Jumat, 06 Februari 2015

25 Hal Yang Bisa Anda Lakukan 30 Menit Sehari Untuk Mendekatkan Anda Meraih Impian Anda


“Masa depan adalah milik mereka yang memiliki keyakinan dan keteguhan akan mimpi-mimpi mereka”


Anda terlalu sibuk dengan keseharian anda. Dalam dunia yang begitu dinamis saat ini, kita dengan mudah terombang-ambing oleh kesibukan, target, kemacetan di perjalanan, jadwal yang padat serta kegiatan yang begitu banyak menyita waktu yang menyebabkan kita hanya memiliki waktu yang terbatas.

Waktu adalah sumber daya yang paling berharga dan kita harus betul-betul cerdas dalam menyiasati dan memanfaatkannya. 

Di satu sisi waktu kita tidak banyak, di sisi lain, impian kita begitu besar. Kita menjalani hidup di mana harus membagi fokus di antara membayar tagihan bulanan, membeli susu, membayar cicilan kartu kredit, bertahan hidup sambil berusaha meraih impian-impian kita.

Saya ingin menawarkan pendekatan berbeda. Tidak perlu anda habiskan waktu 10 jam perhari untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting dan mendekatkan anda kepada impian anda. Saya hanya minta anda menghabiskan waktu 30 menit untuk melakukan hal-hal hebat berikut ini,

Kegiatan-kegiatan berikut ini akan membantu anda melatih otot-otot antusiasme anda, menjaga rasa percaya diri anda, keyakinan anda dan mendekatkan anda kepada impian-impian anda,

Lakukan minimal 30 menit setiap hari kegiatan-kegiatan berikut:

1. Membaca buku
Jika anda tidak memiliki arah dan kejelasan mengenai apa impian anda, kemana arah hidup anda, cobalah untuk membaca buku. Buku-buku, mengenai bisnis biografi, atau apapun yang akan membuat anda terinspirasi.

Menurut sebuah survey, rata-rata CEO membaca dan menyelesaikan 60 buku/tahun. Atau sekitar satu buah buku/minggu. Bagaimana dengan anda? Terlalu sibuk?

Jelas sekali membaca buku akan membantu anda menjadi lebih percaya diri, lebih cerdas dan berwawasan, lebih bahagia dan lebih baik dalam bidang tertentu (tergantung buku yang anda baca).

2. Menggambar
Melukis sketsa, gambar, skema atau bahkan brainstorming mengenai apa yang ada di benak anda mengenai hal-hal yang ingin anda capai. Atau sebagai sarana untuk menyalurkan hobi, seni dan kreatifitas anda ke dalam sebuah media gambar.

3. Menulis
Apa yang harus anda tulis? Apa saja. Apa saja yang terpikirkan dalam benak anda. Atau anda juga bisa belajar menulis otobiografi anda sendiri, menulis buah pemikiran anda, blogging, membagikan aspirasi, inspirasi, pengetahuan, pengalaman anda dalam sebuah karya tulis. 

Jika anda berbakat dan sangat ingin menjadi penulis cerita fiksi, latihan ini akan membantu mengasah kreatifitas anda.

4. Membaca blog
Ada banyak blog dan website yang spesifik membahas dan bisa menjadi bahan pembelajaran anda terkait bidang yang sedang anda geluti atau bidang yang ingin anda kuasai. Terlebih saat ini, banyak juga blog yang mengupas mengenai perkembangan diri dan psikologi positif yang jika anda pelajari lebih detail dan praktekkan dalam kehidupan anda akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan diri anda.

5. Membuat puisi
Saya akui saya tidaklah mahir membuat prosa, pusisi atau hal lainnya. Namun bagi beberap orang, puisi memiliki aspek keindahan tertentu yang digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan kritik, inspirasi dan pemikiran seseorang.

Lebih bagus lagi jika anda mengikuti sebuah sayembara atau mengirimnya ke beberapa media. Saya pernah menulis sebuah artikel lucu dan dimuat di sebuah majalah. Hal itu cukup menyenangkan dan anda akan mendapat imbalan menarik atas karya anda tersebut.

6. Mendengarkan audio mengenai bisnis
Dengan 30 menit anda menyisihkan waktu anda untuk mendengarkan audio book yang berkaitan dengan bisnis, motivasi atau perkembangan diri anda akan menghemat banyak waktu dalam pembelajaran anda. 

