Rabu, 24 September 2014

Tujuh Kebiasaan Sederhana Para CEO Kelas Dunia




"Keberhasilan diraih melalui proses yang panjang dan melelahkan, melalui kebiasaan, determinasi dan tindakan konsisten ke arah tujuan anda"


Sukses itu relatif, tergantung ukuran yang anda tetapkan.

Kita tentu mengenal dan mengagumi beberapa wirausahawan hebat yang mampu menaklukkan dunia melalui ide, gagasan, inovasi dan perjuangannya. Dan harus kita akui, kita mengagumi mereka dan kita bisa belajar banyak dari mereka. 


Bukan untuk meniru mereka, tapi minimal untuk mengambil hal-hal hebat dari mereka dan menginspirasi kita dalam meraih sukses yang kita definisikan.

Mereka besar melalui proses yang panjang dan membangun kebiasaan-kebiasaan kunci dalam kehidupannya. Salah satu kebiasaan-kebiasaan yang bisa kita tiru, adalah kebiasaan-kebiasaan mereka setiap harinya.

Berikut tujuh kebiasaan yang mereka sering lakukan di pagi hari,

1. Bill Gates: Membaca minimal satu jam


Mega millionaire Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft ternyata memiliki kebiasaan membaca minimal satu jam setiap harinya sebelum tidur. Ia membaca hampir segala jenis topik, mulai dari teknologi, politik, olahraga bahkan hingga cerita fiksi. 

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang bisa membantu mengurangi stress dan meningkatkan kualitas daya ingat (memori) dari otak kita.

Sebuah studi di sebuah universitas ternama di Amerika Serikat membuktikan bahwa membaca minimal enam menit setiap hari akan membantu mengurangi level stress hingga 68%. Hal ini didukung bahwa membaca juga akan mengurangi level daya ingat yang rendah hingga 38% di usia senja.

2. Indra Nooyi (CEO PEPSI) Bangun Tidur Lebih Awal


Kita sudah tahu bahwa waktu sangatlah berharga bagi kita. Begitu pula apa yang selalu dilakukan oleh Indra Nooyi, CEO dari pepsi. Ia memiliki kebiasaan bangun tidur jam lima pagi setiap harinya. 

Dengan bangun tidur lebih awal, anda akan memiliki waktu lebih panjang. Anda memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal penting lebih banyak dan menjadi lebih produktif.

Mulailah bangun 15 menit lebih awal dari anda biasanya bangun dan lakukan perencanaan serta hal-hal penting lainnya.

3. Anthony Robbins: Lakukan satu jam yang luar biasa

Motivasi merupakan satu hal yang sangat penting untuk menjaga performa kita dan menjadi pendorong kita dalam melakukan aktifitas harian serta tugas-tugas dan kewajiban kita. 

Anthony Robbins, pengusaha, pembicara dan penulis buku laris dunia, mengajarkan untuk selalu memberikan motivasi harian minimal 30 menit dalam keseharian kita.

Ini bisa dilakukan dengan mendengarkan audio book, video motivasi, membaca atau melakukan hal-hal yang anda tunda-tunda.

4. Wendy Kay: Menulis Jurnal


Menulis jurnal atau catatan harian telah memberi bukti bahwa akan meningkatkan level kebahagiaan dalam hidup anda. Anda akan meningat daftar hal yang patut anda syukuri setiap harinya dan menulisnya untuk anda baca kembali kapanpun anda mau.

5. Steve Jobs: Tanyakan satu pertanyaan paling penting


"Jika hari ini adalah hari terakhir anda hidup, akankah anda akan mengulanginya lagi esok hari seperti hari ini?"

Sebuah mantra yang sangat ampuh yang telah mendorong Jobs untuk menjadi seorang super kreatif, jenius dan penuh inovasi. 

Dengan mengajukan pertanyaan di atas setiap harinya, anda akan dirangsang untuk memikirkan hal-hal terbaik dan hal-hal penting yang harus anda lakukan setiap harinya.

6. Brian Tracy: Lakukan tugas yang terpenting terlebih dahulu

Skala priorit
as sangatlah penting untuk dilakukan terlebih dahulu sebelum anda menyelesaikan tugas-tugas lainnya atau melakukan hal-hal yang sepele. 

Tugas penting adalah tugas yang sifatnya mutlak dan sangat mempengaruhi level keberhasilan maupun kebahagiaan anda.

Stephen Covey menjelaskan bahwa tugas penting adalah kegiatan-kegiatan yang sangat penting namun tidak genting. Contohnya: menyelesaikan pekerjaan utama, menjalin hubungan, mencari peluang, berinvestasi, belajar, berolahraga dan meditasi.

7. Obie Mackenzie: Terhubung dengan orang yang anda sayangi


Untuk siapa kesuksesan yang anda kejar dan ingin anda raih? Tentunya untuk membahagiakan orang-orang yang paling anda sayangi dalam kehidupan anda. 

Siapa mereka? Bisa keluarga anda, pasangan anda atau sahabat anda atau siapapun yang anda rasa sangat penting keberadaannya dalam hidup anda.

Luangkanlah waktu selama beberapa jam dengan mereka untuk mendengarkan mereka, memberi perhatian dan menunjukkan kasih sayang anda.

Masih banyak CEO lain atau pemimpin-pemimpin besar lainnya yang menginspirasi kita. Kita bisa menduplikasi kebiasaan-kebiasaan baik yang mereka miliki lalu kita gabungkan dengan kekuatan yang kita miliki.

Salah satu bagian terpenting dalam kehidupan adalah belajar dan berkembang, Dan dalam belajar, kita berkembang dan bertumbuh menjadi lebih baik lagi.

Semoga menginspirasi,