Rabu, 26 November 2014

Mengerjakan Pekerjaan Impian Anda Tanpa Meninggalkan Pekerjaan Utama Anda

"Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven't found it yet, keep looking. Don't settle. As with all matters of the heart, you'll know when you find it."

" Pekerjaanmu akan menyita paling banyak dari waktu kehidupanmu dan satu-satunya cara agar anda puas dengan pekerjaan anda adalah dengan cara melakukan pekerjaan hebat. Dan satu-satunya cara mengerjakan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang anda lakukan. Jika anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan diam. Karena sesuai dengan isi hatimu, kamu akan tahu kapan saat kamu menemukannya"


Banyak orang membenci pekerjaan mereka.

Banyak orang tidak mengeluarkan potensi terbaik dalam diri mereka dalam pekerjaan.

Banyak orang belum tahu atau tidak tahu caranya menemukan pekerjaan yang mereka sukai.

Fakta menyebutkan, di negara maju sekalipun seperti di Amerika Serikat, sebuah survey yang dibuat oleh majalah Forbes menyatakan bahwa hamper 56 persen orang Amerika, tidak menyukai pekerjaan mereka.

Jika anda saat ini termasuk salah satu orang yang membenci pekerjaan anda, anda tidak harus berpikir bahwa anda tidak akan menemukan pekerjaan yang anda cintai. Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi bagaimana caranya menemukan pekerjaan yang anda cintai dan mendapatkan bayaran atas apa yang anda cintai tersebut.

Namun, bagaimana jika saat ini anda ‘terjebak’ dalam pekerjaan yang menyebalkan? Dan anda kesulitan untuk keluar dari pekerjaan tersebut? Dengan alasan ada keluarga yang harus diberi makan dan lain sebagainya? 

Anda tidak perlu khawatir dan merasa sudah terlambat. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana, maka anda akan menemukan jawabannya.

Walaupun pertanyaan sederhana, namun banyak orang terkejut menemukan bahwa mereka belum mengetahui apa sebenarnya ‘pekerjaan impian’ bagi mereka. 

Mencintai apa yang anda lakukan memang agak sulit dilakukan. Butuh proses dan waktu yang panjang, namun anda bisa memulainya saat ini. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

ANALISA PEKERJAAN ANDA SAAT INI

Salah satu cara terbaik untuk menemukan pekerjaan impian anda, atau pekerjaan yang sesuai dengan passion anda adalah dengan cara melakukan analisa secara jujur dan terbuka terhadap pekerjaan atau situasi yang sedang anda jalani saat ini.

Berapa penghasilan anda saat ini? 
Apa yang anda cintai dari pekerjaan anda saat ini? Bagaimana peluang anda berkarir di bidang yang anda jalani saat ini? 
Lingkungan seperti apa yang ada saat ini? Apa yang anda suka lakukan?

Luangkan waktu selama beberapa menit, 20-30 menit untuk bertanya kepada diri anda dengan jujur. Jangan hiraukan dulu mengenai uang. Utarakan semua ide yang ada mengenai pekerjaan impian anda. 
Tipe pekerjaan seperti apa? Bagaimana hobi dan passion anda bisa menyatu dalam pekerjaan? 

Jangan sepelekan ide anda. Jangan hakimi setiap ide bahkan yang ‘mustahil’ sekalipun. Jika anda ingin menjadi astronot, bukan berarti anda harus menjadi seorang astronot, hal ini juga bisa berarti bahwa anda menyukai dengan hal-hal baru, penuh tantangan dan berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Profesi apa yang paling menarik dan selalu memanggil-manggil anda melalui nurani anda.

SESUATU YANG ANDA CINTAI BELUM TENTU MENGHASILKAN UANG YANG BANYAK

Jika anda mencintai pekerjaan anda saat ini, lalu anda mendapat bayaran yang mahal atas pekerjaan itu, itu lebih baik. 

Namun, ada kalanya, tidak selalu seperti itu. Seorang yang menyukai fashion misalnya, belum tentu bisa berhasil saat ia membuka butik. Karena menyukai fashion saja tidak cukup untuk menjadi seorang pengusaha butik. Untuk menjadi pengusaha butik, dibutuhkan kerja keras, manajemen, penjualan dan sebagainya.

Jadi jelas sekali, anda harus memisahkan passion anda dengan uang. 

Namun, apa gunanya melakukan sesuatu yang anda cintai tapi tidak menghasilkan uang? Tinggalkan dulu pemikiran ini untuk sementara, karena dalam perjalanan nanti, anda akan menemukan sendiri bagaimana membuatnya menjadi sebuah bisnis dan menghasilkan sesuatu.

Contoh nyata adalah saya. Saya menyukai film, buku, pendidikan dan pertanian. Dulu tidak pernah terpikir bahwa saya akan menjadi trainer selain di pekerjaan saya. 

Saya rela meninggalkan pekerjaan dengan gaji lebih besar dan fasilitas lebih untuk pekerjaan sebagai trainer. Berat sekali menjalaninya, namun saya tetap yakin dengan keputusan saya. Dan saya bisa membuktikannya bahwa pilihan yang saya ambil sangat tepat.

Saya sangat mencintai pekerjaan saya. Saya dibayar untuk mengerjakan pekerjaan yang saya cintai. Terkadang saya mendapat project untuk menjadi trainer di waktu libur saya.

Kedua, saya menyukai buku dan menulis, tapi baru tahun ini terpikir oleh saya untuk menulis dan menjual sendiri buku yang saya tulis.

Akan ada waktu di mana uang dan passion anda akan bertemu di satu titik dalam perjalanan anda jika anda memiliki komitmen, kesungguhan, kerja keras dan ketekunan.

SESEKALI LAKUKAN PROJECT-PROJECT TERTENTU

Di waktu luang, anda bisa mengambil inisiatif untuk membuat project-project kecil. Menulis buku, menjadi organizer sebuah event, menjadi fotografer sampingan, menyanyi di cafĂ©, mengajar, memberi pelatihan, menjual asuransi dan sebagainya. 

Ini bagus bagi anda yang sama dengan saya masih berstatus sebagai karyawan sebuah perusahaan. Kita bisa mengasah potensi kita, mendapat penghasilan ekstra, tanpa meninggalkan pekerjaan utama kita.

MEMBUAT DAFTAR
Inventaris dan catat apa kekuatan anda, passion anda, kelemahan anda, hal yang menarik bagi anda, aspirasi anda, cita-cita anda. Apapun yang muncul dalam benak anda, tuliskan semua. Dalam prosesnya anda akan menemukan mana yang menjadi kekuatan utama anda, aspirasi anda dan passion anda. Bidang pekerjaan apa, tipe pekerjaan seperti apa, perusahaan jenis apa dan sebagainya.

Dengan melakukan hal-hal sederhana di atas, anda memiliki kesempatan untuk menggali potensi anda dan menemukan pekerjaan impian anda, tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama anda. Jadi tidak ada alasan tidak ada waktu, tidak ada modal, terlalu tua, belum waktunya, dan sebagainya.

Anda bisa memulainya sekarang juga.

Semoga menginspirasi