Rabu, 18 Juni 2014

Menghidupkan Idola Anda Dalam Kehidupan Anda

Pahlawan dan idola merupakan sosok paling penting dan berpengaruh terhadap pembentukan karakter kita.

Mereka bisa saja Ibu anda, ayah anda, atau salah satu anggota keluarga anda. Atau bahkan seseorang yang terkenal dalam komunitas anda, dalam sejarah kehidupan, dalam buku, cerita, fiksi maupun tokoh sejarah.

Saya sendiri mengagumi beberapa tokoh populer dalam bidang-bidang yang memang menjadi passion saya. Sebut saja mulai dari John Lennon, Stephen Covey, Seth Godin, Mahatma Ghandi, Muhammad Ali, dan tentu saja yang paling saya kagumi Muhammad.

Kuncinya bagi saya adalah duduk sejenak, merenung, mengamati dan mencatat apa saja kualitas terbaik yang merek amiliki lalu saya coba praktekkan dan hidupkan dalam kehidupan saya pribadi.

"Ingin menjadi orang yang seperti apa saya ini?" Seketika, jawaban akan muncul dalam berbagai jawaban.

"Saya ingin menjadi seperti Nabi Muhammad, seorang pemimpin yang membawa dan menciptakan perubahan"

"Saya ingin menjadi seperti John Lennon, yang menciptakan karya-karya yang tak lekang oleh waktu"

Kuncinya adalah jangan menjadi seorang plagiat atau peniru yang berambisi untuk mendapatkan hal yang sama yang mereka dapatkan. Kuncinya adalah menghidupkan karakter mereka dan mengkombinasikan dengan karakter idola lainnya sehingga muncul karakter unik dalam diri anda.

Apa yang menjadikan mereka hebat rahasianya terletak kepada KARAKTER yang mereka miliki. Bukan apa yang mereka miliki, bukan benda-benda yang mereka miliki. Bukan pakaian yang mereka pakai, tapi KARAKTER mereka.

Sekilas jika anda melihat mereka (idola anda), anda tentu akan melihat sosok luar biasa dan mengagumkan, namun sebenarnya yang anda lihat seperti gunung es. Anda hanya melihat puncaknya saja, anda tidak tahu atau tidak mengamati bahwa sesungguhnya di bawah permukaan, mereka pernah mengalami penolakan, kegagalan, perjuangan, sakit hati dan penderitaan sebelum mereka menjadi sosok yang mereka inginkan.

Ambil contoh Muhammad Ali,
Dalam dirinya ada kualitas-kualitas karakter yang menonjol yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang,

1. Keyakinan
Lahir dari keluarga kurang beruntung, Ali memupuk keyakinan dan menjaganya bahwa ia adalah salah satu yang terbaik, the greatest, petinju yang terhebat yang pernah lahir di muka bumi ini. 


Ratusan kali ia dikalahkan dalam latihan, ratusan kali ia harus bangun setiap pagi untuk menyeret badannya ke tempat latihan dan menerima latihan-latihan fisik maupun mental yang luar biasa. Namun, ia tetap meyakini bahwa suatu saat ia akan tiba di titik yang ia inginkan.

2. Hati yang bersih
Hati yang tunduk dan bersih, menolak perang Vietnam dan percaya akan kemanusiaan dan hak asasi manusia. Ia sempat dipenjara karena menolak mendaftar sebagai tentara perang Vietnam. Ia dikecam, dilecehkan dan dibenci karena warna kulitnya. Namun, apapun halangan dan rintangan yang ia terima, ia tetap memiliki hati yang bersih dalam keyakinannya sebagai muslim sejati.

3. Menjadi seorang pemimpi
Sedari kecil Ali selalu memimpi bahwa ia kelak akan menjadi seorang juara dunia. Ia jaga dan rawat mimpinya dalam situasi apapun yang ia hadapi. Ia pemimpi besar dan ia komitmen terhadap mimpi-mimpinya.

Lihatlah lebih dekat sosok pahlawan yang anda kagumi. Karakter apa yang mereka miliki yang anda belum miliki. Lalu mulailah bangun karakter anda sesuai dengan nilai-nilai yang anda yakini dan kagumi.

Ada banyak pahlawan di sekeliling kita dan dalam kehidupan yang singkat ini, kita memiliki waktu untuk membuktikan bahwa kita juga adalah pahlawan.

Pahlawan bagi anak kita, suami kita, isteri kita, orang tua kita, sahabat kita dan orang-orang yang kita kenal.

Siapa idola anda? Karakter apa dari mereka yang anda kagumi? Maukah anda menghidupkannya dalam kehidupan anda?