Rabu, 23 Oktober 2013

5 Hal Super Kecil Yang Akan Langsung Meningkatkan Mood Anda


"Jika saya disuruh merangkum pelajaran dalam kehidupan selama setengah abad, satu kebenaran yang bisa saya ajarkan adalah bahwa hanya anda sendiri yang bisa menciptakan kedamaian untuk diri anda sendiri" Dale Carnegie



Kejadian sehari-hari terkadang bisa membolak-balikkan perasaan kita. Terkadang kita bersemangat, terkadang kita tertunduk lesu, kelelahan menjalani aktifitas dan bosan dengan rutinitas yang kita jalani setiap hari. 




Internet dan buku telah menjadi sumber informasi yang luar biasa. Anda bisa menemukan informasi apapun mengenai bagaimana meningkatkan kualitas kehidupan anda dan bagaimana membuat anda menjadi orang yang bersemangat dalam menjalani keseharian anda.



Anda tentu pernah mendengar saran-saran berikut:


-Berjalan di tepian pantai menikmati sinar matahari


-Pergi ke gym dan berlatih kebugaran
-Memulai hari dengan sex luar biasa dengan pasangan anda



Saran-saran di atas merupakan saran yang hebat yang bisa meningkatkan mood anda. Tapi mari kita sejenak berpikir di luar kotak dengan memikirkan cara lain. Bagaimana kalau seandainya tiba-tiba di luar sedang hujan deras? Yang merusak acara anda dan langsung merubah mood anda. Bagaimana jika semua sahabat anda sedang sibuk hari ini? Bagaimana jika anda sedang sakit atau tidak bisa melakukan aktifitas berat?



Berikut lima hal sangat sederhana yang bisa anda lakukan yang akan lansung merubah mood anda.
Nah, sekaranglah saatnya untuk mencoba beberapa hal berikut ini. Sangat murah, sederhana, bisa dilakukan kapan saja dan bisa dilakukan SEKARANG.



1. Memakai Pakaian Terbaik Anda
Dalam lemari anda tentu anda memiliki berbagai koleksi baju, celana atau jaket yang anda sukai. Di antara pakaian-pakaian tersebut, pasti ada satu atau dua pakaian yang jarang anda pakai dengan alasan karena pakaian tersebut merupakan pakaian mahal atau pakaian terbaik anda yang anda hanya gunakan untuk beberapa acara tertentu. 



Sekaranglah saatnya untuk memakianya. Untuk apa anda menyimpannya dan memakainya hanya lima kali dalam satu tahun?



Saya bertaruh, siapapun yang sedang membaca tulisan ini, pasti mempunyai satu dua pakaian favorit dalam lemari mereka. Sekarang ambillah dan kenakanlah. Sekarang juga.



2. Ambil Libur Satu Hari
Kapan terakhir anda menikmati liburan anda? Sabtu-Minggu tidak dihitung ya..
Kita telah diajarkan sedemikian rupa untuk bekerja keras dari jam 9 sampai jam 5, atau bahkan 24 jam. Namun tahukah anda? Tidak semua penyakit itu bisa dilihat dan dirasakan.



Otak anda mungkin membutuhkan istirahat sejenak dari berbagai aktifitas dan rutinitas anda. Stress dan ketegangan memberikan dampak negatif yang cukup berpengaruh bagi kesehatan kita. Dengan sejenak memberikan kita waktu untuk refleksi dan beristirahat, hal itu akan menegangkan otot-otot dan sel syaraf dalam tubuh kita khususnya dalam otak kita yang kita gunakan untuk berpikir.



Ambil cuti hari ini juga. Saya tahu mungkin anda merasa tidak enak dengan rekan kerja anda yang sedang sibuk mengerjakan pekerjaan kantor atau proyek mereka, tapi percayalah, hal ini sangat berguna sekali untuk anda.



3. Mensyukuri apa yang anda miliki
Ada beberapa saat dalam hidup saya di mana saya menggerutu dan mengeluh kenapa banyak sekali hal buruk terjadi kepada saya. Saya melamar kerja di beberapa perusahaan besar dan gagal di tes kesehatan. Memulai bisnis berkali-kali dan gagal serta tidak bisa mempertahankannya. Dibohongi teman sendiri, ditipu oleh teman sendiri tentang peluang bisnis yang menjanjikan dan sebagainya. 


Hingga saatnya ide tentang bersyukur ini muncul saat saya setiap pulang kerja dan menjemput isteri saya, saya selalu melewati sebuah jalanan di sebuah komplek perumahan. Setiap sore menjelang maghrib, saya selalu melihat dua orang anak kecil yang tertidur di depan sebuah rumah dengan membawa karung berisi kaleng bekas yang mereka kumpulkan dari pagi. Mereka berdua duduk di situ dengan mengharapkan belas kasihan mobil-mobil yang melewatinya dan memberikan mereka makanan atau uang recehan. 


Siapa anak kecil itu? Di mana orang tuanya? Kenapa ia bisa sampai tinggal di jalanan? Saya sangat bersyukur di atas kepala saya masih ada atap rumah untuk berlindung dari panas dan hujan. Saya sangat bersyukur diberikan kesehatan dalam menjalani aktifitas sehari-hari, memiliki pekerjaan yang penuh makna di saat jutaan orang lain berharap mendapatkan pekerjaan. Bersyukur memiliki hubungan yang baik dan harmonis dengan isteri saya, sementara saya melihat banyak hubungan yang terluka dan di ambang perceraian.




4. Melakukan Hal Kecil Yang Akan Mendekatkan Kepada Mimpi Anda
Kita selalu beralasan bahwa kita tidak memiliki waktu, modal, sumber daya atau uang untuk meraih impian-impian besar kita. Padahal jika kit apikirkan lebih detail, kita bisa melakukan hal-hal kecil dan sederhana yang akan mendekatkan kita kepada mimpi-mimpi kita. Asalkan anda mau sedikit berpikir keras dan kreatif, anda pasti akan menemukan jalan anda. Jangan hanya terus berharap dan berangan-angan memimpikan hal-hal besar yang anda inginkan.



Ingin menjadi penulis buku, anda bisa memulai dengan menulis satu halaman sekarang juga.



Ingin memulai usaha, anda bisa menghubungi orang yang bisa membantu anda melalui telepon sekarang juga atau mulai menyusun daftar check list yang akan anda kerjakan.



Ingin memulai hidup sehat, anda bisa mulai sekarang dengan melakukan pemanasan atau push up atau berlari sejauh 20 meter dari rumah anda.



Apapun yang akan mendekatkan diri anda kepada mimpi anda, lakukan sekarang juga.



5. Terputus Dari Internet
Serius. Terputus dari internet dan sosial media. Tapi jangan dulu sekarang ya, karena anda masih bersama saya sebentar lagi. 



Matikan laptop anda, handphone anda, tablet anda atau televisi anda.



Hampir setiap saat, dari mulai bangun tidur kita memandangi layar. Handphone, Tv, komputer, laptop dan iklan. Sudah saatnya anda berhenti sejenak dan mulai menggunakan pulpen dan kertas anda untuk menuliskan rencana anda atau membuat jurnal harian anda.



Matikan sekarang, rasanya luar biasa.



Salam Hangat,
Adi