Selasa, 23 Juni 2015

Hadiah Terbaik Yang Bisa Anda Berikan Untuk Anda dan Orang Yang Paling Anda Sayangi



“Anda tidak bisa memberikan apa yang tidak anda miliki”
Sebentar lagi isteri saya ulang tahun. Sudah menjadi tradisi umum dan kebiasaan yang saya lakukan juga dalam keluarga kecil kami, kami selalu bertukar kado. Saya belum memikirkan hadiah apa yang bisa saya berikan kepadanya sebagai ungkapan kebahagiaan dan terima kasih saya.

Saat memikirkan hal itu, saya memikirkan, hadiah apa sebenarnya yang betul-betul pantas dan terbaik yang bisa kita berikan kepada diri kita dan orang-orang yang kita sayang.

Jawaban yang saya dapatkan ternyata sungguh mengejutkan. Berikut jawabannya,

Hadiah terbaik yang bisa anda berikan kepada diri anda dan orang-orang yang anda sayang adalah MENCINTAI DIRI ANDA TERLEBIH DAHULU. 

Dalam kata lain, cara terbaik untuk membahagiakan orang lain adalah dengan cara mencintai diri anda dan mengembangkan diri anda menjadi sosok yang lebih baik.

Jadilah suami yang lebih baik, itulah hadiah yang bisa anda berikan kepada isteri anda.

Jadilah ayah yang lebih penyayang, lebih perhatian dan lebih baik, itulah hadiah yang bisa anda berikan kepada anak anda.

Beberapa minggu lalu, saya melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan menggunakan pesawat. Saat anda menaiki pesawat, pasti pramugari akan memberikan instruksi tentang bagaimana penanganan pada saat keadaan darurat. 

Pesan yang mereka berikan jelas ketika memberikan arahan tentang menggunakan masker oksigen.

“Dalam keadaan darurat, pasang untuk diri anda terlebih dahulu sebelum memasangkan untuk orang lain”

Rawat diri anda terlebih dahulu. Sayangi diri anda terlebih dahulu. Bahagiakan diri anda terlebih dahulu.

Dengan mengembangkan diri anda, anda menjadi lebih kuat, lebih bahagia, lebih siap, lebih mampu, lebih mapan sehingga memiliki kekuatan untuk bisa memberikan hal yang sama bagi orang lain.

Seiring berkembangnya diri anda, anda akan menjadi orang yang lebih berharga di mata diri anda sendiri, keluarga anda, tempat kerja anda dan lingkungan tempat anda tinggal.

Pimpin diri anda terlebih dahulu, sukseskan diri anda terlebih dahulu.

Itulah kado terbaik yang bisa anda berikan kepada diri anda dan orang yang anda sayangi.

Apakah anda bersedia mengembangkan diri anda menjadi sosok yang lebih baik lagi? Lebih penyayang, lebih bersabar, lebih lembut, lebih memaafkan, lebih perhatian?

Jika anda bersedia dan melakukannya, anda telah memberikan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh anda sendiri dan orang-orang yang anda sayangi.

Semoga menginspirasi,