Jumat, 08 Mei 2015

Kesempatan Yang Kita Biarkan Berlalu Begitu Saja

“What day is it?"
It's today," squeaked Piglet.
My favorite day," said Pooh.” (Winnie the Pooh)


Kita semua pernah melakukan kesalahan yang sama. Melewatkan waktu begitu saja dengan melakukan hal-hal yang tidak berarti dan tidak berguna.

Menghabiskan banyak waktu mengerjakan hal-hal sepele dan tidak penting. Menghabiskan waktu berjam-jam online dan berselancar tanpa ada tujuan. Menghabiskan waktu dalam pekerjaan dengan banyak mengobrol, bergosip.

Menonton tv berjam-jam dengan pikiran kosong yang hanya ditujukan untuk mengisi kekosongan dan kebosanan.

Padahal,

Waktu begitu singkat.

Padahal,

Hidup menawarkan sejuta pesona keindahan, petualangan dan kenikmatan untuk bisa kita nikmati dan rasakan.

Ada peluang apa di sekeliling kita?

Peluang untuk menjelajahi luasnya bumi dan kehidupan ini, mendatangi tempat-tempat baru, walaupun itu hanya beberapa blok dari rumah anda. Sebuah pengalaman untuk menyaksikan dan mengalami hal-hal baru dan menyenangkan

Peluang untuk menjelajahi diri kita sendiri. Mengasah potensi, bermain, menciptakan karya seni, melukis, membuat lagu, membuat novel fiksi yang selama ini kita tunda-tunda, mencoba bisnis sendiri, memahat patung hasil karya kita, memimpin dan mempengaruhi orang lain. Mengasah skill baru, menantang diri kita sampa titik batas maksimal untuk menguasai skill baru, pengetahuan baru bahasa baru, kompetensi dan keterampilan baru yang belum pernah kita coba sebelumnya.

Peluang untuk menyentuh hati dan jiwa orang lain yang kita sayang. Memberikan kasih sayang, perhatian yang tulus kepada mereka yang ada di sekitar kita. Mendengarkan mereka, mencurahkan kasih sayang yang besar, sehingga mereka bisa merasakan kebahagiaan dan kesenangan karena telah bertemu dan berinteraksi dengan kita.

Peluang untuk menemukan belahan hati anda. Untuk mengungkapkan isi hati anda. Mengatakan apa yang selama ini anda tutup-tutupi. Untuk menjalin sebuah hubungan. Untuk berbagi kasih, cinta dan pengertian serta pengorbanan?

Peluang untuk bersikap peduli, peka dan mencoba merasakan apa yang dirasakan orang lain.

Peluang untuk menjadi besar. Untuk menjadi berarti dan berharga. Bernilai. Untuk memulai saat ini juga.

Bersediakah anda mengambil peluang itu?

Peluang yang sudah ada di hadapan anda saat ini? Hari ini juga?

Jangan biarkan hari ini berlalu begitu saja. Jangan biarkan setiap kesempatan yang ada lepas begitu saja.

Embrace the moment. Live with gusto. Live today.