Sabtu, 17 November 2012

Kiat Menghadapi Semua Masalah Yang Anda Hadapi Dalam Hidup Anda




Tidak sedikit. Sangat banyak bahkan saya menemukan sahabat-sahabat di sekeliling saya yang begitu tertekan oleh masalah yang mereka hadapi. Masalahnya sangat beragam, mulai dari masalah cinta, menghadapi perceraian keluaraga, utang, penghasilan yang sedikit, tekanan pekerjaan, kepastian pekerjaan, kekhawatiran pekerjaan, konflik dengan teman atau sahabat..



Seringkali kita dirisaukan bahkan oleh hal-hal yang sifatnya sangat sepele. Jika kita mau mengamati lebih dalam, ternyata semua masalah yang kita hadapi semua adalah masalah sepele. Contohnya, bila saat macet ada mobil yang menyalip kita dengan seenaknya menyalip antrian, kita bukannya melupakan dan melanjutkan urusan kita, kita malah meyakinkan diri kita bahwa kita berhak marah. Kenapa tidak kita biarkan saja orang tersebut dan melanjutkan urusan kita?. Banyak hal-hal serupa terjadi setiap hari, anak yang rewel, kekasih yang lupa dengan janjinya, menunggu giliran, mendapatkan kritik yang tidak adil, memikul tugas yang paling banyak, mendapat penilaian yang tidak adil, semuanya akan sangat membebani kita bila kita tidak belajar untuk menghiraukannya.



Ada satu resep ampuh yang selalu saya berikan bila ada orang datang menemui saya dan menceritakan masalah yang dia hadapi, tentang betapa beratnya masalah yang harus dihadapinya. Saya selalu mengatakan bahwa itulah hidup kamu. Kamu yang bertanggung jawab atas hidup kamu dan kamu berhak dan bebas melakukan apa saja sesuai keinginanmu. 



Dalam bahasa Stephen Covey, hal ini disebut sikap PROAKTIF. Orang yang bertanggung jawab. Orang jenis ini adalah orang yang mengendalikan keadaan, bukan sebaliknya. 


Sahabat..Coba lihat lebih dalam, banyak kekhawatiran yang kita rasakan dalam kenyataannya tidak pernah terjadi sama sekali. Seperti apa yang dikatakan oleh Eleanor Roosevelt: “Tidak ada yang bisa menyakitimu tanpa seijin dirimu”



Bukan keadaan, bukan orang lain yang menyebabkan kita terluka atau sakit, tapi respons kita, sikap kita dan penilaian kita atas kejadian tersebut.



Saya akan selalu ingat kutipan Chon, salah satu karakter dalam film Savage karya Oliver Stone. Chon adalah orang yang sangat berani, tidak kenal takut apapun, bahkan kematian sekalipun. Dia telah merasakan semua penderitaan yang ada di dunia ini sebagai seorang mantan veteran perang Irak dan Afganistan, Chon sudah merasakan dan melihat sendiri kengerian dan hal terburuk yang ada di dunia ini. 


Saat kekasihnya diculik, Chon ditantang untuk menyelamatkan kekasihnya dengan mengorbankan nyawanya, dengan cara menodongkan pistolnya sendiri ke mulutnya. Dan Chon bersedia melakukannya. 


Chon selalu mengatakan:


“Kamu harus menerima kenyataan dari awal, bahwa sesungguhnya dari semenjak lahir kamu sudah mati bahkan semenjak kamu bayi dan belum dilahirkan ke dunia ini sekalipun. Jika kamu menerima hal itu sebagai kenyataan, maka kamu tidak akan pernah merasakan ketakutan apapun”



Jadi, salah satu obat yang paling ampuh untuk menghilangkan keresahan, masalah, kegelisahan, ketakutan dan kekhawatiran anda adalah BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP DIRI SENDIRI. Bertanggung jawablah atas hidup anda..Ini adalah hidup anda, anda yang mengendalikan perasaan dan pikiran anda..


So..Goodbye Galau…