Selasa, 07 Maret 2017

Sekecil Apapun Akan Dinilai (Bagaimana 5 Menit Setiap Hari Bisa Merubah Kehidupan Anda Secara Dramatis)

Image result for 5 minutes


Bismillahirrahmaanirrohhim,

Semoga kita dijauhkan dari sifat riya, takabur dan sombong.

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya, Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) nya” Az Zalzalah 99:7-8)

Kehidupan kita tersusun dari mozaik-mozaik kecil. Seperti halnya sebuah bangunan rumah, kehidupan kita secara utuh terdiri dari beberapa fondasi dan tiang-tiang serta perekat sehingga menjadi suatu kehidupan yang lengkap dan sempurna.

Setiap momen berlangsung sangat cepat, sangat cepat, berlalu begitu saja. Dalam perjalanan waktu, kita dihadapkan pada beberapa pilihan-pilihan. Jika kita mengerjakan suatu kebajikan, maka pasti perbuatan itu akan mendatangkan kebaikan di masa yang akan datang, Apa yang kita lakukan setiap saat, merupakan langkah-langkah kecil, namun akan berdampak dan mempengaruhi kehidupan kita secara dramatis.

KESALAHAN: Banyak dari kita didera pemikiran bahwa hal besar harus terjadi agar bisa mengubah kehidupan di sekeliling kita. Harus ada peristiwa besar agar perubahan besar bisa terjadi. KELIRU.

Kita tidak pernah menyadari secara sadar, bahwa hal kecil jika dilakukan berulang-ulang dan mengarah akan suatu tujuan pasti merupakan sumber kekuatan perubahan yang sangat dahsyat. Saling menyapa dengan keluarga, teman, sahabat, mungkin tampak sebuah hal sepele, namun jika dilakukan dengan hati nurani yang bertujuan mulia dan menyebarkan kebaikan serta antusiasme untuk saling menghargai dan membantu pasti akan menciptakan dampak yang sangat besar dalam kualitas hubungan anda sesama manusia.

Berolahraga bebeberapa menit sehari, menyisihkan sedikit uang untuk bersedekah, menyimpan dalam jumlah sedikit, menuntaskan satu demi satu projek pekerjaan yang besar, kita semua menyepelekannya.

Ada banyak sekali hal yang bisa membuat kita menjadi lebih sehat, lebih bahagia, lebih makmur, lebih cerdas, lebih menikmati hidup, lebih tentram, lebih dekat dengan Alloh. Namun kenapa sulit sekali bagi kita untuk menyisihkan sedikit waktu untuk melakukan hal-hal baik secara konsisten?

Salah satu masalah umum yang dihadapi dan dirasakan orang-orang adalah karena mereka merasa kekurangan waktu. Entah itu karena kesibukan atau hal lainnya. Namun, jika kita memiliki pola pikir seperti itu, sulit bagi kita untuk berhenti sejenak dan memikirkan hal baik apa yang bisa kita lakukan secara konsisten.

Waktu selalu bersikap adil. Ia tidak pandang bulu. Setiap kita hanya diberi 1x24 jam setiap harinya. Bukan masalah mengelola waktu, karena waktu tidak mungkin bisa dikelola. Masalahnya adalah bagaimana kita mengelola aktifitas-aktifitas yang kita lakukan.

Sekecil apapun, namun jika kita menyempatkan melakukannya secara konsisten dan memiliki tujuan jangka panjang yang positif dan besar dampaknya akan menjadi lebih ringan jika kita lakukan dalam waktu sebentar saja setiap hari.

Perkenankan saya meinginpirasi teman-teman untuk hanya menyisihkan waktu lima menit saja setiap hari, namun jika teman-teman melakukannya secara konsisten dan selaras dengan tujuan jangka panjang teman-teman, maka lihat dan rasakanlah perubahan-perubahan besar akan terjadi.

Sekali lagi, saya hanya meminta waktu tidak lama, 5 menit saja setiap hari. Untuk anda melakukan hal-hal positif.

1. Mandi air dingin setiap hari

2. Meditasi

3. Membaca buku

4. Olahraga

5. Menulis

6. Bersyukur

7. Sholat sunat

8. Membuat rencana

9. Melakukan evaluasi

10. Mendengarkan dengan seksama

11. Berlatih alat music

12. Mempelajari Bahasa asing

13. Belajar tentang keahlian anda

14. Mengelola inbox email kantor anda

15. Membaca kitab suci

dan masih banyak daftar hal baik lainnya.

Ada banyak sekali kebaikan yang kita bisa lakukan baik untuk diri sendiri maupun untuk kebaikan orang lain, hanya lima menit saja. Apapun aktifitas anda, anda yang menentukan sendiri, disesuaikan dengan keinginan anda atau tujuan jangka panjang anda.

Cobalah jadwalkan mulai esok hari. Lima menit. Apa yang akan anda lakukan sepanjang hidup anda?
SAYA YAKIN, seyakin-yakinnya, momentum akan hadir dalam kehidupan anda. Anda akan mengalami kesuksesan dalam skala kecil, perlahan lahan momentum itu akan terulang, lagi dan lagi dan dalam waktu dekat, seperti bola salju, momentum itu akan menggerakkan anda untuk meningkatkan diri di area-area lain kehidupan anda.

Itulah momentum. Suatu momen penting yang terjadi dalam kehidupan anda yang akan menjadi sumber energi untuk konsisten dengan perubahan yang anda harapkan.

INGAT, TIDAK ADA KEBAIKAN ATAU KEBURUKAN SEKECIL ZARAHPUN YANG TIDAK AKAN DIPERHITUNGKAN. 

Semua akan diperhitungkan. Pilihlah aktifitas anda dengan bijak.

Semoga Alloh selalu menyertai langkah kehidupan kita



Amin Ya Robbal Alamin