Kamis, 23 Juli 2015

Enam Langkah Agar Hidup Anda Tidak Rumit



“Life is like an art.You have to work hard to keep it simple and still have a meaning”

“Kehidupan itu ibarat sebuah seni. Anda harus bekerja keras untuk membuatnya tetap sederhana namun sarat makna”


Mash ingatkah anda saat anda hidup di masa-masa kecil? Saat semua begitu indah dan sederhana. Saat yang ada di pikiran kita hanyalah bermain, makan dan tidur serta bersenang-senang? Sepertinya tidak ada satupun yang mengganggu pikiran kita yang membuat kita kewalahan, bersedih, murung atau frustasi?

Sebagai manusia, tentunya normal ketika kita beranjak dewasa, pikiran kita mulai berkembang. Kita mulai menyusun dan mengatur hidup untuk menjaga kelangsungan, eksistensi bahkan image kita agar terlihat lebih superior dibanding orang lain.

Di momen-momen inilah kita mulai memperumit kehidupan kita. Sebagai akibatnya, saat kita tidak sanggup lagi mengatasi tekanan, beban tugas dan permasalahan yang muncul, perasaan frustasi mulai muncul. Hal ini berimbas kepada kondisi psikologis kita, cara kita bereaksi dengan lingkungan sekitar, kesehatan kita dan akhirnya, kebahagiaan kita.

Tidak ada jalan lain untuk mengurai permasalahan tersebut. Satu-satunya pilihan yang bisa anda lakukan adalah dengan menyederhanakan kembali kehidupan anda dan memfokuskan energi anda, waktu anda dan sumber daya yang anda miliki kepada hal-hal yang benar-benar penting.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat hidup anda lebih sederhana dan tidak membuatnya menjadi rumit.

1. Hindari penyesalan atas masa lalu anda
Masa lalu hanyalah bagian kecil, sebuah masa yang pernah hadir dalam kehidupan kita. Tidak ada yang bisa kita lakukan kepadanya selain mengambil pelajaran atas apa yang telah kita lalui. Bagi beberapa orang, menyakitkan memang saat kita mengingat masa lalu kita yang begitu buruk. Membuang waktu dengan sia-sia, menjalin hubungan yang berakhir dengan sakit hati, kehilangan, atau mengalami kerugian material. Usahakan hindari penyesalan.

2. Jangan terlalu memikirkan opini orang lain
Saya ingat betul di masa lalu saya, saya begitu peduli dan memikirkan tentang apa yang orang lain pikirkan tentang diri saya. Saya berusaha membuat semua orang menyukai saya dan berusaha membuat agar saya bisa diterima di suatu kelompok. Semua itu akan sia-sia, karena anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Berpikir positif mengenai orang lain dan merasa simpati saat melihat perilaku orang lain yang tidak sesuai dengan keinginan anda. Anda tidak bisa merubah mereka. Yang bisa anda lakukan adalah merubah cara pandang anda. Merubah perilaku anda. Jadi, sekiranya orang lain itu tidak penting bagi kehidupan anda, jangan pedulikan opini mereka tentang anda. Apalagi sampai memikirkannya berlebihan

3. Jangan menganalisa berlebihan
Kita hidup di era informasi yang begitu drastis. Dengan perkembangan internet yang begitu cepat, dengan mudah kita bisa mendapatkan informasi tentang apapun yang ingin kita ketahui. Saat anda ingin memutuskan suatu hal, melakukan suatu hal, jangan menganalisa berlebihan. Cukup analisa secukupnya lalu ambil keputusan yang mantap dan lakukan saja.

Ketika anda mulai melakukan analisa berlebihan, bahkan terhadap hal-hal sepele, maka hidup anda mulai dibuat rumit dan kacau.

4. Sederhanakan pilihan anda
Setiap hari anda dihadapkan pada banyak pilihan. Yang harus anda lakukan adalah menyederhanakannya. Mulai dari pilihan baju yang akan anda pakai pada lemari anda, menu makan anda, aktifitas anda, pekerjaan anda. Sederhanakan. Jangan terlalu banyak dihadapkan pada pilihan yang begitu beragam.

5. Jangan terlalu materialistis
Uang itu penting. Namun ketika hidup anda dan pikiran anda didominasi oleh pikiran tentang materi, uang, benda, maka hal itu akan sangat menggganggu. Nikmati apa yang sudah anda miliki saat ini, syukuri dan lihatlah mereka akan mulai bertambah. Hentikan membandingkan diri anda dengan orang lain. Cukuplah miliki apa yang benar-benar anda butuhkan. Jangan terlalu mencintai benda-benda, sebaliknya cintailah akan pengalaman. Perbanyaklah melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri anda dan orang lain

6. Hiduplah pada saat ini
Lihat sekeliling anda, rasakan setiap unsur yang ada di sekeliling anda. Hirup nafas anda perlahan-lahan dan rasakan setiap hembusan udara mengalir pada pernafasan anda. Perhatikan sekeliling anda, ajak bicara orang yang ada di samping anda, hayati, resapi dan nikmati setiap momen yang terlewat. Jangan biarkan berlalu begitu saja.

Sahabatku, sudah cukup banyak masalah yang tidak kita inginkan datang dalam kehidupan kita. Jangan ditambah lagi dengan masalah yang kita buat sendiri. Anda sekarang memiliki pilihan untuk kembali menyusun hidup anda dan menyederhanakannya sehingga menjadi lebih ringan dan mudah untuk dijalani.

Semoga bermanfaat