Rabu, 16 Oktober 2013

5 Langkah Sangat Sederhana Yang Akan Langsung Merubah Kehidupan Anda

 


Hidup itu simpel.

Ya. Hidup itu sederhana. Saya tidak mengatakan hidup itu mudah, tapi SEDERHANA atau SIMPEL.

Jika anda menginginkan sesuatu, berusaha dan raihlah.

Jika anda tidak menyukai sesuatu, berhentilah melakukannya.Atau ubah arah anda.

Setiap kita dianugerahi perbedaan dari masing-masing. Setiap kita melihat dengan cara pandang masing-masing dalam kehidupan ini, maka dari itu kita berbeda satu sama lain.

Karena kebisingan yang ada dalam kehidupan kita, kita cenderung membuatnya menjadi kompleks, sehingga sulit menerima kenyataan bahwa sebenarnya hidup itu SEDERHANA.

Tanggung jawab berubah menjadi beban.
Setiap saat kita memiliki tangung jawab dan kewajiban yang harus kita jalankan.

Ada tagihan yang harus dibayar, cicilan yang harus dibayar, maka dari itu kita bekerja.

Kita harus menjadi terpelajar, maka dari itu kita belajar dan kuliah.

Betapa banyak tangung jawab yang harus kita pikul dan perlahan-lahan hal tersebut berubah menjadi suatu beban, padahal sesungguhnya tidak.

Hidup bisa menjadi sangat sederhana dan kita bisa menjadi bahagia. Sekaranglah saatnya kita menutup dari kebisingan duniawi dan berhenti sejenak untuk melakukan hal-hal sederhana yang bisa langsung merubah kehidupan kita,

1. Berhentilah ber-social media selama satu bulan penuh
Facebook, twitter, instagram, atau media sosial lainnya. Saya tantang anda untuk sama sekali tidak mengupdate status, memposting foto, melihat teman anda dan hal lainnya. 
Saya tidak mengatakan bahwa social media itu buruk. Bahkan saya katakan social media itu bagus dalam menjaga hubungan pertemanan dan persahabatan.

Namun bahayanya datang saat anda mulai dikendalikan olehnya. Perasaan anda dikendalikan oleh facebook atau twitter dan sebagainya. Saat anda melihat profil orang lain, mereka sedang melakukan sesuatu yang menurut anda menarik, sehingga muncul rasa cemburu lalu anda menganggap diri anda tidak seperti mereka. Anda tidak memiliki apa yang mereka punya atau anda tidak melakukan hal yang mereka lakukan yang menurut anda keren.

Belajarlah mulai hidup tanpa social media.

2. Melakukan meditasi/tafakur
Saya sudah ratusan kali menyarankan tentang keindahan dan keistimewaan dari meditasi ini.

Kenapa meditasi itu penting? Karena akan memberikan anda ruang dan waktu untuk benar-benar terhubung dengan Sang Pencipta dan diri anda sendiri. Anda akan lebih memahami siapa diri anda, apa misi anda dan anda akan melatih pengendalian dari kehidupan anda. Selain itu dari segi kesehatan, meditasi akan memberikan anda ketenangan emosional, kemampuan berpikir jernih, fokus dan konsentrasi akan tugs-tugas anda.

Anda membutuhkan ruang dan waktu untuk bisa benar-benar memberikan kebahagiaan hakiki. Melalui meditasi dan keheningan ini anda tidak akan diganggu oleh berbagai gangguan atau kebisingan di dunia ini.

Meditasi bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Justru meditasi merupakan hal yang cukup berat untuk dilakukan, karena akan menyita banyak energi anda untuk mengosongkan pikiran anda dari berbagai macam pemikiran, lalu memasuki area bawah sadar serta folus kepada waktu sekarang.

3. Bepergian (Traveling)
Anda tentu pernah merasakan semangat anda terpompa sejenak saat anda menyaksikan pemandangan baru atau saat anda mengalami hal baru setelah liburan anda. Anda akan terinspirasi dan mendapat pemahaman serta sudut pandang baru mengenai kehidupan.  Traveling bukan lah belanja. traveling adalah mengeksplorasi diri anda dan memenuhi hasrat kebutuhan akan petualangan anda. mengeksplorasi tempat baru, bertemu orang baru , melihat dan menyaksikan bahkan merasakan budaya baru.

Bayangkan saja jika anda hanya tinggal di satu tempat yang sama, melakukan hal yang sama, pasti anda akan memiliki pola pikir yang sama itu-itu saja. Berbeda jika anda pergi ke tempat baru, anda akan mendapatkan pemahaman baru dan cara pandang baru.

4. Berolahraga
Berolahraga bukanlah tentang mendapatkan tubuh ideal, six pack atau pingul yang seksi dan menghapuskan lemak. Olahraga adalah tentang menggerakkan setiap otot-otot dalam tubuh kita sehingga menjadi lentur dan bertenanga. Intinya adalah agar tubuh anda menjadi lebih kuat dan lebih sehat, sehingga dari tubuh yang sehat tersebut, muncul pemikiran positif dan membuat anda semakin bahagia.

5. Membaca
In mungkin langkah paling sederhana. Baca, baca dan baca.
Bacalah karya-karya yang berkualitas yang akan mengeksplorasi daya imajinasi serta menginspirasi anda untuk melakukan hal-hal hebat dan luar biasa. Apapun jenis bacaan anda, novel, majalah, tabloid, blog, apapun yang akan memberi asupan bergizi untuk kreatifitas dan otak anda. Karena pengetahuan adalah kekuatan. Pengetahuan adalah sumber kebijaksanaan.

Dengan membaca anda akan mendapatkan cukup informasi, khususnya mengenai subjek-subjek yang anda ingin kuasai sehingga level kepercayaan diri anda akan meningkat perlahan-lahan.

HIDUP ITU SIMPEL.

Sekali anda meyakini hal itu, maka kehidupan anda pun akan menjadi simpel.

Sekarang saatnya berubah dan konsisten dengan komitmen yang kita jalankan.
Saya, melalui blog ini, melalui berbagai halangan rasa malas serta merasa tidak termotivasi sudah menghabiskan dua tahun untuk menulis. Tujuan saya simpel, saya hanya ingin menjadi manusia yang lebih bermanfaat.

Terima kasih, saya tantang anda untuk menyederhanakan kehidupan anda dengan melakukan lima hal sederhana di atas..