Senin, 23 Juli 2012

Ingin Menemukan Pekerjaan Impian Anda? JANGAN LAKUKAN 8 HAL INI



Banyak sekali orang mengeluh dan menjelek-jelekan perusahaan tempat ia bekerja. Membicarakan atasannya di belakangnya. Mengeluh tentang gaji yang dia terima. Tapi anehnya dia masih bekerja di perusahaan tersebut dan mengharapkan menerima gaji dari perusahaan tersebut. 

Bukankah itu menyedihkan?Apakah anda termasuk orang tersebut?

Tujuh tahun yang lalu, saya benar-benar tidak tahu apa sebenarnya makna bekerja. Saya mendarat di perusahaan manapun asal saya bisa mendapatkan gaji dan melakukan pekerjaan. Desakan untuk tidak di cap sebagai penganggur, telah membuat saya melewatkan beberapa hal yang sebenarnya penting untuk dipikirkan dalam memilih karir atau pekerjaan.

Ada perasaan beban, ketakutan saat bekerja. Saya harus bangun pagi hari setiap jam 4 subuh, melakukan pekerjaan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh orang lain yang memiliki keahlian yang lebih rendah daripada saya. Hasilnya?

SAYA MEMBENCI PEKERJAAN TERSEBUT. SAYA MEMBENCI ATASAN SAYA.

Sekarang, saya telah cukup dewasa untuk mengetahui beberapa hal berkaitan dengan karir dan pekerjaan. Saya ingin berbagi kepada anda, bagaimana caranya menemukan pekerjaan yang anda cintai.

JIKA ANDA INGIN MENEMUKAN PEKERJAAN YANG ANDA CINTAI, JANGAN PERNAH LAKUKAN 8 HAL BERIKUT INI…

1. MEMILIH PEKERJAAN KARENA ALASAN UANG/GAJI
Kita semua tahu, bahwa kita tidak bisa membeli kebahagiaan dengan uang. Kita semua butuh uang. Benar. Motivasi terbesar anda haruslah pemenuhan jiwa anda. Bukan uang. Mungkin saat melakukan pekerjaan yang anda cintai, penghasilannya hanya sedikit memberikan uang, namun percayalah, jika anda tetap meyakini dan mencintainya, uang akan mengalir sendiri.

2. MEMILIH PEKERJAAN KARENA STATUS ATAU JABATAN
Siapa sih sebenarnya yang peduli dengan gelar anda? Jabatan anda? Manager, Executive, Director, MsC, MbA anda? Yang terpenting adalah kepuasan dan kebahagiaan dalam diri anda karena anda mengerjakan pekerjaan yang benar-benar anda cintai. Yang terpenting adalah kontribusi apa yang telah anda berikan untuk orang-orang sekitar.

3. MEMILIH PEKERJAAN KARENA PILIHAN ANGGOTA KELUARGA

Hanya karena ketiga saudara anda dokter, guru atau pengacara. Atau ayah anda seorang akunting, bukan berarti itu pula tujuan karir dan pekerjaan anda. Ada pilihan yang tak terbatas di luar sana, teruslah mencari.

4. MEMILIH PEKERJAAN KARENA PEKERJAAN TERSEBUT DIANGGAP PEKERJAAN KEREN PADA SAAT ANDA KULIAH
Ya..pada saat kuliah dulu, saya dan teman-teman sering membicarakan pekerjaan keren. Bekerja di hotel bintang 5, jadi pegawai kantoran yang memakai dasi di gedung berlantai dua puluh, atau pekerjaan keren lainnya. Baru pada saat ini, saya menyadari itu adalah hal yang paling bodoh yang pernah kami impikan.

5. MEMILIH PEKERJAAN AGAR ORANG LAIN TIDAK MENGANGGAP ANDA BODOH
Sebenarnya suara hati anda meninginkan anda untuk menjadi seorang dokter binatang, atau petani, atau bahkan pemain band. Namun, teman-teman, orang tua, orang lain mengolok-ngolok anda bahwa anda akan terlihat bodoh mengerjakan hal tersebut.

Hey..Ini hidup anda, jangan biarkan orang lain menilai dan mendefinisikan tentang anda!!

6. KERJA AGAR TERLIHAT SIBUK
Karena tidak ada pilihan lain, anda memilih pekerjaan yang sebenarnya tidak anda sukai. Lalu saat anda bekerja, anda membohongi diri anda atau atasan anda dengan terlihat sibuk!!Padahal tidak ada hal yang anda lakukan. Yang anda lakukan hanyalah mengerjakan pekerjaan yang bukan pekerjaan anda.

7. MELAKUKAN PEKERJAAN PADAHAL ORANG YANG LEBIH RENDAH KEAHLIANNYA BISA MELAKUKANNYA
Hanya karena termasuk dalam job description anda, bukan berarti anda harus melakukannya. Jika bisa dilakukan orang lain yang memiliki keahlian lebih rendah, ajukanlah kepada bos anda. Untuk menghemat waktu berharga anda dalam bekerja. Mengetik, mengarsip, manual lainnya.

8. BERKUMPUL BERSAMA ORANG-ORANG YANG SAMA-SAMA MEMBENCI PEKERJAAN
Ini seperti virus. Anda senantiasa menghabiskan waktu anda bersama orang-orang yang membenci pekerjaan mereka. Lebih baik anda menghindarinya. Carilah orang yang bergairah da mencintai pekerjaan mereka. orang-orang yang sebenarnya membenci pekerjaan mereka, namun mereka tetap mengerjakannya

Semoga bermanfaat,