Sabtu, 05 Mei 2012

Betapa sempurnanya kita


“It isn’t what you have or who you are or where you are or what you are doing that makes you happy or unhappy. It is what you think about it” Dale Canegie


“Bukanlah apa yang kamu miliki atau siapa dirimu atau di mana kau berada atau apa yang kamu lakukan yang membuatmu bahagia dan tidak bahagia. Adalah apa yang kamu pikirkan” Dale Carnegie

Sekitar dua tahun lalu, saya menuliskan beberapa sasaran dan tujuan yang harus saya dapatkan pada jurnal saya,


1. Menjadi trainer profesional


2. Mendapatkan sertifikat pelatihan dari Dale Carnegie


3.Mendapatkan calon isteri untuk menemani sepanjang hidup saya



Waktu berlalu, saya berusaha keras mewujudkan mimpi saya tersebut, bahkan saya mengorbankan pekerjaan saya di sebuah perusahaan asing dengan segala kenyamanan, keamanan, dan kepastian. Dan hasilnya sungguh tidak saya bayangkan. Saya berhasil mewujudkannya disamping beberapa sasaran lainnya.


Baru sekitar dua minggu lalu saya akhirnya berhasil mendapatkan sertifikat kelulusan saya dari Dale Carnegie. Saya bersyukur..Namun, pertanyaan saya: “APA LAGI SASARAN BERIKUTNYA?”



Sahabat, saya semakin yakin, bahwa kebahagiaan kita bukan ditentukan oleh apa yang kita miliki atau apa yang kita lakukan, atau berada di mana. Saya menemukan bahwa ada baiknya kita berhenti sejenak lalu memikirkan paragraf berikut ini yang saya kutip dari blog teman saya Leo,


Sepanjang hidup kita, kita telah dihantui oleh rasa takut. TAKUT AKAN KEHILANGAN. Beberapa hal yang menunjukkan ketakutan kita antara lain,


1. Kita memeriksa email, koran, facebook, twitter, cukup sering untuk memastikan kita tidak tertinggal berita atau update. KITA TAKUT DILUPAKAN atau KITA TAKUT MELUPAKAN


2. Kita mencoba melakukan hal-hal menarik, mencari hal baru, karena kita takut kehabisan waktu untuk menikmati hal-hal menyenangkan. KITA TAKUT KEHILANGAN WAKTU


3. Kita melakukan perjalanan ke berbagai banyak tempat, bahkan ke berbagai negara, karena kita melihat sepertinya orang lain sangat bahagia karena telah melakukan itu.


4. Kita merindukan apa yang kita tidak miliki, karena jika kita tidak memilikinya, mungkin kita akan kehilangan kesempatan


5. Kita bekerja sangat keras, karena kita berpikir jika kita tidak bekerja keras, kita akan kehilangan kesempatan sehingga akan diambil orang lain


6. Kita terkadang merasa hidup kita begitu prihatin di saat membandingkan dengan orang lain sehingga kita merasa buruk tentang diri kita


KITA SEMUA TAKUT KEHILANGAN..Tapi kenapa?


Salah satu kebenaran sederhana yang telah saya temukan adalah kita bisa saja melakukan banyak hal, mendapatkan banyak hal, tetap terhubung dan update dengan balckberry kita atau email kita, bersenang-senang sepanjang hari, pergi ke banyak tempat, namun pada akhirnya


KITA TETAP AKAN MERASA KEHILANGAN!!


Lalu bagaimana solusi sederhana untuk bisa lebih menghargai diri kita?


LEPASKANLAH SEMUANYA…Dengan melepaskan, anda akan menyadari betapa sempurna dan berharganya anda.


Renungkan sejenak selama beberapa detik. Perhatikan apa yang anda miliki, apa yang anda lakukan, SAAT INI JUGA. Perhatikan dan rasakan saat anda menghembuskan nafas. Ucapkan terima kasih dan berikan senyum pada setiap orang yang kita temui.


SAAT INI, SIAPA DIRI KITA, ADALAH JUSTRU HAL YANG PALING SEMPURNA.


Kita tidak kehilangan apapun, kita begitu sempurna!!


Saat ini, saat saya menulis ini, saya sangat bahagia bisa bertemu anda semua, sahabat saya.


Salam hangat dan peluk,


Adhie