Rabu, 14 November 2012

Bagaimana menemukan tujuan hidup anda yang sesunggguhnya


وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat: 56)

Saya sangat yakin dan percaya bahwa setiap orang yang lahir dan hidup di dunia ini dilahirkan untuk satu tujuan tertentu. Siapapun itu, sekecil apapun peranannya. Saya juga percaya bahwa setiap orang tahu apa yang BENAR-BENAR DIINGINKAN DALAM HIDUPNYA. Namun bagaimanapun, banyak orang yang TIDAK SADAR dan TIDAK TAHU apa sebenarnya tujuan dia dilahirkan dan hidup di dunia ini. Ego telah menyebabkan kita tidak mengeluarkan potensi terbaik kita, menyebabkan rasa takut yang sangat melumpuhkan kita semua dalam mengambil tindakan.

Jauh dalam hati kita, kita tahu apa yang harus kita lakukan dan saya harap tulisan ini akan membantu anda memberi anda inspirasi dan meningkatkan kembali kesadaran anda akan hal tersebut serta menemukan tujuan hidup anda yang sesungguhnya.

Namun sebelum kita mulai…
Saya ingin meminta suatu hal untuk anda lakukan..MAINKAN MUSIK SEKERAS MUNGKIN SEKARANG!Biarkan earphone anda menggoyang badan anda. Putarkan satu buah lagu yang benar-benar akan membuat anda bergairah..Saya hanya minta anda lakukan selama 1 menit..Biarkan semangat petualangan menyapu jiwa anda. Katakan pada anda bahwa anda adalah mahluk Tuhan yang paling indah yang pernah diciptakan dan anda akan memulai perjalanan besar anda..Setelah selesai, matikan musik, persiapkan kertas dan pulpen lalu..

TULISKAN APA SAJA YANG MUNCUL PERTAMA KALI DI BENAK ANDA.

Jangan dengarkan suara jahat dalam hati anda yang mengatakan “Ini terlalu besar”, “Ini tidak mungkin”, “Omong kosong”, “Bagaimana mencapainya?”, “Ide ini tidak akan berhasil” dan suara-suara lainnya. Suara-suara itu sangat familiar bukan?

Setelah anda mampu mengalahkan suara-suara jahat anda, saatnya anda fokus kembali ke SAAT INI, ke SEKARANG..Sekarang akan kita dalami lebih spesifik,

LANGKAH 1: JAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT:
a. Kapan anda pernah merasa sangat bahagia?Pikirkan satu masa, yang baru saja berlalu atau sudah lampau. Apa yang sedang anda lakukan? Bagaimana waktu itu?

b. Siapa orang yang anda ‘cemburui’ secara positif? Sosok yang anda kagumi? Sosok idola anda? Kenapa anda mengagumi mereka? Apa ciri-ciri utama dan karakter-karakter yang anda kagumi dari mereka?

c. Hal apa yang membuat anda bersemangat? Apa yang sangat anda suka lakukan? Apa hasrat anda dan yang membuat hidup anda ‘penuh’? Apa yang menjadikan anda seperti seekor kupu-kupu yang terbang di atas bumi ini? Apa yang membuat jantung anda berdegup kencang karena semangat dan senang? Bisa banyak hal: Musik, film, tanaman, makanan, mencari ide, mendekorasi, memelihara binatang, bermain alat musik, geografi, bilogi, psikologi atau menghitung rumus-rumus yang rumit.

d. Apa yang akan anda lakukan seharian yang anda tidak pernah merasa lelah?

e. Perasaan apa yang ingin anda rasakan setelah anda bekerja penuh seharian mengerjakan hal-hal tersebut?

LANGKAH 2: ANALISA TULISAN DI ATAS
Saat anda selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, lanjutkan dengan analisa di bawah ini,

a. Ide apa yang muncul saat anda membaca jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas? Adakah sesuatu yang anda pikirkan yang menurut anda bisa menghasilkan uang atau menjadikan sebuah pekerjaan? Adakah orang lain yang sudah melakukannya? Pelajari bagaimana mereka meraihnya dan bagaimana bisa sampai ke tujuan mereka?

b. Ambil garis besar atau kesimpulan dari jawaban pertanyaan anda di atas, lalu tulis hingga menjadi sebuah tujuan atau misi. 
Misalkan tujuan hidup saya: “ Menjadi pelayan Tuhan dan sesama mahlukNya dengan menjadi orang yang kreatif, semangat, mencintai, lucu, bebas berpikir, jujur, berani, menginspirasi, melalui pendidikan, peternakan dan musik serta film”

LANGKAH 3: LALU SEKARANG APA?
Di sinilah semuanya akan bekerja utuk anda. Untuk melangkah maju ke depan menuju kehidupan kita yang tercerahkan dan terinspirasi, selanjutnya dibutuhkan KOMITMEN untuk melakukan perubahan terhadap pola pikir, paradigma serta tindakan-tindakan besar menuju sosok yang anda inginkan. Kita harus meyakini 200% bahwa kita yakin dan mampu menjadi sosok yang kita inginkan. Memenuhi komitmen yang telah anda tulis, untuk menjadikan orang yang tujuannya kini telah anda ketahui.

Langkah kecil apa yang bisa anda lakukan hari ini untuk mengarahkan anda ke sana?

“Entah akan kita temukan jalannya. Atau akan kita buat jalannya” Hannibal

Selamat menempuh tujuan baru hidup anda..

Salam hangat,
Adi