Jumat, 14 November 2014

Menjadi Ayah Yang Hebat Untuk Anak Anda



"Some people dont believe in heroes. But they haven't met my dad"

"Beberapa orang tidak percaya adanya pahlawan. Mereka belum saja bertemu ayahku"


Tidak ada hal yang lebih hebat selain menjadi seorang ayah untuk anak anda.


Di sisi lain, menjadi orang tua merupakan tantangan tersendiri yang menuntut anda untuk memberikan yang terbaik yang anda bisa dalam memberikan kebahagiaan, perlindungan, kesejahteraan dan tanggung jawab sepenuhnya untuk mereka.


Saya tidak bisa membanggakan diri dengan mengatakan bahwa saya adalah ayah yang hebat. Saya baru menjalani peran ini selama kurang lebih 7 bulan, namun sebuah pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya pribadi dan saya ingin berbagi dengan anda tentang pengalaman hebat dan bagaimana menjadi ayah yang hebat untuk anak anda.


1. Selalu Dahulukan Kepentingan Mereka

Sesibuk apapun kegiatan anda, seberapapun beratnya beban yang anda pikul dan lelah yang anda rasakan. Selalu dahulukan kepentingan mereka. 

Tidak akan pernah saya lupakan dan akan selalu jadi kenangan yang indah, lucu dan menyenangkan saat saya harus terbangun 3-4 kali setiap malam hanya untuk membuat susu lalu di beberapa malam tertentu, sesekali dikarenakan kantuk dan masih setengah tidur, susu tersebut tumpah atau saya tidak bisa menuaangkan dengan tepat sendok susu ke dalam botolnya.


Begitu juga di beberapa malam, saat saya dan isteri saya sudah sangat lelah setelah seharian bekerja, ia terjaga di malam hari lalu sulit untuk tidur kembali. Di saat mata kami begitu berat, ia seolah-olah meledek kami dengan tertawa sendiri atau bergerak kesana kemari. Ia mengajak kami bermain dan berteriak-teriak tanpa karuan.


2. Lindungi Mereka

Sebagai seorang ayah anda adalah 'guardian' bagi mereka. Si penjaga, si pelindung yang akan melindungi mereka dari segala macam bahaya dan ancaman. 

Periksa rumah anda jika ada benda atau barang-barang yang berbahaya yang bisa mereka jangkau. Begitu juga dengan kesehatan mereka, berikan mereka perlindungan melalui asuransi kesehatan dan perlindungan jangka panjang.


3. Luangkan Waktu Bersama Mereka

Untuk bermain, mencium, memeluk, bercanda bersama dan mendengarkan ocehannya. Kita memiliki kesempatan yang sedikit pada weekday, namun usahakan pada saat weekend, dedikasikan waktu anda lebih banyak untuk anda habiskan bersama mereka. Beri perhatian lebih.

4. Beri Mereka Pelukan Hangat

Beri mereka pelukan hangat dan tulus. Tanpa kita sadari mereka membutuhkan sentuhan langsung dan pelukan hangat sebagai sarana kita untuk menunjukkan kasih sayang kepada mereka.

5. Bermain-main Dengan Mereka

Pergi keluar dan berikan mereka kesenangan. Ke taman, ke mall, ke playground, kemanapun tempat yang bisa memberikan anda dengan anak anda waktu untuk bermain-main. 

Di rumahpun bisa anda lakukan, di bak mandi, di kasur, di ruang tamu. Perbanyaklah waktu untuk bermain-main dengan mereka


6. Lakukan Hal-Hal Yang Biasa Dilakukan Sang Ibu

Hal-hal yang biasa dilakukan sang Ibu bisa juga dilakukan sang ayah. Menyusui dengan botol minuman, menggendong dan menidurkan, membersihkan  rumah, memandikan, menggantikan popok, hingga mengganti baju.

7. Mengajari Mereka Kebiasaan-Kebiasaan Baik

Hal ini yang belum bisa saya lakukan, mengingat anak saya masih berusia 7 bulan. Namun kelak, saya telah menyiapkan rencana-rencana pasti untuk membangun kebiasaan-kebiasaan yang hebat untuk dijalankan anak-anak saya. Termasuk mengelola keuangan, kesehatan, membaca buku, belajar maupun hidup berdasarkan prinsip-prinsip integritas.

Sahabatku, sekali lagi, menjadi orang tua bukanlah perkara mudah. Ia menuntut tanggung jawab besar. 


Namun, jika anda melakukannya dengan sepenuh hati, ada keindahan di sana. Ada kebahagiaan, ada kesempatan untuk memberikan yang terbaik dalam diri anda untuk anak anda.