Sabtu, 11 Februari 2012

Rahasia Mendapatkan Pekerjaan Impian














Berikut adalah salah satu tulisan favorit yang saya tulis khusus untuk anda yang belum mendapatkan pekerjaan atau dalam keadaan menganggur. Atau bisa juga bagi anda yang ingin berganti pekerjaan atau pindah perusahaan.

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya tentang bagaimana MENDAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN ANDA SECARA EFEKTIF.

Di jamin dalam satu atau dua bulan, bahkan minggu..Anda yang sedang menganggur bisa mendapatkan pekerjaan dengan efektif, asalkan anda mampu memenuhi kriteria yang saya tulis dan menjalankannya dengan cara anda yang terbaik.

Berikut beberapa hal yang harus anda miliki atau anda koreksi sebelum anda melamar atau berpindah  pekerjaan:


1.MINDSET/KEADAAN PIKIRAN
Ini adalah menyangkut MENTAL ANDA, PIKIRAN ANDA, KEYAKINAN ANDA, PENDAPAT ANDA tentang apa arti melamar pekerjaan itu.


Untuk mendapatkan pekerjaan secara efektif, ingatlah aturan dasar : 
BERIKAN TERLEBIH DAHULU…


Kebanyakan teman saya, hanya berpikir MENERIMA..MENERIMA dan MENERIMA. 


Banyak ucapan yang sering kita dengar :

 “Ah..Gajinya kecil..."
”Ah..kerjaan marketing..malas banget…..”
"Ah..perusahaannya gak bagus” dan lain-lain. Ini bukanlah cara pandang yang tepat.


Padahal, PIKIRAN ANDA SEHARUSNYA TERLEBIH DAHULU MEMIKIRKAN : 
“Apa ya yang bisa saya berikan untuk pekerjaan saya?”
"Kok bisa ya saya digaji rendah?"
"Kualitas apa ya yang perlu saya miliki?"
BERI TERLEBIH DAHULU, BARU MENERIMA. Ini juga berlaku dalam segala hal. Mengumpulkan kekayaan, menjalin hubungan baik, dan lain-lain. Kemudian mengenai mindset, anda HARUS MERASA YAKIN bahwa ANDA MAMPU.
Anda tidak bisa mengatakan : “ Cari pekerjaan zaman sekarang susah”…atau lainnya.
JIKA ANDA KATAKAN SULIT, MAKA HAL ITU AKAN SULIT!!


Jadi penting saat ini bagi anda para pencari kerja atau yang baru di PHK untuk terlebih dahulu merubah mindset anda. Dari PENERIMA menjadi PEMBERI. Dari TUKANG MENGELUH menjadi TUKANG BERSYUKUR. Dari SUSAH menjadi MUDAH.
“If you want to paid more.You have to pay more” (Jika anda membayar lebih, anda akan dibayar lebih


Lucu melihat beberapa orang yang mengharapkan pekerjaan enak dan gaji besar, padahal statusnya saja masih dalam mencari pekerjaan..
Kualitas kerja saja belum terlihat, sudah mengharapkan yang lebih…Weleh-weleh…



2. SKILL atau KEAHLIAN DAN KOMPETENSI
Untuk mendapatkan kerja, tentunya anda harus memiliki SKILL atau KEAHLIAN. Apa bakat anda, apa kelebihan anda, apa yang bisa anda berikan sehingga anda layak dipekerjakan. Tulis semua keahlian anda, spesialisasi anda. Misalkan : Customer Service. Berarti kelebihan anda adalah segala hal mengenai customer service atau pelayanan pelanggan. Marketing (menjual, memiliki jaringan, dan lain-lain). IT (programmer, network, dan lain-lain) YANG SPESIFIK!!Banyak orang melamar dengan tulisan di lamaran “MELAMAR UNTUK POSISI APA SAJA” Ini menandakan anda tidak memiliki kepastian atau kepercayaan diri, atau kejelasan tujuan. Silahkan naik Taksi dan bilang kepada supir: “Pak antar saya kemana saja”…Anda tidak akan pernah sampai tujuan anda. Jabatan dan pekerjaan yang anda lamar harus jelas. Harus anda pahami dengan detail. Apa yang bisa anda lakukan untuk pekerjaan yang anda lamar tersebut.

