Selasa, 01 September 2015

20 Ide Menghemat Keuangan Anda


"Kebocoran kecil akan mengakibatkan tenggelamnya bahkan sebuah perahu besar sekalipun"

1. Arisan
Arisan adalah kegiatan umum yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Arisan sangat membantu sekali untuk menghemat pengeluaran anda, mengumpulkan tabungan, mengendalikan keuangan dan masih banyak lagi. 

Namun dengan beberapa catatan penting, pertama adalah tidak untuk tujuan konsumtif, kedua, usahakan anda mendapatkannya di periode-periode akhir pengundian. Jika anda mendapatkan di awal, hal itu seperti berhutang, namun di akhir, hal itu seperti menabung.

Jujur saja, arisan sangat membantu dalam menjaga keseimbangan keuangan saya dan keluarga. Saat ini, saya dan isteri saya memiliki empat keanggotaan yang berbeda, dengan jumlah berbeda dan periode yang berbeda.

Saya yakin anda pun diuntungkan dengan kegiatan ini.

Estimasi perbulan: Tergantung besaran arisan

2. Autodebet
Autodebet sangat membantu dalam mendisiplinkan dan membangun kebiasaan positif dalam pengelolaan keuangan.

Saat ini ada banyak sekali pilihan tabungan dan asuransi dengan mekanisme autodebet. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, anda akan ‘kehilangan’ uang dari gaji anda pada waktu tertentu. Sangat membantu bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam disiplin keuangan

Estimasi perbulan: Tergantung besaran setoran

3. Buku, majalah dan koran
Saya adalah penggemar buku. Fiksi dan non fiksi. Dua tahun yang lalu, saya masih suka berbelanja dan mengumpulkan buku yang saya beli di toko buku dalam kondisi baru dan harga yang lumayan mahal. Dalam satu bulan, saya bisa menghabiskan 100-200rb untuk membeli buku. 

Sekarang? Tidak sama sekali.

Internet telah menyediakan miliaran buku elektronik gratis yang bisa anda baca. Blog, berita, koran, majalah bahkan informasi terbaru yang lebih mudah diakses, lebih praktis dan tentunya, lebih menghemat keuangan anda.

Estimasi penghematan perbulan: Rp. 200-300.000,-

4. Catering
Ada hal menarik yang saya amati dari teman-teman saya di kantor. Karena kesibukan mereka, suami isteri bekerja, dengan satu atau dua anak, mereka memutuskan untuk membeli paket catering dengan harga hanya Rp.40.000/hari untuk dua kali makan dengan jumlah yang masih tersisa yang masih bisa dikonsumsi untuk sarapan pagi.

Jelas hal ini sangat menguntungkan untuk mereka yang sudah berkeluarga yang suami isterinya sama-sama bekerja.

Jika hanya sang suami bekerja, tentu saja yang paling hemat adalah memasak sendiri di rumah.

Estimasi penghematan perbulan: 
Rp.500.000,- s/d Rp.1.000.000,-

5. Kopi
Dulu saya selalu membeli kopi di kantin. Saya mengkonsumsi 2 gelas setiap harinya. Ketika saya membayar segelas kopi, harga yang harus saya bayar adalah 3.000-Rp.4.000, bahkan di cafĂ© bisa mencapai harga 30.000,-. 

Sungguh, anda bisa menghemat banyak sekali uang seandainya anda membeli kopi sendiri lalu membuatnya sendiri di kantor atau ditempat kerja anda.

Estimasi penghematan perbulan: Rp.60-70.000,-

6. Parfum
Sebagai seorang pria, saya bukanlah tipe pria metropolis yang mengutamakan fashion dan penampilan. Namun, bau badan sangat penting. 

Anda tidak perlu membeli parfum dengan harga ratusan ribu bahkan jutaan. Ada banyak eau de toilette dengan harga terjangkau atau bodyspray yang akan menjaga bau badan anda tampak wangi dan percaya diri.

Estimasi penghematan perbulan: Rp.100.000,-


7. Pakaian
Jika kebanyakan poin di atas menyarankan penghematan, justru pada pakaian saya sangat merekomendasikan pakaian dengan kualitas terbaik. Dua buah jeans, satu buah sepatu kerja, celana kerja, satu buah sepatu casual, beberapa kemeja, beberapa kaos dan celana pendek dan satu atau dua buah jaket sudah cukup.

Kenapa saya menyarankan untuk membeli barang dengan kualitas bagus? Karena itu jauh lebih hemat dalam jangka panjang. Barang murah hanya tahan beberapa bulan. Tapi ketika anda membeli pakaian dengan kualitas baik, tahan dalam waktu lama. Di samping itu anda terlihat rapih dan keren.

Estimasi penghematan tahunan: Rp.500.000-1.000.000,-

8. Koperasi
Saat ini saya mengelola sebuah koperasi kecil-kecilan. Hampir sama dengan autodebet, maupun arisan, namun koperasi lebih bersifat sukarela. Beberapa anggota koperasi yang saya bimbing berhasil membangun kebiasaan menabung dari yang sama sekali tidak pernah mampu menyisihkan penghasilannya.

