran yang tanpa arah, yang kehilangan pekerjaan atas dasar pilihan saya sendiri. Bangkrut dan kehabisan semua uang karena digunakan untuk bisnis dan berkali-kali gagal, sendiri, ditinggal kekasih (karena tak tahan dengan sikap saya yang keras dan egois), saya merasa hampir setengah gila. 

Belum lagi dari beberapa usaha yang saya kelola, menyisakan utang hingga mencapai 65 juta rupiah!!Bayangkan!!Dalam situasi menganggur!!

Mengurung sendiri dalam kamar yang gelap, menikmati setiap hisapan mariyuana. Hidup sangat sesak waktu itu..Arah hidup saya tidak jelas, mau jadi apa kelak. Pekerjaan apa yang harus saya pilih. Benar-benar seorang pecundang.

Saya benar-benar telah dikalahkan oleh hidup, bahkan terpikir untuk mengakhiri hidup saja. Terkadang, saya menangis, meratapi kegagalan saya tersebut, menyesal, perih tak terkira, karena telah banyak mengambil keputusan yang salah. Dalam situasi tersebut, satu orang yang saya selalu percaya adalah kakak saya tercinta, saya selalu bertanya,

“Apa yang harus kulakukan?” Kakak saya selalu menjawab,

“Itu adalah tanggung jawabmu. Yang harus kau lakukan adalah menghadapinya. Bertanggung jawablah atas apa yang telah kau perbuat”

‘Langkahkan kakimu satu persatu, pelan-pelan, langkah demi langkah”

Selama 3 tahun ini, itulah yang kulakukan. Melangkah..sedikit demi sedikit,

Sekarang saya telah terbebas dari rasa takut yang dulu menimpa saya. Memang tidak sepenuhnya. Tapi saya bersyukur, perlahan, saya mulai bangkit. Saya telah mendapatkan pekerjaan yang saya impi-impikan, mendapatkan kembali wanita cantik yang mencintai sepenuhnya, dan hal-hal lainnya yang saya tidak percaya saya bisa melalui hal buruk di atas.Rasa ngeri akan masa depan saya yang tak menentu.

Langkah pasti apa yang bisa kita ambil saat kita dilanda ketakutan?

Berikut saya ingin berbagi langkah-lagkah kecil nan pasti untuk bisa setidaknya mengendalikan rasa takut atau kekhawatiran,

1.AMBIL KEPPUTUSAN UNTUK BERHASIL, Buang keraguan, kekhawatiran, yakinkan anda akan berhasil

2.AMBIL RESIKO. Hadapi dengan gagah berani, telan dan bunuh ketakutan anda

3.PERSIAPAN. Siapkan persipan matang jika kemungkinan terburuk terjadi. Kehilangan pekerjaan adalah resiko paling umum. Siapkan keahlian, pengetahuan yang mumpuni

4.LEPASKAN RASA TAKUT dan KEKAHWATIRAN. Latihlah meditasi, tahajud di malam hari atau menikmati waktu sendiri untuk berefleksi.

5.JALIN HUBUNGAN ERAT DENGAN ORANG-ORANG YANG MENCINTAI dan MENJADI PENGGEMAR ANDA. Entah itu kekasih, orang tua, sahabat. Orang-orang yang selalu mendukung kesuksesan anda

6. AKTIFLAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Bicaralah saat meeting, ajukan pendapat anda dengan terbuka. Matikan televisi, lakukan hal-hal konyol, kendarai angkutan umum, kunjungi teman, belajar hal yang baru.

7.HARGAI DAN BANGGA ATAS DIRI ANDA

Anda adalah yang terbaik. Hentikan membandingkan diri dengan orang lain. 

APA YANG ADA DALAM DIRI ANDA LEBIH BESAR ARTINYA DIBANDINGKAN DENGAN APA YANG ORANG LAIN MILIKI YANG KELIHATAN DI LUAR. 

Saat anda selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, biasanya penderitaan akan muncul. Jadi banggalah dengan diri sendiri..

Semoga bermanfaat