Sabtu, 24 Maret 2012

Ketahuilah Bahwa Anda Hebat (Cara Menjadi Super Kreatif)



“Untuk terbiasa dengan rasa sakit, anda harus mencabutnya dan bermain-main dengan rasa sakit tersebut” Charlie Chaplin

Anda ingin menjadi orang super bahagia?
Super kreatif?

Hentikan membandingkan diri dengan orang lain!!!Temukan kehebatan dan jalan anda sendiri!!

EUREKA!!!

Baru-baru ini saya menemukan beberapa nasehat sederhana berkaitan dengan kreatifitas. Awalnya iseng-iseng mencari cara ampuh bagaimana untuk menjadi seorang yang kreatif, membeli buku, browsing artikel dan website dan melakukan eksperimen dalam pekerjaan saya.

Jujur saja, pekerjaan saya menuntut kreatifitas tinggi tentang bagaimana seni mempengaruhi orang lain untuk mau menjalankan instruksi atau arahan dari perusahaan.

Saya sangat ingin sekali membagikannya kepada anda melalui blog ini,

Kreatifitas dan imajinasi diperlukan dalam setiap situasi, terutama dalam pekerjaan apapun. Bahkan seorang customer service pun harus mempelajari seni untuk menjadi kreatif dalam melayani pelanggannya. Apapun profesi anda, anda akan dituntut untuk menjadi kreatif, atau bekerja cerdas.

Berikut adalah beberapa saran dan masukan yang mungkin berguna bagi anda. Saran ini bisa dipraktekkan langsung, bahkan saat orang tua ingin mendidik anak-anak mereka. Beberapa ide ini saya tulis dari hasil pengalaman sendiri digabungkan dengan beberapa nasehat yang saya kutip dari beberapa seniman dalam dunia pengembangan kreatifitas, seperti Tony Buzan, Seth Godin, atau Hugh McLeod.

1. Jangan pedulikan apa kata orang lain tentang anda
Semakin orisinal ide anda, semakin sedikit orang akan mengkritik anda. Saat saya mencoba berkesperimen dengan beberapa ide dalam pekerjaan dan bisnis saya, banyak sekali orang memberi saran A sampai Z, bahkan beberapa komentar terdengar melemahkan. 

Seorang seniman, seorang yang konsisten dengan idenya, harus siap-siap menerima kenyataan bahwa akan ada beberapa orang negatif yang mengatakan bahwa ide anda buruk atau tidak berguna.

Anda dituntut untuk berdiri kokoh seperti karang. Kita tidak akan pernah tahu apakah ide kita itu bagus atau tidak sampai kita mencoba mewujudkannya. Ini menakutkan memang..

Mencoba meminta saran kepada orang terdekat atau sahabat anda sama sekali tidak akan membantu.

Saat saya mengemukakan ide saya untuk melakukan beberapa perbaikan dan proyek besar di perusahaan tempat saya bekerja, untuk para calon pensiunan yang sedikit sekali mendapat tunjangan, beberapa orang mengatakan “MUSTAHIL”…

Well..kita harus siap-siap terbiasa sering mendengar kata itu di perjalanan kita dalam menciptakan sebuah maha karya.

2. Bertanggung jawab atas apa yang anda lakukan
Tidak akan ada yang mengatakan kepada anda apa yang sedang anda ciptakan atau lakukan itu baik atau buruk, berguna atau tidak sama sekali. Semakin dipaksakan, anda akan semakin sendiri, teman-teman anda akan banyak yang tidak setuju atau tidak menyukai anda, bahkan teman sekantor pun. Jelas, hal ini menuntut tanggung jawab anda.

Saat saya harus menanggung beban kehilangan set-aset, terutama uang dalam eksperimen bisnis saya, saya harus siap menanggungnya sendiri. Saya pun harus siap dipecat saat gagasan saya bersebrangan dengan perusahaan tempat saya bekerja.

3.Setiap orang memiliki impian terbesarnya masing-masing
Anda mungkin tidak akan pernah bisa mendapatkan semua yang anda inginkan di dunia. 

Tapi setidaknya anda tentunya punya impian kecil untuk diraih dalam hidup anda. Jika anda tidak serius mengejarnya, kemungkinan besar anda akan merasa hampa dalam jiwa, kosong dalam pencapaian, saat kelak anda melihat ke belakang dalam tahun-tahun hidup anda. 

Impian anda tidak perlu terlalu besar, speerti menaklukkan dunia atau mencipatakan mahakarya seni besar seperti Monalisa. Apapun impian anda..

Mari kita sedikit serius di sini. Kita bicara tentang MIMPI ANDA YANG TERDALAM. Gairah anda, panggilan jiwa anda, hanya MIMPI ANDA.TITIK. Katakanlah anda tidak bisa meraihnya. Bullshit!!Anda pasti bisa. Kalau memang anda tertarik untuk mengejarnya, mari kita mulai..

Saran saya?SAYA TIDAK PUNYA SARAN APAPUN UNTUK ANDA. Anda lebih hebat dari saya dan lebih tahu jalan apa yang harus anda tempuh

4. Saat anda siap menerima sakit hati, sakit hati itu tidak akan mampu menyakiti anda
Di perjalanan dalam petualangan hidup anda, anda pasti akan membentur batu besar. Dan itu sakit sekali. Beberapa kejadian akan mengecewakan anda dan memukul anda jatuh terpuruk. 

nda harus menerima kenyataan itu dan bersiap-siap menghadapinya jika anda ingin mewujudkan impian anda atau menciptakan sebuah mahakarya dalam hidup anda. Menyedihkan memang. Anda tidak akan pernah tahu hasil dari pekerjaan anda seperti apa.

Saat saya menulis dan membuat blog ini, saya tidak tahu akan membawa kemana. Yang pasti saya harus siap menerima kekecewaan jika ada beberapa orang tidak menyukai atau skeptis dengan blog saya ini. 

Saat saya juga membawakan pelatihan kepemimpinan dan perubahan karakter dalam perushaan tempat saya bekerja, ada saja beberapa orang negatif mengatakan bahwa apa yang saya lakukan tidak ada gunanya. Tapi saya terus melanjutkan..

Apakah anda siap menerima sakit hati?

5.JANGAN PERNAH BANDINGKAN APA YANG BERHARGA DALAM DIRI ANDA DENGAN APA YANG DIMILIKI ORANG LAIN YANG TERLIHAT DI LUAR

Wow!!Ini temuan yang sangat berharga. Saat kita bertemu dan melihat orang lain. Melihat apa yang telah mereka raih, kita cenderung menjadi ‘layu’ dan ‘minder’. Anda dan saya berharga!!!Hargailah itu. 

 Tidak usah pedulikan pencapaian yang dihasilkan oleh orang lain!!Hasil karya anda adalah yang terbaik. Ukuran kebahagiaan dan kepuasan tidak bisa ditukar dengan uang atau benda materi yang nilainya sepele. 

Kesalahan umum orang lain saat menilai seseorang, selalu berfokus kepada materi. Bukan dari karakter atau kontribusi apa yang telah seseorang buat. Perbedaan apa yang telah dia ciptakan untuk lingkungan di sekelilingnya. Pahami ini, bahwa apa yang ada di dalam hati anda sangat berharga. Peliharalah itu..