Rabu, 27 Januari 2016

Laporan Januari: Tantangan 30 Hari Bangun Tidur Jam 5


"DONT LIMIT YOUR CHALLENGES. CHALLENGE YOUR LIMIT!!"

LAPORAN TANTANGAN 30 HARI:

Bulan Januari

Tantangan : Bangun tidur konsisten jam 5 pagi,

Saya telah menulis dua tuisan sebelumnya tentang satu project yang sangat menantang dan menarik untuk dilakukan. Yaitu tantangan 30 hari. Inspirasi ini saya dapatkan saat saya menonton presentasi seorang eksekutif google yang membuat tantangan 30 hari di sepanjang hidupnya.

Berbagai tantangan berhasil ia taklukkan, seperti berikut ini:

30 hari menggunakan sepeda ke tempat kerja

30 hari mengambil foto (kebetukan ia menyukai fotografi)

30 hari menulis novel

30 hari berhenti mengkonsumsi gula

Dan tantangan 30 hari lainnya.

Berikut adalah link ke tulisan saya yang saya sebutkan di atas:

Lupakan Resolusi, Gunakan Tantangan 30 Hari

Bagaimana Membuat Hidup Anda Selalu Bergairah


Saya mencoba memodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan saya. Dan tantangan tersebut saya coba jalankan per tanggal 1 Januari 2015 lalu dan hasilnya?

Saya tidak bisa mengatakan atau mengungkapkan lewat kata-kata. Saya hanya bisa merangkum apa manfaat yang bisa anda rasakan jika anda berhasil melakukan tantangan 30 hari.

1. Waktu terasa begitu optimal
Sebelum saya melakukan tantangan ini, terkadang saya merasa ada beberapa bagian waktu dalam kehidupan saya berlalu begitu saja. Kekurangan makna. Bukan berarti saya tidak mengerjakan hal-hal penting, namun seperti meninggalkan ruang kosong dalam waktu 24 jam yang saya jalani setiap harinya. Saya ingin optimalisasi. Saya ingin hidup sepenuh-penuhnya. Menikmati setiap detik yang berharga dan teramat mahal untuk dilewatkan begitu saja.

Saya selalu memiliki masalah dengan bangun pagi. Terkadang pagi jam 530, jam 6, dan terkadang saat anda tidak teratur, terlalu pagi atau teralu siang, bisa membuat anda sakit kepala.

Melalui tantangan 30 hari, saya merasakan hal yang berbeda. Saya merasa lebih berarti. Waktu terasa lebih berharga dan berkualitas.

2. Kepercayaan Diri Saya Meningkat Drastis
Beberapa waktu lalu, saya bersyukur akhirnya bisa melakukan pembayaran sebuah rumah kecil di daerah Jakarta Barat. Bukan rumah mewah. Namun sangat berarti untuk saya, isteri saya dan anak saya. Bukan karena transaksi yang saya lakukan saya merasa lebih percaya diri. Namun lebih karena saya merasa bahwa hanya dalam waktu satu bulan kepercayaan diri saya meningkat begitu drastis. Saya lebih memandang diri saya berharga dan berarti. Bukan pula sebelumnya saya tidak merasa berharga. Namun ada perasaan peningkatan yang cukup signifikan. Saya lebih menyukai diri saya. Saya percaya bahwa saya ternyata mampu. Saya lebih bahagia, lebih berkomitmen terhadap janji-janji yang saya sering langgar di masa lalu. 

Kepercayaan diri sangatlah fundamental dalam menjalani hidup sukses dan bahagia. Percaya diri akan merembet ke berbagai aspek dalam kehidupan anda. Melalui kepercayaan diri,akhirnya saya dengan bulat mengambil keputusan untuk menambah instrumen investasi saya di perkebunan bunga chrysant, selain peternakan domba yang selama ini saya delegasikan dan jalankan.

3. Tujuan Besar Anda Semakin Kecil
Sukses adalah sebuah proses panjang. Tujuan besar anda, sulit diraih jika anda mengandalkan bahwa sukses akan datang besok, kelak, dan sebagainya. Melalui tantangan 30hari, tujuan anda yang teramat besar lama kelamaan akan semakin mengecil. Karena anda begitu fokus.

Contoh: Jika tujuan besar anda adalah memiliki uang sekian rupiah, dimana hal itu sulit diraih, maka tantanaAn 30hari akan membuatnya menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Contoh lain: Jika tujuan anda menulis sebuah novel yang terdiri dari ratusan halaman, maka tantangan 30 hari akan membuatnya menjadi mudah, menjadi halaman demi halaman yang anda tulis setiap hari.

Contoh lain: Jika tujuan anda diet atau hidup sehat atau ingin menurunkan berat badan, anda tidak bisa melakukannya dengan operasi atau sedot lemak. Anda harus melakukannya melalui olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. Tantanagnn 30 hari akan membantu anda membuatnya menjadi mudah.

Jadi, kira-kira, ituah 3 manfaat besar yang saya dapatkan. Dan dengan senang hati, saya membagikan pengalaman dan teknik ini kepada orang yang saya kenal yang ingin merubah kehidupannya. Begitu juga dengan peserta training dan seminar saya. Mereka tertantang..

Apakah mereka merasakan hal yang sama? Itu bukan lagi tanggung jawab saya. Semua keputusan untuk menjalankan dan merasakan manfaatnya sepenuhnya ada di tangan mereka.

Begitu juga dengan anda, para pembaca saya. Anda mau melakukannya atau tidak, terserah anda. Anda mau mencobanya atau tidak, terserah anda. Anda tidak membutuhkan saya. Saya bukanlah motivator, saya hanya mencoba menginspirasi anda.

Sekarang, saya kembalikan kepada anda.

Dan berikut adalah laporan kegiatan tantanag 30 hari saya di bulan Januari.

Tantangan : Bangun Tidur Jam 5 setiap hari

Manfaat yang saya dapatkan:

· Waktu terasa lebih optimal

· Memiliki lebih banyak waktu luang

· Proses perencanaan dan evaluasi harian yang optimal

· Peningkatan rasa percaya diri

· Hidup lebih sehat dan lebiih teratur

· Bisa melaksanakan ibadah sholat subuh

Apakah akan saya lanjutkan sampai menjadi kebiasaan? YA

Tantangan atau hambatan yang saya rasakan:
· Terkadang ada hari di mana saya merasa begitu lelah dan malas. Dalam 27 hari, saya mengalami kegagalan 2 hari (pada saat weekend)

· Harus dengan jeli memanfaatkan waktu yang ada di pagi hari. Harus bisa mengisi waktu kosong sebelum berangkat bekerja. Beruntung saya bisa isi dengan meditasi, menulis jurnal, olahraga kecil, dll.

Bagaimana dengan anda?
SAYA TANTANG ANDA!

Semoga menginspirasi