Senin, 24 Agustus 2015

Memburu Pekerjaan Impian Anda Dengan Memulainya Dari Membuat Surat Lamaran Yang Mencolok


"Be so good, so they can't ignore you"
"Jadilah luar biasa, sampai-sampai mereka tidak bisa mengabaikan anda"

Apa pekerjaan impian anda? 
Apakah saat ini anda mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion anda? 

Jika belum, izinkan saya berbagi dengan anda pengalaman saya memberikan coaching kepada beberapa orang yang telah berhasil mendapatkan pekerjaan impian mereka. Termasuk saya sendiri.

Hampir 2 dari 3 orang yang saya bantu dan latih membuat lamaran dan cv untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka, telah berhasil mendapatkannya hanya dengan melakukan beberapa perubahan kecil pada surat lamaran atau cv yang mereka kirim saat mereka melamar pekerjaan.

Saya begitu senang dan bangga melihat mereka berkembang. Ada pengangguran yang menjadi seorang customer service di sebuah airlines, ada seorang porter yang menjadi eksekutif dan teller pada sebuah bank swasta, ada yang menjadi seorang marketing executive sebuah perusahaan BUMN, dan masih banyak lagi.

Tidak ada yang lebih menyenangkan saat anda membantu dan berkontribusi untuk kemajuan orang lain.

Saya semakin yakin akan reputasi saya sebagai seorang biasa yang memiliki keahlian membuat orang lain menjadi luar biasa.

Seminggu lalu, sahabat saya meminta bantuan saya melakukan proses editing untuk cv dan cover letter yang akan dia gunakan untuk melamar pekerjaan impiannya pada sebuah perusahaan swasta yang bergerak di jasa perbankan.

Saya memintanya untuk mengirimkannya via email agar saya bisa mereview nya,

Sebelumnya dia mengeluh selama ini dia kesulitan mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan. Ia sangat ingin mendapatkan dan mendapatkan status permanen dari perusahaan yang mempekerjakannya.

Ketika saya buka emailnya, benar saja dugaan saya selama ini. Isi surat lamaran dan cv yang dibuatnya ‘biasa’ sekali. Jenis surat yang biasa dibuat kebanyakan pelamar,

Kira-kira ditulis seperti ini,



Jakarta, Agustus 2015

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth :

Kepala HRD Manager

Di Tempat



Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan mengenai lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh Instansi/ Lembaga/ Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, maka saya mengajukan surat permohonan kerja. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

Daftar riwayat hidup saya(CV)

Ijazah

Transkip Nilai

Surat lamaran ini saya buat dengan harapan bahwa Instansi/ Lembaga/ Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja, atas kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,



(Nama pelamar)


Bukan surat lamaran di atas salah. Tapi ini sudah terlalu umum dan biasa. Pihak personalia yang melakukan sortir atas setiap lamaran yang masuk tidak akan ‘terkejut’ dan ‘terkesan’ membaca suarat lamaran di atas.

Akhirnya saya rombak total dengan melakukan penambahan dan pengurangan di sana-sini, dan hasilnya...voilla
Yang bersangkutan dipanggil dan diterima bekerja.

Apa yang saya tambahakan atau kurangi? Tidak banyak, hanya beberapa hal kecil berikut ini,

1. Tahu kepada siapa anda melamar pekerjaan dengan jelas (dalam hal ini nama perusahaan, departemen mana, siapa manajernya)

2. Spesifik. Jelaskan apa posisi yang anda lamar, kenapa anda melamar posisi itu. Jangan tulis ‘posisi apapun’ atau ‘posisi apa saja’. Ini menunjukkan ketidakseriusan anda dan kompetensi anda.

3. Jelaskan kekuatan anda yang paling menonjol (untuk menunjukkan daya saing anda)

4. Jangan lupa detail kontak anda (selain pada cv anda), hal ini untuk memudahkan menghubungi anda

5. Buat sesimpel dan sesederhana mungkin (jangan bertele-tele)

6. Sebelum melamar, periksa error, kesalahan ketik atau narasi dari lamaran anda

Berikut adalah hasil lamaran yang telah saya rubah,


Jakarta, 3 Agustus 2015

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth :

HRD Manager, Bapak/Ibu XXXX

PT. XXXX

Di Tempat



Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya _______ bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu kelola sebagai_______pada departemen_______.

Nama lengkap saya______, usia saya______ dan motivasi saya melamar pekerjaan pada posisi tersebut karena saya telah mempelajari reputasi perusahaan anda yang sangat baik dan jenis pekerjaan tersebut sangat sesuai dengan minat dan keahlian saya.

Saya memiliki keahlian yang sangat baik dalam_________, diantaranya___________,___________(tuliskan kompetensi anda yang menonjol yang menjadi faktor pembeda diri anda dibanding kandidat lain). Dalam pengalaman saya, saya pernah________(prestasi anda yang menonjol dalam pekerjaan yang ada hubungannya dengan posisi yang anda lamar saat ini). Saya adalah orang yang__________(karakteristik dan keunikan anda).

Demikian surat lamaran ini saya buat. Saya akan sangat senang jika Bapak/Ibu bisa meluangkan waktu untuk melakukan wawancara kerja sehingga saya bisa menceritakan lebih detail mengenai diri saya. Bapak/Ibu bisa menghubungi saya di nomor telepon xxxxxx.

Terima kasih.

Hormat Saya,



(Nama pelamar)



Sahabatku,

Jika anda pernah melihat seseorang atau atlet golf memukul bola golf mereka, menurut anda seberapa besar perbedaan titik pukul pada bola oleh stick tersebut? Hanya beberapa milimeter. 

Namun, perbedaan kecil tersebut berdampak besar terhadap hasilnya. Bola bisa berbelok ke kiri, kanan beberapa derajat.

Begitu juga dengan melamar pekerjaan. Jika saat ini anda berjuang mencari pekerjaan baru, atau mendapatkan pekerjaan pertama anda, ada beberapa hal kecil yang seandainya anda lakukan perubahan akan menghasilkan perbedaan yang signifikan.

Salah satunya adalah bentuk surat lamaran dan cv anda, tampilannya, isinya dan sebagainya.

Lakukan perubahan kecil-kecilan yang positif, lalu lihatlah hasilnya.

Semoga menginspirasi,