Rabu, 11 Februari 2015

10 Fakta Yang Harus Anda Ingat Saat Menghadapi Masa-Masa Sulit

“Ingatlah saat ujian di sekolah. Sang guru menyuruh kita untuk tidak berisik agar kita bisa fokus mengerjakan soal ujian. Begitu juga dengan Tuhan yang memberikan kita ujian dalam kehidupan, agar kita tenang mengerjakannya”

Hidup tidak selamanya memberikan anda warna keindahan, keceriaan dan kebahagiaan. Ia terkadang seperti ombak yang datang tiba-tiba menghantam anda melalui cobaan, kesedihan, kegagalan, kesedihan dan frustasi. Yang paling penting adalah jangan pernah kehilangan harapan dalam menjalaninya.

Dalam momen-momen kesedihan dan masa-masa sulit, anda harus memfokuskan pikiran anda akan hal-hal baik yang masih ada di sekeliling anda. Berikut ini beberapa fakta akan kebaikan yang patut anda ingat dan yakini sepenuh hati sehingga anda bisa melalui masa-masa sulit tersebut dengan lebih mudah.

1. Waktu akan menyembuhkan segalanya
Apapun yang anda alami, rasakan, betapapun buruknya hal tersebut, hal itu hanyalah sementara. Anda akan belajar melaluinya, hingga akhirnya anda akan melupakannya. 

Jika anda mengalami kesedihan karena patah hati atau kehilangan seseorang yang sangat anda cintai, anda akan belajar untuk bisa berdiri tegak dan hidup tanpanya. Waktu akan menyembuhkan semuanya

2. Kesempatan ada di mana-mana
Seiring bergantinya hari demi hari, waktu menawarkan kita peluang baru untuk memulai kembali segalanya dari awal. Kesempatan ada di sekeliling kita. Yang kita butuhkan adalah kita harus fokus dan peka dengan peluang tersebut dan mengambilnya.

3. Ada orang lain di luar sana yang sepenuh hati siap membantu anda
Memang betul bahwa banyak orang cenderung perhitungan dalam memberikan bantuan atau pertolongan. Namun, saya yakin, masih ada beberapa orang yang tulus sepenuh hati yang mau mendengarkan anda dan membantu anda mengatasi dan melalui masa-masa sulit.

4. Jika anda tidak menyukai suatu hal, kapanpun anda bisa merubahnya
Anda harus menyadari hal ini. Segala hal yang anda alami, yang tidak anda sukai, sepenuhnya bisa anda rubah. Jika anda tidak bisa merubahnya, anda bisa merubah cara pandang anda. Pekerjaan anda, pasangan anda, kehidupan anda, anda bisa merubahnya jika anda tidak menyukainya.

5. Semua ini tidak seburuk yang kita bayangkan
Kita cenderung mendramatisir situasi dan keadaan yang kita hadapi. Sebenarnya semua yang kita alami tidaklah seburuk yang kita bayangkan seandainya kita mau membuka lebih luas cara pandang kita dan persepsi kita.

6. Hidup itu sederhana
Lepaskan ekspektasi anda, kekhawatiran anda dan kegelisahan akan sesuatu yang belum terjadi atau bahkan penyesalan di masa lalu. 

Kurangi berprasangka buruk terhadap orang lain, jauh lebih baik menanyakan dan berkomunikasi langsung. Ciptakan ruang lebih luas di rumah anda. Sumbangkan beberapa pakaian di lemari anda yang sudah tidak anda pergunakan lagi. Potong pengeluaran anda dan buang segala hal yang tidak penting dalam hidup anda.

7. Anda tidak membutuhkan ‘sesuatu’ untuk menjadi bahagi
a
Sekali anda mendapatkan apa yang anda inginkan, hal itu bukanlah jaminan bahwa masalah anda akan selesai dan bahagia selamanya. Apa yang anda inginkan tidaklah akan memberikan anda jaminan akan kedamaian pikiran yang permanen. 

Kebahagiaan justru datang dari bersyukur, berbuat baik dan menghargai setiap menit kehidupan yang diberikan kepada kita hingga saat ini.

8. Kesalahan dan kegagalan itu adalah sebuah berkah
Gagal adalah pelajaran berharga dari sebuah kejatuhan. Memberikan kita pelajaran yang sangat berharga bahwa ada yang harus kita evaluasi dan perbaiki dan untuk mau mencoba lagi kelak. Kita menjadi lebih tahu, lebih berpengalaman. Kita jadi lebih siap, matang dan bijaksana.

9. Semua kesedihan dan masalah yang anda alami saat ini, tidak akan penting lagi dalam beberapa tahun kedepan
Saya ingat dan yakini betul hal ini. Saya ingat betul dengan persis apa yang saya alami di tahun-tahun lalu saat kehidupan terasa begitu sulit dan menyesakkan. Namun, saya meyakini bahwa hal itu tidaklah akan menjadi masalah lagi dalam beberapa tahun kedepan. Dan hal itu terbukti benar, setelah melewati beberapa tahun, saya tidak sedikitpun masih memikirkan masalah yang saya alami di masa-masa lalu tersebut. Semua menjadi tidak penting.

10. Tidak akan ada kemajuan tanpa kemunduran
Semua yang anda alami dan rasakan saat ini merupakan sebuah proses normal yang terjadi dalam siklus kehidupan yang justru akan mengangkat anda ketempat yang lebih tinggi. Setiap ujian, rintangan yang datang, semua didesain sedemikian rupa agar anda menjadi lebih mampu mengatasinya sebelum anda ‘naik kelas’.

Sahabatku, siapapun anda di sana, apapun masalah yang anda sedang hadapi, seberapapun beratnya situasi tersebut, yakinlah bahwa anda tidak sendiri. 

Dalam perjuangan ini kita menyatu dalam kesamaan, bahwa kehidupan yang baik layak untuk diperjuangkan.

Semoga menginspirasi,