Selasa, 19 Mei 2015

Rahasia Mengagumkan Di Balik Angka Satu



"Anda tidak akan pernah mencapai tujuan anda, jika dalam perjalanan, anda selalu berhenti dan melempar setiap anjing yang menggonggong"


Anda kewalahan. Terlalu banyak yang harus anda pikirkan. Terlalu banyak yang harus anda selesaikan. Anda tidak memiliki banyak waktu. Ada banyak hal yang harus dilakukan. Sms, email, facebook, path, mencuci piring, berangat kerja, laundry, membayar tagihan, mengasuh anak, meeting, dan sebagainya. Semua menyebabkan stress dan tekanan. Apa akibatnya? Justru anda tidak mendapatkan banyak hal. Anda tidak memenuhi target, uang yang anda hasilkan tidak seberapa, akhirnya begitu juga dengan yang bisa anda simpan.

Lalu, setelah itu,

Anda ingin lebih..

Anda ingin lebih banyak waktu, anda ingin lebih banyak mengerjakan pekerjaan yang berarti, anda ingin lebih produktif, lebih banyak menghasilkan, lebih leluasa, dan sebagainya.

Apa yang terjadi sesungguhnya? Bagaimana mengatasinya?

Izinkan saya berbagi satu resep sederhana yang saya dapatkan dari exective summary sebuah seminar onlie yang berjudul The One Thing, karya Garry Keller dan Jay Papasan.

Rahasia Mengagumkan Di Balik Angka Satu

Jika memang semua orang mendapatkan jatah waktu yang sama setiap harinya, yakni 24 jam, kenapa ada yang bisa mendapatkan dan melakukan lebih banyak hal dari yang lainnya? Hal itu karena mereka memahami betul prinsip MENYEDERHANAKAN.

Menyederhanakan artinya melakukan hal yang benar-benar penting dan mengabaikan hal hal sepele yang tidak penting. Inilah rahasia mengagumkan di balik angka satu. Yang harus anda lakukan adalah menemukan satu hal yang benar-benar penting dalam segala aspek kehidupan anda, lalu fokus melakukannya secara kontinu.

Untuk menemukan angka satu anda, anda harus menggunakan pendekatan pertanyaan yang cerdas. Pertanyaan yang tepat akan membawa anda kepada jawaban yang tepat. Berikut adalah pertanyaan yang bisa anda ajukan yang akan membantu anda mengasah fokus dan konsentrasi anda akan hal-hal yang benar-benar penting.

“SATU HAL APA YANG BISA SAYA LAKUKAN SEKARANG, YANG JIKA SAYA LAKUKAN HAL TERSEBUT, MAKA SEGALANYA AKAN MENJADI LEBIH MUDAH?”
Mari kita bedah pertanyaan di atas,

1. Satu hal apa yang bisa saya lakukan
Pertanyaan ini akan merangsang fokus dan tindakan. Artinya hal yang bisa anda lakukan. Bukan yang seharusnya anda lakukan atau sebaiknya anda lakukan. Dengan mengajukan pertanyaan ini, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mengambil tindakan. Karena terlepas besar atau kecilnya tindakan itu tidaklah penting. Yang terpenting adalah anda mengambil tindakan.

2. Yang jika saya lakukan hal tersebut
Bagian ini menjelaskan tentang hubungan antara apa yang anda lakukan degan tujuan anda. Apakah ada kaitannya antara apa yang anda lakukan dengan tujuan yang ingin anda raih.

3. Maka segalanya akan menjadi lebih mudah
Ini adalah inti dari pertanyaan. Artinya, jika anda melakukan hal ini, maka hal lainnya menjadi tidak penting atau bahkan tidak ada artinya. Artinya dengan melakukan hal ini, tahapan berikutnya akan menjadi lebih mudah bagi anda.

Sekarang, mari kita terapkan rahasia dibalik angka satu di atas ke dalam berbagai aspek kehidupan kita,

1. Keuangan
Satu hal apa yang bisa saya lakukan sekarang, yang jika saya lakukan akan mendekatkan saya kepada tujuan keuangan saya atau peningkatan penghasilan saya?

2. Pekerjaan
Satu hal apa yang bisa saya lakukan sekarang, yang jika saya lakukan akan mendekatkan saya kepada tujuan karir saya?

3. Kesehatan
Satu hal apa yang bisa saya lakukan sekarang, yang jika saya lakukan akan membuat hidup saya lebih sehat dan energik?

4. Pengembangan Diri
Satu hal apa yang bisa saya lakukan sekarang, yang jika saya lakukan akan meningkatkan kualitas diri saya dan menjadikan saya lebih bernilai?

5. Hubungan
Satu hal apa yang bisa saya lakukan sekarang, yang jika saya lakukan akan semakin membuat hubungan saya menjadi lebih erat?

6. Spiritual
Satu hal apa yang bisa saya lakukan sekarang, yang jika saya lakukan akan semakin mendekatkan diri saya dengan Tuhan dan kebaikan bagi sesama?

Sahabatku,
Kita sebagai manusia memiliki keterbatasan. Dalam satu waktu, kita hanya bisa memfokuskan pikiran kita untuk memikirkan hanya satu hal dan melakukan satu hal. Oleh karena itu penting untuk membiasakan diri selalu mengajukan pertanyaan untuk mengetahui rahasia angka satu anda.

Dengan membangun kebiasaan tersebut, anda akan lebih fokus, lebih produtif dan terarah serta efektif dalam hidup anda. Anda akan dikayakan, dicerahkan dan memiliki energi serta antusiasme untuk melakukan hal-hal yang benar-benar berarti dalam hidup anda.

Temukan anka satu anda dan lakukan sampai tuntas. Jika anda telah selesai, temukan angka satu lainnya, lalu terus menerus lakukan sampai anda benar-benar berhasil meraih tujuan anda.

Sukses adalah perjalanan. Perjalanan dari satu sukses kecil ke sukses kecil lainnya. Sukses juga adalah tentang menemukan dan mendapatkan hal yang betul-betul berati bagi anda. Satu hal yang paling bermakna, yang berarti segala-galanya.

Selamat mencoba,