 Bahkan, dalam waktu dekat, saldo koperasi yang kami kelola akan dikembangkan menjadi sebuah investasi atau bahkan bisnis. Hal positifnya adalah membangun kebersamaan untuk mencapai kemajuan bersama dan meminimalisir resiko kerugian dalam bisnis.

Estimasi penghasilan: Tergantung besaran simpanan

9. Sepeda motor/komuter
Saya sangat tergoda sekali dengan maraknya penjualan mobil LGCC yang begitu terjangkau harganya. Bahkan hanya dengan setoran 1-2jt.bulan dan down payment 5-10jt, anda sudah bisa membawa pulang mobil baru kerumah anda.

Namun jujur saja, yang menahan saya bukanlah disiplin keuangan, akan tetapi pemikiran saya terhadap untung rugi. Efektifitas dan efisiensinya. Seandainya saya memutuskan untuk membeli mobil, ada banyak pos yang harus saya keluarkan. Pajak, bahan bakar, service, asuransi dll.

Saya lebih sering menyewa hanya pada momen tertentu (misal pulang kampung atau ada acara-acara tertentu bisa naik taksi atau meminjam kepada saudara)

Estimasi penghematan: Rp.2-3.000.000,-/bulan

10. Subscription
Mendaftar online sebuah produk atau jasa di internet. Artikel, video atau program tertentu,

Estimasi penghematan: Rp.150.300.000/bln

11. TV Kabel
Jika dulu saya memasang tv kabel dengan paket Rp.300.000,-, sekarang saya menggunakan paket yang lebih murah, yaitu rp.150.000,- . Namun, selama masa promo ini, saya berpikir untuk mencabutnya, karena jujur saja, kami jarang bisa menikmatinya.

Estimasi penghematan: Rp.200-300.000/bulan

12. DVD dan film
Saya adalah kolektor dvd, saya penggemar berat film. Dulu saya seminggu sekali ke bioskop, dan bisa menghabiskan 100-300rb untuk membeli kepingan dvd (entah bajakan maupun original). Sekarang, saya  sama sekali 
tidakmengeluarkan uang sepeserpun. 

Apa solusinya? Anda bisa menonton streaming atau meminjam kepada teman anda.

Estimasi penghematan: Rp.300-500.000/bulan

13. Tabungan kecil mingguan
Sebuah tabungan yang konsisten anda jalankan dan simpan setiap akhir pekan.

Estimasi penghematan: Tergantung simpanan

14. Sistem amplop
Sebuah metode populer dan terorganisir, di mana anda mengalokasikan pengeluaran anda dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhan, lalu memasukkannya kedalam amplop dan menggunakannya sesuai kebutuhan. 

Hal ini akan mendisiplinkan anda dan belajar mengorganisir pengeluaran yang terkadang tidak terkendali.

15. Menabung terlebih dahulu, kewajiban, kebutuhan

16. Kumpulkan kebahagiaan, bukan barang
Bagaimana mengumpulkan kebahagiaan? Banyak cara tanpa harus mengeluarkan uang. Bermain dengan anak anda atau keluarga anda, berlibur ke taman, bersyukur dan menikmati apa yang sudah anda miliki.

17. Barang bekas sebagai pilihan pertama
Saat anda akan membeli sesuatu, utamakan mencari barang bekas. Dengan catatan dalam kondisi masih baik, garansi dan sebagainya. Ada banyak situs penjualan barang bekas yang menjadi referensi anda.

18. Hiburan gratis

19. Makanan di restoran/mall

Sering kali saya dibuat heran dengan harga yang ditawarkan saat saya dan isteri saya menikmati makan di sebuah restoran atau mall. Tapi hal itu memang wajar, karena saat anda makan di restoran atau di mall, anda dikenakan pajak, ebgitu juga dengan proses biaya dan produksi yang memakan biaya besar menyebabkan tinginya harga makanan yang dijual.

Ayam bakar dengan kualitas sama bisa anda dapatkan dengan harga yang jauh berbeda jika anda makan di mall dan di rumah makan biasa.

Estimasi penghematan perbulan: Rp.100-200.000/bulan

20. Kerja sampingan
Ada banyak pilihan aktifitas kerja sampingan yang bisa anda lakukan. Tantangannya adalah rasa gengsi dan pengelolaan waktu. Jika anda memiliki banyak wkatu luang, anda bisa menjadi marketing freelance, penulis, guru, trainer sampingan, atau bahkan yang sedang populer saat ini, ojek online :)

Kenapa tidak?

Sahabatku, jika anda mau bersedia lebih jeli melihat kemana pengeluaran anda mengalir selama ini, anda akan menemukan ternyata ada banyak kebocoran di sana-sini.

Jika saja anda mau menutup lobang kebocoran tersebut satu demi satu secara bertahap, maka kapal yang anda kemudikan akan melaju dengan sempurna menuju tujuan finansial anda.

Semoga bermanfaat