Senin, 02 September 2013

10 Langkah Kecil Untuk Lebih Mencintai Diri Anda





"Bukanlah tugas anda untuk mencintai saya-Itu adalah kewajiban saya" Byron Katie

Berbicara mengenai jatuh cinta, kita cenderung memaknai dan menerapkannya untuk orang lain atau pasangan kita atau siapapun selain diri kita. Rasanya aneh kalau hari ini anda tiba-tiba mengatakan, "Aku jatuh cinta pada diriku sendiri". Coba sekarang anda katakan kepada diri anda kalimat tersebut. Pasti anda akan merasa aneh dan tidak terbiasa.


Sudah sering kita diajarkan tentang bagaimana kita seharusnya berperilaku dalam memperlakukan orang lain. Bersikap hormat, menunjukkan kasih sayang, empati, pengertian dan sikap berkorban. Banyak keputusan yang kita lakukan yang dipengaruhi oleh orang lain dan dengan dasar untuk membantu orang lain.


Sudah saatnya anda berhenti sejenak dan memikirkan hal baru, "Apakah saya mencintai diri saya sendiri?"


Kenapa mencintai diri sendiri itu sangat penting? Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Ukuran keberhasilan anda dan level kebahagaiaan dan kesuksesan sangat ditentukan dari bagaimana anda memandang diri anda sendiri, berapa anda menilai harga anda, bagaimana anda memperlakukan tubuh anda dan pada intinya, seberapa besar anda mencintai diri anda sendiri.


Akan ada beberapa saat di mana anda harus berdiri sendiri, tidak ada yang akan membantu anda dan anda harus memutuskan pilihan-pilihan anda sendiri. Kita tidak bisa selamanya menggantungkan diri kita, kebahagiaan kita kepada orang lain, bahkan keluarga atau orang yang anda sayang sekalipun.


Berikut saya akan berikan 10 cara kecil yang bisa anda lakukan setiap hari untuk mencintai diri anda sendiri. Lakukan hal-hal kecil ini dengan rutin, anda akan menemukan diri anda merasa lebih baik, lebih istimewa, level kepercayaan diri anda akan meningkat perlahan demi perlahan. Anda akan mulai memandang diri anda berbeda saat anda benar-benar mempercayai diri anda sendiri,


1. Bernafas secara perlahan

Mengambil nafas secara perlahan dan dengan seksama adalah suatu kemewahan dan anugerah yang luar biasa. Anugerah yang terkadang orang lupa begitu besarnya. Saat anda bernafas dengan seksama dan memperhatikan setiap hembusan nafas tersebut, tubuh anda akan merasa rileks dan mekanisme sel-sel dan otot akan kembali 'dinormalkan'. Anda akan tersadar bahwa anda masih baik-baik saja dan anda adalah istimewa. Bernafaslah perlahan-lahan. Lakukan terutama saat anda dalam suasana tegang, marah, sedih atau suasana negatif lainnya. Fokus akan waktu saat ini, lepaskanlah..

2. Berikan diri anda pelukan

Saat memberi pelukan, tubuh anda akan melepaskan hormon-hormon tertentu yang akan memberikan anda perasaan damai dan lega. Hormon kimia sebagai hormon yang merangsang timbul perasaan cinta dan kedamaian. Saat anda memeluk diri anda, bayangkan anda bertemu dengan seseorang yang sangat anda sayangi dan anda merasa bahwa anda sangat peduli dan bahagia bertemu dan bisa memeluknya. Lingkarkan tangan anda ke tubuh anda, resapi dalam-dalam, biarkan setiap momen anda rasakan dengan istimewa.

3. Beri diri anda pujian

Bayangkan hal-hal hebat apa yang anda raih. Fokuskan pikiran anda akan hal-hal yang anda sudah miliki, bukan yang belum anda miliki. Lihat betapa luar biasanya anda meraih hal-hal tersebut. Lihat lebih dalam, anda pasti punya beberapa hal atau pencapaian yang anda banggakan. Bahkan hal terkecil sekalipun.

4. Matikan handphone, terputuslah sejenak

Facebook, twitter, telepone, messenger. Biasanya anda berkomunikasi dengan cara virtual. Hal itu tidak nyata!!Anda harus belajar sejenak mematikan handphone anda dan berinteraksi dengan realitas. Rasakan sentuhan tangan pasangan anda, lihat dengan detail ekor kucing perliharaan anda, cicipi setiap teguk kopi. 

5. Berjalan kaki

Tubuh yang sehat adalah suatu kehormatan dan nikmat yang kita miliki. Hargai itu, salah satunya dengan membiasakan diri berjalan kaki, di pagi hari atau saat wanktu senggang anda. Jangan duduk terlalu lama. Saat anda berjalan, rasakan setiap langkah kaki anda yang begitu istimewa dan indah.

6. Senyum

Senyum (senyum yang dibuat ataupun alami) akan memberikan perubahan psikologis pada diri anda. Saat anda tersenyum, bayangkan berbagai reaksi kimia yang terjadi pada wajah anda yang menjalar ke setiap bagian tubuh anda. Lepaskan senyum terbaik anda sekarang juga

7. Tulis impian-impian besar anda dan mulai ambil langkah terkecil anda sekarang

Apa saja impian-impian besar anda? Tuliskan di organizer anda, buat detail rencana, lalu laksanakan tugas dan pekerjaan anda secara perlahan sedikit demi sedikit agar mendekatkan diri anda kepada impian tersebut. Jangan pikirkan hasilnya, nikmati proses-nya.

8. Manjakan diri anda

Pergi ke tempat refleksi, menonton film favorit anda, ke salon, membaca buku, memancing atau menulis, manjakan diri anda dengan menyisihkan waktu untuk melakukan hal-hal kesukaan anda.

9. Lihatlah ke cermin dan katakan "AKU MENYAYANGI DIRIKU SENDIRI". 

Ini tentang membawa mencintai diri anda ke level berikutnya, ke level yang lebih meyakinkan dan anda percayai. Buka mata anda, tatap wajah anda dengan penuh kesungguhan, katakan dengan keberanian dan keyakinan, bahwa anda mencintai sosok itu dengan sepenuh hati.

10. Kirimkan ungkapan terima kasih kepada orang yang anda sayangi.

Cinta yang anda berikan kepada orang lain, pasti kelak akan mencari jalan untuk kembali kepada anda. Pikirkan seseorang yang sangat anda sayangi, lalu katakan dan ungkapkan apa adanya tentang betapa anda menyayanginya.
Katakan kepada mereka kenapa anda menyayanginya, hal yang mereka lakukan yang patut anda hargai dan anda banggakan. Tentang bagaiamana berartinya mereka bagi hidup anda.

Sekarang anda telah memiliki dan mengetahui langkah-langkah sederhana untuk memulai lebih mencintai diri anda sendiri..


Semoga bermanfaat,