Ingat..PENGETAHUAN ITU ADA DUA..Pengetahuan umum dan khusus. Pengetahuan umum tidak akan terlalu banyak membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan impian anda.
Jujur saja...
Pendidikan formal saya tidak terlalu banyak berguna dalam karir saya.



3.SURAT LAMARAN dan RESUME
Banyak orang membuat surat lamaran BIASA saja. Padahal, berdasarkan pengalaman saya, SAYA BERANI UNTUK TAMPIL BEDA. Misal..Mengirim lamaran menggunakan amplop yang bukan berwarna cokelat. Bentuk CV yang menarik, resume yang unik dan jelas. Bahkan sampai bentuk tulisan pun saya buat sedemikian rupa yang mencerminkan saya pribadi. Ingat..
BEBASLAH DAN SOPAN. Bayangkan..setiap hari seorang HRD menerima ratusan bahkan ribuan lamaran yang mungkin semua berwarna sama. Coba anda mengirim satu amplop berwarna biru. Setidaknya seorang HRD akan tertarik dan merasa penasaran. Ingat aturan EYE CATCHING, UNIQUE dan lain-lain.



Buatlah resume serapih dan sebaik mungkin.
Jelaskan apa kelebihan anda, apa yang bisa anda berikan, apa pengalaman anda, apa prestasi anda yang pernah anda raih YANG ADA KAITANNYA DENGAN PEKERJAAN YANG ANDA LAMAR. SIMPLE JUGA BAIK. BUATLAH RAPIH sedemikian hingga. (Jika anda memerlukan contoh CV atau resume silahkan email ke saya (adhierachman@yahoo.com) saya akan kirimkan contoh-contoh template CV atau resume yang menarik.



Dan satu hal lagi, CV atau RESUME berfungsi untuk menjelaskan gambaran singkat pada surat lamaran. BUKAN MENGULANGI APA YANG DITULIS DI SURAT LAMARAN/Cover letter. Banyak juga orang menulis pada surat lamaran kata-kata atau paragraph yang tidak efektif.Seperti kalimat yang sering kita lihat:


Bersama ini saya lampirkan photo copy KTP (1 lembar)
Photo copy ijazah (1 lembar)
Photo 4 X6 (2 lembar)..dan lain-lain.



SANGAT TIDAK EFEKTIF. Untuk apa anda habiskan lamaran anda dengan menjelaskan sesuatu yang sudah diketahui oleh si interviewer/HRD. Kenapa tidak sekalian saja anda tulis : “Bersama ini saya sertakan amplop saya yang berwarna cokelat..?”



4. INTERVIEW
Interview adalah proses terpenting dalam mendapatkan pekerjaan. Saya pikir 75% proses mendapatkan pekerjaan ditentukan saat interview. 3 hal yang harus anda kuasai saat interview:
  1. Opening
  2. During interview
  3. Closing
Opening/pembukaan adalah saat anda pertama kali bertemu orang yang akan mewawancara.Pastikan anda memiliki kesan 15 detik pertama yang mengesankan.
Ini bisa anda dapatkan dengan SENYUM, RAMAH, PERCAYA DIRI, MENANYAKAN KABAR, RAPIH, WANGI, atau MEMUJI SI INTERVIEWER dengan TULUS.Misalakan mengatakan : “Wah..kantor Bapak rapih ya”..dan lain-lain.


During interview
Anda harus tenang, percaya diri tapi rendah hati. Anda harus benar-benar mendengarkan apa yang interviewer tanyakan. PASTIKAN ANDA MENJELASKAN APA YANG BISA ANDA BERIKAN KEPADA PERUSAHAAN SEANDAINYA DITERIMA.Apa kelebihan anda, apa kekurangan anda, dan lain-lain. Berpikirlah dari sisi orang yang menginterview!!!Ini kuncinya..


