Jumat, 01 April 2016

Apa Yang Akan Anda Lakukan Jika Hidup Anda Tersisa 24 Jam Lagi?

LIFE IS SHORT..
BREAK THE RULES.
FORGIVE QUICKLY.
KISS SLOWLY. 
LOVE TRULLY
LAUGH UNCOTROLLABLY
AND NEVER REGRET ANYTHING THAT MAKES YOU SMILE
Charles Dickens


Apa jadinya jika hidup hanya dihabiskan untuk makan, tidur, bekerja dan tanpa melakukan sesuatu yang berarti? Apa jadinya hidup jika kita tidak memiliki kompas sebagai arah tujuan dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.

Tentunya banyak sekali dampak negatif jika kita menjalani kehidupan ini tanpa acuan atau kompas. Mudah sekali terombang-ambing dalam ketidakpastian, gundah, bimbang, tidak bisa mengambil keputusan, datar dan tanpa tantangan.

Membiarkan dunia ini menggiring kita kemanapun yang ia mau bukanlah pilihan yang bijak. Mengalir, kemana aja yang ia mau. Namun, sebaliknya kita tidak bisa sepenuhnya juga menmegang kendali tentang bagaimana seharusnya dunia ini memperlakukan kita. Kita tidak bisa mengendalikan cuaca, mengendalikan orang lain, mengendalikan lingkungan di sekeliling kita.

Satu pilihan bijak adalah dengan memiliki tujuan dan misi utama.

Namun, ketika kita mencoba merancang dan membuatnya, hal itu bukanlah perkara mudah. Terlebih ketika kita dihantam oleh berbagai kejadian yang terjadi. Kita mudah goyah, kita sulit untuk fokus. Jadi, penting sekali untuk memiliki satu misi tersebut, minimal akan menjadi panduan anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Jika kita mau jujur, bukan hanya uang yang kita butuhkan, bukan hanya prestasi atau kepemilikan, jabatan dsb. Kita butuh keseimbangan dalam segala hal. Kita butuh pengembangan diri, secara spiritual, finansial, kesehatan dan yang terpenting tentunya hubungan kita dengan orang-orang yang kita sayang.

Tidak akan saya lupakan ketika saya tidak sanggup menahan air mata saat melihat anak kesayangan saya demam tinggi, seolah menyadarkan bahwa ada hal lain yang lebih penting untuk kita perjuangkan. 

Menentukan arah dan misi kita bisa dilakukan dengan metode berikut. Saya harap anda bersedia meluangkan waktu dan mencobanya sehingga harapan saya anda akan memiliki satu misi tunggal yang akan menjadi panduan anda.

Misi ini tidaklah kaku. Anda bisa merubahnya sesuai keinginan anda, tergantung kepada situasi atau kondisi yang mempengaruhi di sekeliling anda. Maupun tergantung kepada perkembangan diri anda.

1. Ambil secarik kertas dan pulpen, lalu tuliskan dan jawab pertanyaan berikut:
Bayangkan anda memiliki segalanya. Anda begitu kaya dan berkelimpahan. Uang bukanlah lagi menjadi masalah bagi anda. Anda mampu membeli banyak hal maupun barang yang anda inginkan.
Lalu, jika kondisinya demikian, jawab pertanyaan berikut: Apa yang akan anda lakukan dengan hidup anda? Apa yang akan anda ubah dari diri anda? Apa yang masih ingin anda raih? Apa yang ingin anda lakukan jika seandainya uang bukan lagi masalah bagi anda.
Tuliskan satu sampai dengan lima jawaban.

2. Tulis dan jawab pertanyaan kedua berikut ini,
Hari ini anda mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan rutin kondisi kesehatan anda. Namun, anda terkejut tiba-tiba pada saat pemeriksaan tersebut dokter memberitahukan anda bahwa anda menderita suatu penyakit langka yang berbahaya sehingga anda diprediksi hanya akan mampu bertahan hidup selama hanya lima tahun. Anda tidak akan merasakan sakit, namun anda akan selalu ingat bahwa anda hanya punya sisa waktu lima tahun. 
Apa yang akan anda lakukan untuk menjalani sisa lima tahun tersebut? Apa yang akan anda rubah? Hal apa yang anda tunda selama ini yang belum anda lakukan lalu anda akan tuntaskan?

