Rabu, 11 Juli 2012

5 Pelajaran Terpenting Dari Utang (Kegagalan)




"Agar terbiasa dengan rasa sakit, anda harus mencabutnya, lalu bermain-main dengan rasa sakit tersebut"


Charlie Chaplin


Mencoba keluar dari jeratan cicilan utang adalah pengalaman yang sangat menyakitkan bagi saya. 


Sungguh, pengalaman yang sangat sadis, memalukan, menyakitkan dan keji. 


Kini, salah satu tujuan hidup saya akhirnya terbuka: JANGAN PERNAH BERHUTANG!!


Walaupun hanya tinggal beberapa saat lagi, namun saya akan selalu ingat betapa menyakitkannya proses yang saya alami. Pengorbanan yang saya lakukan, perasaan sakit hati yang dirasakan, saat anda kehilangan kebebasan anda sepenuhnya.


Namun, saya sangat bahagia untuk membagikan 5 pengalaman berharga yang saya alami untuk sahabat semua dari masa lalu saya..


Berikut adalah 5 PELAJARAN TERPENTING DARI KEGAGALAN…


1. Rasakan sakit dan deritanya. Hal itu mengajari anda sesuatu!!


Rasa sakit, penyesalan dan penderitaan yang anda rasakan akan menjadi guru terbaik bagi anda. Hal ini menandakan bahwa anda telah melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan anda. Pengalaman tersebut akan mengajari integritas anda, kejujuran anda, keberanian, tanggung jawab dan tekad anda untuk menghadapi masalah yang anda hadapi. Pelajaran apa yang bisa anda ambil??



2. Rasa sakit hanyalah sementara sifatnya

Dengan kata lain. Berapapun utang yang anda miliki, anda masih tetap bisa bangkit. Anda tenggelam dalam air, hanya jika anda memutuskan tetap tinggal dalam air. Dengan berusaha melampaui masa sulit yang sedang anda hadapi, anda belajar untuk memiliki kesempatan unik untuk memikirkan bagaimana keluar dari masalah yang anda hadapi. Anda dituntut untuk mengambil tindakan baru.


Coba tanyakan, apakah benar kegagalan anda permanen sifatnya?


3. Kegagalan hanyalah sebuah opini

Tidak hanya sifatnya sementara, kegagalan juga sifatnya relatif. Jika saya renungkan kegagalan yang pernah saya alami, tidak ada apa-apanya dibandingkan jutaan orang lainnya yang bahkan mengalami kegagalan, keterpurukan yang lebih buruk dan lebih dahsyat. Teman saya bahkan berhutang hingga 150 juta karena gagal mengelola bisnis internetnya. Ia pun terancam kehilangan rumahnya yang ia jaminkan. Ada deretan orang lain yang tidak bisa saya sebutkan yang mengalami lebih buruk lagi.


Benarkah kegagalan anda adalah yang terburuk? Adakah yang lebih buruk dari anda?


4.Rasa sakit membuka pintu kreatifitas

Anda akan dituntut untuk berpikir keras dan mencari cara kreatif bagaimana memecahkan masalah. Bayangkan, saat saya menganggur, saya dituntut untuk segera mendapatkan pekerjaan untuk membayar utang bulanan saya. Di situlah kreatifitas saya muncul, begitu pula hingga saat ini. Mau tidak mau, saat anda mempunyai kewajiban untuk memenuhi tanggung jawab anda. Saya tidak pernah menyangka, impian saya membuka kursus dan pelatihan dan menjadi trainer bisa menjadi kenyataan. Rasa sakit mendorong anda untuk keluar dari zona nyaman anda.


Bagaimana anda bisa menemukan jalan baru dalam memecahkan masalah anda?


5. Kegagalan layak dikenang

Hey…Jika cucu anda bertanya kelak, petualangan apa saja yang pernah anda alami. Pernah kemana saja anda?Pernah kerja di mana saja? Apakah tidak malu, kalau anda hanya menjawab: “Hidup kakek biasa saja. Tidak ada yang istimewa”…Yups..Kegagalan anda layak dikenang, petualangan anda layak diceritakan. Bagaimana anda berjuang mengahadapi semua tantangan yang ada…



*Di postingan berikutnya, saya akan mencoba memberikan tips-tips sederhana bagaimana keluar dari jeratan utang, tahap demi tahap dan bebas sepenuhnya dari utang anda,


Salam Hangat,


Adi