Kamis, 26 Juli 2012

Lima Penyesalan Terbesar Menjelang Ajal


Saya tertarik membaca sekilas buku karya Bronie Ware yang berjudul The Five Regrets of Dying (5 Penyesalan Terbesar Menjelang Ajal), seorang penyanyi Australia yang kemudian berpindah karir menjadi perawat manula di sebuah panti jompo. Bronie memutuskan berpindah karir setelah ia menemukan panggilan hidup yang sebenarnya, dari penyanyi menjadi perawat.


Yang menarik dari bukunya adalah kesimpulan yang ia dapatkan setelah berinteraksi dengan para manula penghuni panti. Ia melakukan interview dan melakukan survey dengan mengajukan pertanyaan sederhana,


"Lima hal apa yang kalian paling sesali saat ini?"


Berikut adalah jawabannya...


1. Andai saja saya dulu punya keberanian untuk menjalani hidup seperti yang saya kehendaki bukan dengan cara mengikuti kehendak atau petunjuk orang lain

Ya..Kita semua tahu bahwa kita tidak mungkin bisa mendapatkan semua yang kita inginkan. Tapi ada satu hal yang harus anda perjuangkan. Yaitu hidup menurut definisi anda sendiri. Bukan atas definisi, arahan, atau petunjuk orang lain.

This is your life, your only life..


2. Andai saja saya dulu tidak terlalu bekerja keras

Seperti kata Steve Jobs..."Pilihlah pekerjaan yang benar-benar berarti bagimu, karena ia akan menghabiskan banyak sekali waktu dalam hidupmu". Bayangkan saja..Silahkan anda hitung berapa jam anda bekerja setiap hari. Seberapa keras. Bekerja seharusnya menjadi hal yang menyenangkan, bukan suatu beban yang akan menyengsarakan hidup anda.



3. Andai saja saya dulu berani menyampaikan seluruh perasaan saya

Inilah hal yang menarik yang saya dapatkan. Jujur..Dulu..saya sedikitpun tidak pernah berani menentang atasan saya. Saya selalu menuruti semua instruksi bos saya atau perusahaan tempat saya bekerja. Namun mengetahui bahwa suara saya layak didengar juga, saya mulai melatih untuk berani menyampaikan suara hati, ide dan perasaan saya apa adanya.

Anda mencintai wanita itu? Anda kesal dengan sikap pasangan anda? Anda kecewa dengan bos anda? Anda kecewa dengan perusahaan anda dan strateginya dalam menjalankan bisnis?

KATAKAN SEKARANG!!Sebelum anda menyesalinya..Tapi dengan bahasa yang baik :)


4. Andai saja saya dulu menjalin hubungan lebih dekat dengan sahabat-sahabat terdekat saya

Saat waktu terus berlalu, kita semakin sibuk mengejar karir, menafkahi keluarga, menjalankan bisnis, ada satu hal yang biasanya kita lupakan. Arti sahabat. Ya..Sahabat...Membaca bagian ini seakan mengingatkan saya untuk kembali menghubungi sahabat-sahabat saya yang kini terpisah dengan saya. Sahabat adalah salah satu keajaiban dan harta yang layak kita jaga dan kenang kelak.



5.Andai saja saya dulu lebih bahagia dan lebih santai dalam menjalani hidup

Hidup dalam kesedihan, keterpurukan, keseriusan. Seolah-olah setiap pekerjaan dan tugas yang kita lakukan adalah urusan hidup mati harus anda pikirkan kembali. Dont sweat the small stuff!!!Jangan risaukan hal-hal sepele..Jadilah bahagia dengan diri anda saat ini, dengan siapa diri anda apa adanya.



Semoga menginspirasi kita sahabat,

Salam hangat...