Jumat, 07 November 2014

Buanglah Semua Yang Tidak Membuat Anda Bahagia



"Ada keindahan di balik kesederhanaan"

Saya menyukai sebuah konsep yang diperkenalkan oleh sahabat saya Leo mengenai kehidupan minimalis (simplicity). 


Kehidupan saya berubah secara dramatis hanya dengan melakukan perubahan-perubahan kecil dalam hidup saya, yaitu dengan cara membuang yang saya tidak perlukan sama sekali dalam kehidupan saya.

Seorang penulis dari Jepang, Marie Kondo, yang merupakan ahli dalam masalah efektifitas dan efisiensi dalam organisasi, melalui bukunya, ia mengajarkan kepada pembacanya untuk 

'MEMBUANG SEGALA HAL YANG TIDAK MEMILIKI CAHAYA BAGI KEHIDUPAN' dan memberi perhatian lebih kepada 'SEGALA HAL YANG MENYINDARI KEHIDUPAN ANDA'.

Apa maksudnya?

Cobalah sekarang anda perhatikan isi rumah anda, meja kerja anda, lemari pakaian anda, bahkan hingga ke dalam isi pikiran anda.

Mulailah untuk menyingkirkan hal-hal yang tidak anda butuhkan lagi. Mulailah untuk menyingkirkan benda-benda yang tidak berarti dalam kehidupan anda. Begitu juga dengan isi pikiran anda. Mulailah evaluasi dan buanglah pemikiran-pemikiran yang tidak penting.

Sederhanakan segalanya.

Untuk apa anda terus mempertahankan sesuatu yang tidak penting?

Untuk apa anda terus mempertahankan hubungan yang beracun?

Untuk apa terus menerus gelisah memikirkan sesuatu yang tidak jelas dan belum tentu?

Untuk apa anda mengumpulkan dan membeli barang-barang yang tidak ada gunanya?

Untuk apa anda terus menerus melakukan pekerjaan yang tidak anda cintai sama sekali?

Jangan khawatir anda akan kehilangan hal yang berharga. Jangan khawatir dan ragu saat anda sepenuhnya menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dalam hidup anda. Sebaliknya fokus kepada hal-hal penting dalam hidup anda, maka anda akan merasakan perubahan dramatis dalam hidup anda.

Hidup anda lebih efektif.

Ini merupakan salah satu strategi yang sangat bermanfaat untuk memfokuskan anda untuk mengerjakan dan memiliki hal-hal yang benar-benar berdampak besar terhadap kebahagiaan kehidupan anda.


Jadi, apa yang mau anda buang hari ini?


Semoga menginspirasi