Minggu, 24 Juni 2012

10 Pelajaran Terpenting Dari Steve Jobs



Di hari libur ini, saya menyempatkan untuk kembali membaca biografi sang seniman sejati, Steve Jobs..


Ada 10 pelajaran menarik yang bisa kita ambil dari sang maestro berkaitan dengan menciptakan karya atau membuat perubahan dalam kehidupan kita yang singkat ini,


Steve telah menjadi salah satu tokoh idola saya dalam menciptakan perubahan yang berarti. Saya tidak pernah bertemu dengannya, dia tidak mengenal saya, tapi saya menghabiskan cukup banyak waktu dengannya dengan membaca buku-buku tentangnya, melihat video presentasinya dan membaca artikel-artikel tentangnya.


Steve telah memberikan dampak yang sangat berarti dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan saya yang saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Beriku adalah kesimpulan 10 pelajaran esensial yang saya petik dari buku tersebut:


1. IKUTI KATA HATIMU

Pekerjaan anda akan menghabiskan sebagian besar waktu dalam hidup anda dan agar benar-benar anda merasa puas, satu-satunya cara adalah dengan mengerjakan pekerjaan hebat yang anda sukai. Jika anda belum menemukannya, jangan khawatir, teruslah mencari, anda akan menemukannya.


2. CIPTAKANLAH PERBEDAAN BAGI DUNIA


Mengutip dari Steve: “Being the richest man in the cemetery doesn’t matter for me. Going to bed at night saying we’ve done something wonderful, that whats matter for me”


“Menjadi orang paling kaya saat mati nanti bukanlah masalah paling penting bagi saya. Saat hendak tidur setiap malam dan mengatakan pada diri saya bahwa saya telah melakukan suatu pekerjaan yang hebat, itulah yang paling penting bagi saya” 



3. BERPIKIRLAH BERBEDA


Terus tendang dan pukuli otak anda. Ide-ide baru selalu datang saat kita melihat orang lain, bicara dengan orang lain, bereksperimen, bertanya, tidak dengan cara duduk di tempat kerja anda.



4. SAAT BERBISNIS, JUALLAH MIMPI, JANGAN JUAL PRODUK


Ada benarnya jika kita kaji lebih dalam. Pelanggan kita mengharapkan kebahagiaan, kepuasan dan hidup yang lebih baik. Perkaya kehidupan orang lain. Produk hanyalah perantara kita.



5. BUATLAH PRODUK UNTUK DIRI SENDIRI BUKAN UNTUK ORANG LAIN


Kitalah yang akan menentukan karya kita, pekerjaan kita itu baik atau tidak. Bukan pelanggan kita, bukan bos kita. Yang perlu kita lakukan adalah membuat yang terbaik



6. KATAKAN TIDAK PADA 1000 HAL LAINNYA


Dengan mengatakan TIDAK pada hal lainnya, kita baru akan bisa mampu berkonsentrasi pada benar-benar apa yang penting dalam hidup kita. Justru inilah yang paling sulit sahabat..

Mengatakan tidak untuk hal lain yang tidak penting



7.TETAPLAH BUAT SESEDERHANA MUNGKIN


Steve mengatakan: “Sudah menjadi mantra dan pegangan saya, bahwa FOKUS dan KESEDERHANAAN adalah yang paling penting. Kita harus bekerja ekstra keras untuk membuat pikiran kita agar mampu membuat segalanya sesederhana dan sejernih mungkin.



8. FOKUS KEPADA KESEMPURNAAN DAN KUALITAS TERBAIK


Jadilah yang terbaik di bidang kita masing-masing. Jadilah yang SEMPURNA. Beberapa orang tidak terbiasa untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.



9. LANGGAR ATURAN


Menjadi seorang perusuh, pembuat onar, pembuat masalah. Seseorang yang berpikir berbeda dan memberontak. Karena seseroang gila yang sanggup melakukan perubahan, akan benar-benar menciptakan perubahan untuk lingkungan di sekelilingnya.



10. ANDA HANYA AKAN HIDUP SEKALI


Kembali, mengutip apa yang diucapkannya, “JIKA SAJA HARI INI ADALAH HARI TERKAHIR AKU HIDUP, AKU AKAN BERTANYA, APAKAH YANG KULAKUKAN HARI INI MEMUASKAN?JIKA TIDAK, BERARTI AKU HARUS TERUS MERUBAH APA YANG SELAMA INI KULAKUKAN”


Terima kasih Steve..


Semoga inspirasimu akan membawa perubahan lebih berarti untuk kehidupan ini,






Semoga menginspirasi teman-teman J