3. Tulis dan jawab pertanyaan ketiga berikut ini,
Di minggu berikutnya anda berkunjung lagi ke dokter yang sama untuk memeriksakan diri anda dan meminta informasi perkembangan terbaru penyakit anda. Namun, betapa terkejutnya anda, dokter mengatakan bahwa anda sekarang hanya memiliki waktu 24 jam untuk hidup? Besok, sudah dipastikan bahwa anda akan mati.
Apa yang akan anda rasakan mendengar pernyataan dokter tersebut?
Apa yang telah anda lewatkan selama ini? Apa yang akan anda sesali? Apa yang harus seharusnya anda lakukan semenjak dahulu?

4. Lihatlah hasil jawaban dari ketiga pertanyaan di atas, lalu lingkarilah 1-5 yang menurut anda paling penting untuk anda lakukan dan jadikan misi pribadi anda. Jika anda satu atau dua jawaban yang hampir sama atau berkaitan, gabungkan saja. Lalu mulailah simpulkan menjadi satu kalimat singkat.


Berikut adalah hasil jawaban analisa saya,

Jawaban pertama,
1. Menemani orang tua
2. Menulis buku
3. Membangun panti asuhan
4. Membangun pusat pelatihan kepemimpinan
5. Melakukan 100 hal yang harus dilakukan sebelum mati
6. Menambah berat badan
7. Membantu keluarga
8. Membangun perpustakaan pribadi
9. Menjadi blogger profesional
10. Menanam 10 hektar albasia
11. Beternak 1000 ekor domba,hidup di pertanian dan perkebunan
12. Bertaqwa
14. Traveling dengan anak dan isteri

Jawaban kedua (jika saya hanya memiliki waktu lima tahun)
1. Menjadi blogger menginspirasi kebebasan, petualangan, antusiasme
2. Menulis buku
3. Melanjutkan studi
4, Menemani orang tua
5, Hidup sehat
6. Travel dan berpetualang ke beberapa negara dengan anak dan isteri

Jawaban ketiga, (jika saya hanya memiliki waktu 24 jam)
1. Menghabiskan waktu lebih dengan anak dan isteri
2. Memberikan perhatian, kasih sayang untuk orang tua, mertua dan keluarga
3. Meninggalkan warisan
4. Hidup dengan enerji antusiasme dan petualangan
5. Menjadi diri sendiri

Jika dilihat ada beberapa jawaban yang sama atau hampir sama yang selalu muncul. Lalu anda lingkari atau tandai. 
Setelah itu barulah kita tuangkan menjadi sebuah paragraf atau kalimat,

Berikut adalah misi pribadi saya,
Menjadi pelayan Tuhan dan sesama. Hidup setiap hari dengan enerji, petualangan dan antusiasme, menjadi orang yang kuat dan sehat, secara fisik, mental dan keuangan, memberikan perlindungan bagi anak dan isteri serta keluarga tercinta. Mengekspresikan ide, gagasan dan kreatifitas melalui profesi, tulisan, blog dan buku, menjadi inspirasi tentang petualangan, kebahagiaan, antusiasme, enerji dan kebebasan. Membagikan cinta dan kebahagiaan untuk keluarga terdekat dan orang-orang disekitar saya.

Inilah misi yang akan menjadi acuan dan panduan saya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apapun bisa terjadi. Saya bisa saja mengalami kesialan, kegagalan atau kekecewaaan, namun, saya masih akan tetap kokoh dan berdiri teguh karena saya akan mengingat apa yang menjadi tujuan saya. 

Sekali lagi, misi ini tidaklah bersifat kaku, anda bisa mengubahnya sesekali.
Lebih baik lagi jika anda membuatnya sendiri dalam kesendirian, meluangkan waktu di tempat yang sunyi dan merenungkannya baik-baik.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan membantu anda sehingga anda tidak lagi mudah terombang-ambing dan tidak mampu mengambil manfaat sebesar-besarnya dari kehidupan yang singkat ini.

Misi anda adalah bintang utara anda, kompas anda, panduan anda.Berbeda dengan goals anda. goals anda hanya bersifat di permukaan, sesuatu yang berkaitan dengan materi, benda, status, target dan memiliki tenggat waktu. Misi anda berlaku sepanjang hidup anda.

Semoga menginspirasi