Jauh lebih cepat ketika anda mengoptimalkan cara pembelajaran dengan menggunakan model audio. Anda bisa melakukannya sambil melakukan aktifitas lainnya seperti jogging atau lainnya.

7. Mendengarkan pembicara atau motivator yang menginspirasi anda
Jutaan video bisa anda akses di youtube, terutama pembicara asing. Anda akan menghemat banyak waktu juga dalam model pembelajaran ini. Survey membuktikan, bahwa model pembelajaran melalui video sangat efektif. Jauh melebihi cara pembelajaran dengan model lainnya.

8. Mengambil photo
Anda bisa mengasah bakat dan kreatifitas anda dalam hal fotograpi. Tidak perlu menjadi seorang professional. Anda bisa menggunakan kamera yang cukup baik untuk anda koleksi atau anda jual atau hanya sekedar mengisi waktu luang anda. Kemampuan dan bakat anda akan terasah seiring bertambahnya pengetahuan, skill dan pengalaman anda dalam hal fotograpi.

9. Kursus online
Ya, kursus online ekini telah menjadi alternatif terbaik dalam model pembelajaran dan penguasaan suatu skill tertentu. E-course memberikan anda kemudahan, fleksibilitas serta harga yang ekonomis dalam anda menguasai sebuah skill tertentu.

10. Visualisasi
Visualisasi adalah menggambarkan dengan sedemikian detail mengenai hal-hal yang ingin anda raih baik dalam jangka pendek maupun panjang. Anda bisa melakukan visualisasi secara sederhana, minimal setiap hari melalui meditasi anda membayangkan tentang kondisi ideal yang ingin anda raih. 

Atau anda juga bisa menggunakan media gambar. Anda bisa menggunting gambar dari majalah atau surat kabar mengenai benda atau hal-hal yang ingin anda raih. Anda bisa tempelkan di kulkas, di lemari anda atau di desktop komputer anda sehingga menjadi pengingat mengenai tujuan tujuan penting dalam hidup anda.

Visualiasi bisa juga anda lakukan di saat anda tengah menghadapi agenda-agenda penting seperti wawancara kerja, presentasi atau hal lainnya. Sebelum waktunya tiba, anda bisa menggunakan beberapa menit dari waktu anda untuk membayangkan detail hal-hal positif yang ingin anda capai.

11. Jogging
Pengalaman saya, jogging akan memberikan pengalaman yang sangat baik bagi kesehatan fisik maupun mental anda. Saat anda menggerakkan tubuh anda, otot-otot motorik dalam tubuh anda ikut panas dan bergerak memicu peredaran darah ke jantung dan otak anda dengan lancar. 

Kreatifitas anda akan meningkat dan meningkatkan hormon endorphin yang baik untuk membangkitkan semangat dan antusiasme dalam diri anda.

12. Menulis jurnal
Menulis jurnal harian mengenai apa yang anda syukuri setiap hari dan hal-hal positif yang anda rasakan dan terima di hari tersebut. 

Anda memiliki kemampuan terbatas dalam mengingat banyak hal terutama kenangan indah di masa lalu anda. Dengan menulis jurnal, anda akan menangkap semua momen yang telah anda lalui dan menuangkannya dalam sebuah tulisan.

13. Menyuarakan suara anda
Mengutarakan isi hati anda, baik secara verbal, secara langsung maupun melalui sebuah media. Terlalu sering kita memendam apa yang kita rasakan dan pikirkan. Seolah-olah berat untuk menyampaikan. Sudah saatnya anda berlatih dan mencoba membiasakan diri untuk belajar terbuka dan jujur mengenai apa yang anda rasakan atau pikirkan. Hal ini akan memberi anda kelegaan yang luar biasa.

14. Menghabiskan waktu, minum kopi dengan orang-orang kreatif
Ide baru, gagasan baru mengenai hal-hal yang sedang anda pikirkan atau target-target tertentu baik dalam bisnis, keuangan, pekerjaan biasanya muncul saat beberapa orang menghabiskan waktu dengan santai sambil menikmati kopi dan diskusi mengenai gagasan.