Closing
Ini yang sangat penting.Jika anda merasa yakin dengan pekerjaan yang anda lamar, anda pasti berani meminta untuk diberikan waktu percobaan selama beberapa bulan.Anda bukannya menantang,tapi menunjukkan keseriusan anda untuk bekerja.
Sebelum interview, ANDA JUGA WAJIB MENGETAHUI COMPANY PROFILE (mengenal identitas perusahaan) dan deskripsi pekerjaan anda selengkap-lengkapnya.Calon bos anda, dan lain-lain sehingga anda betul-betul menguasai apa yang anda hadapi dan apa yang anda lamar.
Banyak juga selama interview, beberapa orang saat ditanya alasan melamar pekerjaan A, mengatakan 
“ YA..Karena posisi itu yang ada…”Weleh-weleh lagi…



Terakhir…YANG BISA MENJAMIN KEBERHASILAN ANDA DALAM MENDAPATKAN KERJA ADALAH KEAHLIAN KHUSUS/KELEBIHAN.
Contoh: Besi..Besi nilainya hanyalah besi.Tapi jika besi dirubah menjadi paku, maka ia lebih bernilai. Begitu pula anda..Anda harus memiliki sesuatu keunggulan khusus dibanding pelamar lain. Apakah itu?Anda bisa cari. Contoh : JUJUR..Jujur adalah hal yang luar biasa, tapi jika semua orang jujur, bukanlah hal luar biasa lagi.
Bahasa Inggris..Jika semua pelamar lain juga bisa berbahasa Inggris, bukanlah hal luar biasa lagi. Berarti anda perlu mengikuti pelatihan/kursus.terlebih dahulu..Cari tahu..APA KELEBIHAN ANDA YANG MEMBEDAKAN ANDA DARI PELAMAR LAIN.CARI TAHU, DAPATKAN, PELAJARI DAN KUASAI!!



TAPI…DI ATAS SEMUA HAL YANG SAYA JELASKAN DI ATAS YANG PALING PENTING ADALAH KETEKUNAN!!!Banyak orang melamar pekerjaan baru beberapa kali. Hanya karena gagal atau tidak dipanggil akhirnya menghakimi dirinya dengan mengatakan “Saya tidak berharga..” “Pekerjaan itu susah…” dan lain-lain. Ini yang FATAL. ANDA DIKATAKAN GAGAL HANYA SAAT ANDA BERHENTI MENCOBA.



INGAT ATURAN TEFCAS dari Tony Buzan..(TRIAL, EVENT, FEEDBACK, CHECK, ADJUST, SUCCESS)
Coba ambil tindakan…Setelah itu akan ada hasil (negative atau positif)….Setelah itu anda akan mendapatkan umpan balik (apa yang kurang dan apa yang tidak), lalu anda CEK KEMBALI…apa yang kurang…Lalu…SESUAIKAN…selanjutnya ANDA PASTI BERHASIL!!!)


KEINGINAN YANG KUAT, KEYAKINAN YANG BULAT, KETEGUHAN HATI, PANTANG MENYERAH. MAU BELAJAR DAN MENINGKATKAN KUALITAS, MENCARI NILAI LEBIH ADALAH KUNCINYA…

Di luar semua hal teknis di atas, berserah diri, PASTIKAN TUJUAN YANG INGIN ANDA RAIH ADALAH DEMI KEBAIKAN DAN KEMULIAAN. Ada tangan yang tak terlihat yang akan selalu menuntun anda.



SELAMAT MENCOBA..SALAM SUKSES!!
MEMBERI…MEMBERI…DAN MEMBERI…ITU KUNCINYA…


*Untuk tulisan berikutnya saya akan coba posting tentang menjelaskan apakah PEKERJAAN ANDA ITU KARIR ANDA??Apa bedanya karir dengan pekerjaan?Dan tentu saja..


BAGAIMANA MENEMUKAN PANGGILAN JIWA ANDA LALU MENUANGKANNYA KE DALAM PEKERJAAN IMPIAN ANDA..Saya bisa jamin..ANDA TIDAK AKAN PERNAH MERASA BEKERJA LAGI JIKA ANDA SUDAH MENEMUKAN PEKERJAAN IMPIAN YANG COCOK DENGAN PANGGILAN JIWA ANDA..


"Jika anda telah menemukan pekerjaan yang anda cintai, anda tidak akan pernah merasa bekerja satu hari pun dalam hidup anda" Confucius