Senin, 15 September 2014

Bagaimana Memotivasi Anda Dalam Kelelahan


"Motivasi itu ibarat mandi. Anda membutuhkannya setiap hari" Zig Ziglar


Baru tiga bulan ini saya pindah bekerja di perusahaan baru. Perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods yang mempekerjakan kurang lebih 8000 orang. Sebagai seorang trainer, saya bekerja dengan tim saya yang terdiri dari empat orang. Dibantu mereka, kami menggarap project memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan yang ada.

Anda bisa bayangkan bagaimana padatnya jadwal pekerjaan dan perjalanan dinas saya selama bekerja. Dalam seminggu, kami bisa menjalankan tiga sampai empat kali training. Berarti dalam sebulan bisa mencapai 12-15 kali training, dalam dan luar kota. Anda bisa bayangkan betapa padatnya jadwal dan betapa banyaknya energy yang harus kami gunakan untuk mendapatkan hasil maksimal. 


Karena training merupakan passion saya, saya bersyukur tidak merasakan beban yang terlalu besar, bahkan sebaliknya, saya menikmatinya. Namun, sebagai manusia biasa, saya juga tentu mengalami kelelahan secara fisik, mental dan bosan dengan rutininitas yang saya jalani.

Bagaimana saya mengatasinya? Dan bagaimana agar menjaga motivasi saya tetap terjaga? Bagaimana agar level antusiasme saya tetap terjaga? Bagaimana agar di saat merasa jenuh, bosan, kelelahan anda tidak lantas lari melakukan hal-hal yang kontra produktif?

Berikut adalah apa yang telah saya lakukan dan pelajari,

Beristirahat
Barangkali, masalah utamanya adalah anda atau saya adalah kurang memiliki waktu istirahat yang cukup. Jadi, solusinya adalah beristirahatlah. 

Ambil cuti atau gunakan waktu libur anda untuk benar-benar beristirahat. Tidurlah sepuas mungkin dan jadikan tidur menjadi prioritas anda sebelum melakukan apapun.

Temukan Tujuan Hidup Anda Kembali
Jika saya sedang tidak terlalu termotivasi atau kurang bergairah, itu berarti saya ‘lupa’ akan misi hidup saya, tujuan utama saya. Saya tidak memiliki alasan jelas untuk melanjutkan bekerja dan mengejar impian-impian saya. 

Jadi resepnya adalah cari suatu hal, temukan alasan, atau kegiatan atau apapun yang akan membantu orang lain. Bagaimana saya bisa menolong orang lain, merubah kehidupan mereka dan memberi mereka kebahagiaan serta semangat dan inspirasi.

Sebagai manusia, kita memiliki kesamaan, kita semua ingin menolong orang lain. Dan saat hal itu kita lakukan, kita menjadi bahagia dan menjadi bersemangat kembali.

Lakukan Saja
Saat anda atau saya melihat padatnya jadwal pekerjaan dan menumpuknya tugas-tugas yang harus diselesaikan, kita langsung merasa demotivasi. 

Tugas dan pekerjaan tersebut terlihat begitu besar dan kita tidak mungkin sanggup melaksanakannya tepat waktu. Kesalahan kita adalah kita melihat dari perspektif yang keliru, bahwa kita ingin menyelesaikan semuanya sekaligus dalam waktu yang singkat.

Cobalah resep berikut ini: Daripada anda mengeluh dan menggerutu akan banyaknya atau besarnya tugas dan tanggung jawab anda, maka lebih baik anda coba lakukan beberapa hal sedikit demi sedikit tanpa memikirkan bebannya. Sedikit demi sedikit menjadi bukit. 

Tugas besar secara perlahan jika dicicil akan menjadi mudah. Lakukan tugas anda sekecil mungkin hingga anda tidak mungkin gagal dalam melaksanakannya.

Bangun Kepercayaan Dari Orang Lain
Ada trik sederhana berikutnya yang luar biasa yang bisa anda lakukan jika anda merasa kurang termotivasi. 

Triknya adalah anda harus berjanji kepada rekan kerja, teman, pasangan atau atasan anda mengenai komitmen yang akan anda jalankan atau lakukan. Karena jika anda gagal atau malas mengerjakannya, maka komitmen anda akan diuji. Anda akan dinilai sebagai orang yang layak dipercaya atau tidak.

Saat ada tugas dari atasan anda, katakan dengan jelas kapan anda akan menyelesaikannya dan berjanjilah untuk memenuhinya tepat waktu. Maka dijamin, jika anda adalah orang yang sangat menghargai kepercayaan dari orang lain, anda akan melaksanakannya tepat waktu.

Kesimpulan,
Jadi, jika boleh saya simpulkan, berikut adalah trik-trik yang bisa anda gunakan saat anda mengalami demotivasi atau kelelahan dan kesulitan untuk membangkitkan semangat anda,

1. Beristirahat secukupnya

2. Temukan alasan. Tujuan hidup anda yang akan akan memotivasi anda kembali

3. Lakukan saja tugas-tugas anda dalam dosis kecil

4. Berkomitmenlah dengan orang-orang disekeliling anda dan buatlah komitmen tugas/pekerjaan yang akan anda laksanakan.

Semoga menginspirasi,