15. Melatih keheningan
30 Menit sehari melalui meditasi atau visualisasi untuk merefleksikan hal-hal penting dalam kehidupan anda. Mengentikan segala jenis aktifitas, berhenti sejenak dan melakukan evaluasi terhadap apa yang telah anda raih selama ini.

16. Bermain alat musik
Saya senang bermain gitar dan menyanyi lagu-lagu lama dari band-band lama, seperti The Beatles, Rolling Stones maupun band popular lainnya. Melakukan hal ini memberikan saya pengalaman luar biasa dalam mengekspresikan hobi, perasaan dan hal-hal positif terutama cinta dalam hidup saya. 

Saya tidak memiliki suara yang bagus dan skill saya dalam bermain gitar biasa saja. Namun, saya masih belajar berlatih mengasah skill tersebut agar jauh lebih baik lagi. Dan hal ini sangat menyenangkan untuk dilakukan.

17. Membagikan ilmu, pengetahuan keahlian anda, melatih orang lain
Sukseskan orang lain, maka anda akan sukses. Jika anda memiliki kelebihan dalam skill-skill tertentu, cobalah belajar mentransfer pengetahuan dan skill tersebut kepada orang di sekeliling anda yang membutuhkan. Tidak menutup kemungkinan anda akan mendapat bayaran atas apa yang anda lakukan.

18. Menghabiskan waktu dengan anak kecil
Anak kecil akan mengingatkan dan mengajari anda tentang pentingnya spontanitas, kreatifitas dan kebahagiaan. 

Dengan menghabiskan waktu lebih banyak bermain dengan anak anda atau keponakan anda, anda akan mendapatkan pengalaman terbaik yang menyenangkan.

19. Menghadiri seminar
Ada banyak seminar gratis yang diselenggarakan beberapa universitas atau lembaga. Ada yang gratis maupun berbayar. Jika anda hendak mendaftar, pastikan relevansi dan keuntungan yang akan anda dapatkan dari seminar tersebut, sehingga kehadiran dan investasi anda tidak akan sia-sia.

20. Mendaki gunung, menjelajahi pemandangan alam
Jika anda tinggal di kota besar, anda bisa luangkan waktu beberapa bulan sekali untuk berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa. 

Akan muncul rasa kagum, rasa syukur dan kebahagiaan saat anda menikmati pemandangan tersebut Terlebih anda mengambil langkah jauh dengan mendaki gunung dan menghabiskan waktu-waktu tertentu dengan camping dan melakukan kegiatan di alam liar.

21. Membaca tentang tempat yang akan anda kunjungi

Tida perlu menunggu anda memiliki cukup uang untuk bisa menjelajahi tempat-tempat tertentu yang ingin anda kunjungi. Anda bisa membacanya melalui buku atau media internet. Membaca akan membantu anda menjelajahi dan merasakan langsung pengalaman mengenai tempat yang akan anda kunjungi. Yakinlah, suatu hari anda akan datang ke tempat tersebut.

22. Mencoba resep baru

23. Bernyanyi di kamar mandi


24. Menulis 10 ide kreatif setiap hari
Ada banyak ide dalam benak kita. Bagaimana kita bisa menjadi seorang idea machine yang mampu menghasilkan banyak ide dan gagasan kreatif? 

Anda bisa melatihnya dengan melakukan brainstorming setiap hari menuliskan ide-ide baru di segala bidang yang menurut anda penting. 

Pasang batas waktu lalu biarkan pikiran anda mengalir deras. Saya yakin, tidak akan banyak dari ribuan ide anda tersebut akan bisa anda wujudkan dan menjadi kenyataan. Namun setidaknya, anda memiliki cadangan ide-ide hebat sebelum anda pilih mana yang terbaik yang harus anda realisasikan

25. Melakukan tantangan 30 hari berturut-turut
Secara konsisten, anda menantang diri anda untuk melakukan suatu hal secara konsisten selama 30 hari berturut-turut.

Sahabatku, perjalanan ini terasa begitu panjang, lama dan membosankan bagi mereka yang tidak memahami bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik. 

Bagi mereka yang menghargai tentang pentingnya waktu, setiap menit terasa begitu berharga untuk dilewatkan.

Saya tidak meminta waktu yang banyak, hanya 30 menit setiap hari di sela-sela kesibukan anda untuk melakukan hal-hal hebat di atas.

Semoga menginspirasi