Senin, 16 September 2013

3 Langkah Agar Anda Bahagia dan Puas Saat Ini Juga


"Untuk setiap menit anda marah, anda kehilangan 60 detik untuk menjadi bahagia" Ralph Waldo Emerson

Bisakah anda merubah kenyataan bahwa suatu saat anda akan menginjak umur 50 tahun? Bisakah anda menerima kenyataan bahwa kelak anda akan menjadi tua dan kehilangan kecantikan yang anda banggakan selama ini? Bisakah anda menerima kenyataan bahwa hari ini adalah hari Senin dan anda harus berangkat lagi ke kantor untuk mengerjakan pekerjaan yang anda benci? Bisakah anda menerima kenyataan bahwa anak anda kini telah dewasa dan siap meninggalkan anda setelah ia dilamar kekasihnya?

Dalam bahasa lain, bisakah anda mengubah kenyataan atau fakta yang terjadi dalam kehidupan anda?

Dalam jangka panjang, kita mungkin bisa saja merubah kehidupan  kita meraih apa yang kita impikan dan kita cita-citakan. Baik itu merubah kehidupan ekonomi kita, berganti karir, membeli rumah baru, memulai usaha sendiri atau bahkan menemukan kekasih impian kita. Namun sekarang, saya ulangi, SEKARANG adalah SEKARANG, bukan masa depan. Sekarang ada tagihan yang harus dibayar, listrik dan air yang harus dibayar, anak dan isteri yang harus diberi makan. Jadi, kita harus menikmati apa yang ada sekarang, menerimanya dengan ikhlas tanpa harus depresi memikirkan impian-impian anda yang belum tercapai.

Butuh waktu cukup lama bagi saya untuk menyadari betapa berharganya waktu SEKARANG. Saya merasa perlu membagikan kepada anda beberapa tips agar anda bisa lebih menikmati waktu saat ini sambil anda mengerjakan impian anda, sedikit demi sedikit.

Berikut adalah 3 langkah penting agar anda bisa lebih bahagia dengan diri anda SAAT INI JUGA. Apapun situasi anda saat ini,

1. TERIMALAH KENYATAAN BAHWA BEBERAPA HAL PASTI AKAN TERJADI DALAM KEHIDUPAN ANDA, APAPUN UPAYA YANG ANDA LAKUKAN
Beberapa hal disebut fakta kehidupan. Suatu kepastian. TITIK. Contohnya suatu saat pasti kita akan menjadi tua atau bahkan meninggal. Itu adalah suatu kepastian. Apapun upaya anda untuk meraih kesempurnaan dalam hidup anda tidak akan bisa menghindari hal ini.

Pertanyaannya adalah lalu apa respons anda? Apakah anda akan mengeluh dengan bertambahnya usia anda?
Anda punya pilihan di sini, apakah anda akan mengeluh dengan bertambahnya usia anda? Atau justru anda bersyukur bahwa anda masih diberi kesempatan untuk masih bisa hidup dan melakukan kebaikan?

Memikirkan tinggal berapa lama lagi sisa umur anda bukanlah hal yang produktif. Justru nikmatilah dan syukurilah dengan cara melakukan kegiatan yang berarti.

2. TERIMALAH KENYATAAN BAHWA PERUBAHAN TIDAK AKAN TERJADI DALAM WAKTU YANG SINGKAT.
Jadikan sabar dan sholat sebagai penolong kita. Dalam mimpi saya, saya bermimpi menjadi petani dengan ternaknya yang banyak sambil mengajar filsafat atau ilmu kepemimpinan kepada masyarakat di sekitar kampung saya.Itulah impian saya selain menjadi dosen luar biasa di sebuah universitas. Menulis sebuah buku dan mendirikan sebuah panti asuhan dan pesantren.

Saya yakin dan percaya, kelak impian saya terwujud jika saya sungguh-sungguh menginginkannya. Namun sekarang, sekarang saya masih membutuhkan pekerjaan saya, saya belum bisa berhenti sepenuhnya dari pekerjaan saya sekarang karena saya mempunyai tanggung jawab terhadap keluarga saya.

Namun saya bisa menerima dengan bahagia dan tulus bahwa saya masih bekerja di perusahaan sekarang yang mungkin belum akan mengundurkan diri dalam beberapa waktu kedepan. Hal ini bukan berarti saya harus bersedih, mengeluh atau bekerja asal-asalan saat ini.

Saya sadar, perubahan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan saya yakin, kita bisa meraih impian kita selama kita bersungguh-sungguh.

3. MEMBUAT PILIHAN YANG TEPAT
Pada akhirnya, tepat sekali apa yang dikatakan oleh pepatah, bahwa hidup adalah pilihan. Setiap hari, setiap saat, anda dihadapkan pada berbagai pilihan. Apakah anda memilih untuk bahagia dengan apa yang anda miliki saat ini atau mengeluh dan bersedih atas apa yang anda tidak miliki.

Saya, dengan penuh kesadaran hati, memilih setiap hari untuk selalu bersyukur, dan berusaha selalu bersikap baik. Akan ada beberapa momen di mana saya kecewa, sedih, gagal atau stress tentang suatu hal, namun saya akan selalu mengingat untuk bersyukur dan kembali sadar bahwa saya lah yang memilih.

Kondisi anda mungkin tidak berubah. Pekerjaan anda mungkin tidak ada yang berubah. Ukuran rumah anda mungkin tetap seperti yang sekarang. Namun dengan mengubah dan memilih pola pikir yang tepat, semuanya akan berubah dan menjadi indah.

Jadi, sambil mengejar impian anda, sambil mengisi kegiatan anda dan mencicil tugas-tugas anda, mari kita menjadi bahagia sekarang juga dengan menggunakan teknik di atas.

Semoga bermanfaat,