Minggu, 01 Juli 2012

Saat Segala Sesuatu Berjalan Tidak Sesuai Rencana





KENDALI adalah ilusi…

Sudah menjadi hal umum dalam kehidupan kita, bahwa pada dasarnya kita bertanggung jawab atas kehidupan kita sendiri. Bahwa kita adalah penentu nasib kehidupan kita sendiri. Bahwa kita bisa mengambil keputusan, bahwa kita bisa menciptakan segala sesuatunya sebagaimana apa yang kita inginkan. Itu pula yang selalu menjadi panduan dalam kehidupan saya selama ini.

BAHWA KITA MEMILIKI KENDALI

Namun..semakin saya mempelajari filsafat dan rahasia dalam alam semesta, semakin saya menyadari ada sesuatu kekuatan yang luar biasa besar yang selama ini luput dari pandangan saya. Saya bukanlah tipe orang yang pasrah dan menerima begitu saja apa yang saya terima dalam kehidupan, namun setidaknya, dari pemahaman tersebut saya belajar tentang sesuatu yang lebih bernilai daripada pasrah, yang tinggi tingkatannya, yaitu IKHLAS.

Hari Jum’at yang lalu saya mengikuti pelatihan dan seminar gratis yang diadakan oleh Jamsostek di Twin Plaza hotel, dengan narasumber yang sangat mumpuni, Mr. Ahmad Ramdani Salim.

Saya tersentuh oleh presentasi beliau tentang konsep ‘IKHLAS’ dalam kehidupan ini..

1. BAHWA KITA MEMILIKI KENDALI SEPENUHNYA ATAS KEHIDUPAN INI ADALAH SEBUAH ILUSI BESAR-SEBUAH KEBOHONGAN
Saya bertemu dengan seorang bapak yang berusaha keras menyembuhkan penyakit jantungnya, berupaya sekuat tenaga, berobat kesana kemari, operasi, namun tetap saja kehilangan nyawanya. Kakak saya sendiri 13 tahun menikah tanpa dikarunia anak, menghabiskan banyak uang untuk berobat, tradisional dan modern, namun tetap saja tidak dikarunia anak satu orang pun. 

Keluarga yang terkena musibah gempa, sahabat yang kehilangan rumahnya karena kebakaran, sahabat yang bekerja keras dan jujur, namun tetap saja terkena PHK, seorang anak yang sedang bersepeda di tempat aman, tetap saja tertabrak mobil. Itu terjadi setiap hari…

Apakah kita bisa mengontrol semua itu? Mengendalikan setiap orang yang berpengaruh terhadap kehidupan kita? TIDAK.

2. AGAR TERNAK KITA TUMBUH BESAR, SEDIAKANLAH LADANG SELUAS MUNGKIN
Bayangkan anda memelihara seekor sapi atau kerbau, betapa mudahnya membesarkan dan merawatnya jika kita memiliki ladang yang luas dengan rumput segar. Kita tidak perlu mengekang sapi itu, tidak perlu kita repot-repot mengendalikan sapi itu harus kita apakan. Segala hal menjadi mudah…Inilah yang disampaikan oleh Mr. Ahmad Ramdani saat menghadapi kenyataan ibunya yang sedang koma, ia mendengar ayahnya berdoa agar dipanjangkan umurnya. Namun, ia sadar bahwa do;a itu tidak tepat. Do’a yang tepat adalah melepas, mengikhlaskan kepergiannya. Belum tentu jika Ibunya dipanjangkan umurnya akan kehilangan penderitaanya.

LEPASKAN SEMUANYA…

3. AKAN ADA KEJUTAN DI DEPAN
Apa jadinya jika kita tahu segalanya? Jika kita bisa memprediksi dengan akurat hasil dari rencana yang kita bangun. Kejutan selalu menyenangkan. Saya tidak akan pernah menyesali kegagalan dan sakit hati saya di masa lalu. Semuanya membawa saya ke dimensi baru dalam hidup ini. Saya bertumbuh kembang.. Yakinilah bahwa apa yang anda alami saat ini, akan membawa banyak kejutan dalam pahit manisnya kehidupan.

Jadi sobat..
Saat segala sesuatu terjadi tidak sesuai dengan yang kita inginkan..

Kembalikanlah kepada Sang Pemilik alam semesta, Alloh SWT…

Tuhan akan mengurus segala-galanya… 

Tuhan memberkati kita semua,
Amin,