Kamis, 26 September 2013

Menemukan Peluang serta Keindahan dalam Perjalanan Mengejar Impian


“Jalani kehidupan anda dengan sepenuh hati. Kumpulkan semua ide dan pemikiranmu. Melangkahlah. Tinggalkanlah sesuatu yang berharga sebagai warisanmu, maka kamu tidak akan pernah menyesali kematianmu”

Sukses tidak selalu diraih dalam waktu singkat. Mungkin bisa berjarak tahunan, bahkan puluhan tahun. Jarak antara anda saat ini dengan impian anda bukanlah jarak yang pendek. Hal itu akan bertambah berat seandainya motivasi kita biasa saja. Kita harus selalu mengingat setiap hari tentang kemana tujuan kita, apa tujuan akhir kita dalam kehidupan ini.

Dengan mengetahui tujuan anda, anda akan mengetahui jalan mana yang sebaiknya anda tempuh. Bayangkan, seperti seorang pelari atau pemanah, sulit sekali menentukan arah jika seandainya kita tidak pernah tahu titik akhir atau sasaran kita.

Ada banyak cara untuk tetap menjaga fokus, konsentrasi, menempuh perjalanan menuju titik akhir kehidupan kita. Ada yang melewatkan hari demi hari begitu saja, ada yang melalui proses perencanaan, ada yang melalui menulis rencana harian dan sebagainya dan ada yang dengan bekerja dengan begitu sangat keras. Dari pengalaman tersebut kita belajar. Apa yang berhasil, apa yang tidak. Mana jalan yang terbaik dan mana jalan yang buruk. Apapun hasilnya, belajar dari pengalaman masa lalu sangatlah esensial.

Jika memang kita gagal di masa lalu, kita belum tamat. Kita masih bisa menyusun ulang untuk di masa yang akan depan. Coba, gagal, coba lagi, gagal lagi, coba lagi, gagal lagi, sampai kita berhasil. Kita bisa melihat dan saksikan keberhasilan yang kita raih selama ini diraih bukan dalam waktu yang instan. Begitu juga dengan orang lain. Perhatikan orang-orang yang menurut anda berhasil. Mereka telah berjuang sedemikian rupa, melewati setiap rintangan, namun tetap fokus akan tujuannya. 

Benar apa yang dikatakan seorang Edison, bahwa ‘keberhasilan adalah 99% kerja keras dan 1% keberuntungan’.

Terkadang jalan yang tepat kita temukan karena tidak sengaja.

Terkadang kita selalu mengeluh dan menggerutu mengenai jalan kehidupan yang kita tempuh.

Kita mengeluh kenapa Tuhan sangat tidak adil. Kenapa mimpi kita begitu jauh, bahkan semakin jauh dan semakin sulit untuk ditempuh.

Banyak orang yang tidak menyadari kekuatan-kekuatan besar yang sesungguhnya dia miliki saat ini. Begitu banyak orang menderita penyakit suatu saat.

 “ Suatu saat nanti saya akan bahagia jika…”

“Saya akan lebih bahagia jika….”

Bagaimana untuk sekali saja kita menyembuhkan diri dari penyakit itu, lalu bangun setiap hari menjalani kehidupan kita dengan penuh gairah, semangat, antusiasme dan rasa syukur.

Satu tahun yang lalu saya memulai menulis di blog ini di sudut ruangan kamar saya yang sempit. Saya tidak pernah berpikir sedikitpun akan apa jadinya tulisan saya ini, berapa banyak pengunjung blog ini dan sebagainya. Apa yang menjadi keyakinan saya adalah saya harus membuat sesuatu yang berharga untuk generasi selanjutnya dalam kehidupan ini. Sesuatu yang bernilai dan bermanfaat. Blog saya hanya dikunjungi beberapa orang saja dan bahkan sedikit ide untuk terus menulis. Saya tidak pernah mendapatkan sepeser pun dari blog ini.

TAPI SAYA TETAP MELANJUTKAN MENULIS..

Beberapa orang mungkin berpikir saya melakukan hal yang tidak berguna dan membuang waktu saja. Tapi saya tidak sependapat. Motivasi saya terlalu kuat untuk tidak pernah berhenti menulis. Saya ingin membuka peluang sebesar-besarnya untuk berkembang..

Inilah saatnya motivasi dan keyakinan berbicara. Daya tahan, ketangguhan, konsisten kita diuji. Apakah kita masih meyakini bahwa yang kita lakukan itu berharga atau tidak. Padahal mungkin, jalan itulah justru jalan yang terbaik yang diberikan Tuhan kepada kita. Kita tidak akan pernah tahu..


Dan tidak pernah tahu itu justru adalah anugerah yang terbesar. Ada keindahan dibalik ketidaktahuan, dibalik misteri. Ada kado besar yang dijanjikan Tuhan untuk kita di akhir perjalanan kelak. Semua tergantung keyakinan anda..

Berikut adalah cara ampuh agar kita bisa tetap bertahan dan menikmati perjalanan kita dalam mengejar impian-impian kita,sehingga kita tidak hanya mengharapkan dan berfokus kepada hasil. Dengan menggunakan dua prinsip ini, anda akan menjelajahi banyak hal baru dalam hidup anda,

1. Fokus kepada proses
Selama bertahun-tahun kehidupan saya, saya menyadari bahwa saya TIDAK BISA MEMPREDIKSI MASA DEPAN. Banyak hal tela berubah, sedang berubah dan akan berubah. Satu-satunya yang bisa anda lakukan adalah benar-benar menikmatis etiap tugas atau pekerjaan atau misi yang sedang anda jalankan.

2. Terbukalah pada setiap peluang dan kesempatan
Jika ada teman anda menawarkan kerjasama bisnis, jika ada perusahaan baru menawarkan anda pekerjaan, jika ada seorang yang mengajak anda berkenalan, bersikpalah terbuka. Hal itu akan memberi anda wawasan, pengalaman, pelajaran dan petualangan baru dalam kehidupan anda. Kuasai skill baru, pelajari hal baru. Kemungkinannya sangat tidak terbatas.

Saya tidak menyangka pertemuan saya dengan trainer hebat, Ahmed Ramdani, bisa menjadi persahabatan yang sekarang sedang kami pupuk. Saya tidak menyangka, murid saya bisa menjadi isteri saya dan calon ibu bagi anak saya.Saya tidak menyangka keputusan saya mengubah arah karir saya membuat saya menjadi sangat menikmati bekerja, dan masih banyak lainnya.

THE POSSIBILITIES ARE ENDLESS. 
Kemungkinan itu tidak terbatas.
So open your arms :)