Senin, 28 Oktober 2013

Kenapa Walaupun Anda Sering Menonton Mario Teguh Ribuan Kali di Televisi Hidup Anda Tidak Berubah Sedikitpun? Pentingnya Mengambil Tindakan Sekarang Juga.



Kenapa Walaupun Anda Sering Menonton Mario Teguh Ribuan Kali di Televisi Hidup Anda Tidak Berubah Sedikitpun? Pentingnya Mengambil Tindakan Sekarang Juga.




Saya berpikir bahwa dalam menjalani hidup itu agar berhasil harus menerapkan beberapa formula atau rumus-rumus tertentu. Lakukan X, jangan lakukan Y dan lain sebagainya.




Namun seiring usia yang semakin bertambah, pemahaman pun bertambah. Pemahaman yang saya kumpulkan dari waktu ke waktu dalam berbagai bidang kehidupan. Buku, sekolah, kursus, pengalaman telah mengajarkan saya banyak hal berharga untuk dibagikan kembali pada pembaca setia blog ini.




Pernah ada dalam periode kehidupan saya di mana saya begitu terobsesi dengan keberhasilan yang menyebabkan saya mencari pengetahuan dan kebijaksanaan dari berbagai media. Mulai dari seminar, kampus, buku, audio book, blog, internet hingga belajar langsung kepada pakarnya. Namun ternyata, hal itu tidak pernah berujung. Saya semakin terjerumus ke dalam lubang ketidaktahuan. Seperti kata pepatah, ‘Semakin engkau tahu, maka engkau semakin tidak tahu’.




Bukannya hal tersebut bertambah membuat saya berkembang dan menghasilkan hasil yang nyata, yang ada kenyataannya adalah saya justru semakin dilumpuhkan oleh analisa berlebihan. Buntu, tidak tahu harus melangkahkan kaki ke mana dan keputusan apa yang harus di ambil. Bahkan saya tidak bisa menikmati keindahan dalam hidup karena terlalu memikirkan apa yang akan terjadi kelak, apa yang harus dilakukan selanjutnya dan sebagainya. Intinya saya begitu jauh dari menikmati kehidupan.




Sekarang, saya tidak lagi mempedulikan apa arti kesuksesan, sebaliknya saya menjadi begitu bahagia dan produktif dan sangat menikmati kehidupan. Saya tidak lagi dipusingkan oleh rencana-rencana, target-target semu mengenai keberhasilan dan kesuksesan. Dan anehnya, justru dengan menjadi menikmati kehidupan maka anda akan semakin banyak menghasilkan sesuatu yang produktif. Saya telah memahami arti sebuah pepatah, , jangan menunggu sukses untuk bahagia, tapi bahagialah agar anda sukses.




Ada satu hal sederhana yang mengubah kehidupan saya, yaitu MENGAMBIL TINDAKAN. Ya, mengambil tindakan. Salah satu pelajaran terbesar dalam kehidupan saya adalah bahwa ANDA TIDAK BOLEH BERHENTI DAN MENGAMBIL LANGKAH TINDAKAN SEKARANG.




Berikut adalah empat alasan utama kenapa anda harus mengambil tindakan,




1. TIDAK AKAN PERNAH ADA WAKTU YANG SEMPURNA

Kesempurnaan adalah sebuah khayalan, sebuah ilusi yang diciptakan sedemikian rupa oleh pikiran kita yang menipu kita untuk terus menunda-nunda suatu hal. Tidak akan ada dan tidak akan pernah ada waktu yang sempurna atau tepat. Tidak akan pernah ada pekerjaan yang tepat, waktu yang tepat, sahabat yang tepat, atau situasi yang tepat. Hidup itu tidaklah sempurna dan kita hidup dalam dunia yang penuh keindahan yang dibalut dengan segala kekurangannya.




Saya selalu berpikir bahwa saya akan memulai menulis buku atau blog jika waktunya sudah tepat. Namun karena waktu itu tidak akan pernah datang, hal itu membuat saya menundanya. Lagi dan lagi. Dan dengan tidak melakukannya, hal itu justru akan memperburuk keadaan.




Sampai akhirnya saya menerima kenyataan bahwa hidup tidaklah sempurna. Saya tidak membutuhkan pengunjung yang banyak ke blog ini, buku saya belum tentu akan diterima oleh pihak penerbit, dan lain sebagainya. Dengan menerima hal itu, saya siap dengan kegagalan. Maka dari itu saya sanggup melakukannya dan tidak menundanya lagi.




2. ANDA TIDAK BISA MERAMALKAN APA YANG AKAN TERJADI DI KEMUDIAN HARI

Saya biasanya selalu melakukan analisa berlebihan, mengajukan pertanyaan berlebihan, membuat rencana berlebihan sebelum saya memulai sesuatu kegiatan atau proyek tertentu. Tapi saya sadari bahwa itu salah. Saat anda terjebak dalam kebingungan, tidak tahu mana yang harus anda lakukan, anda bertanya kepada ribuan orang untuk anda jadikan dasar dalam pengambilan keputusan, maka anda akan terjebak dalam kerumitan yang ujung-ujungnya anda tidak akan mengambil tindakan.




Saya yakin anda akan mengalami stress, karena saya jamin tidak akan ada seorang pun di dunia ini yang tahu persis apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.




Dalam pengalaman saya, apa yang saya sadari adalah bahwa saya tidaklah pintar hingga bisa mengetahui apa yang akan terjadi kelak. Tapi, setidaknya, yang bisa saya lakukan adalah melakukan langkah sekecil apapun yang menurut saya penting yang bisa dilakukan sekarang.




Mari kita kutip ungkapan Om Bob berikut ini yang mungkin akan sedikit menyindir anda atau saya,




Orang “Pintar”, biasanya banyak ide. Bahkan mungkin terlalu banyak ide, sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sedangkan orang “bodoh”, mungkin hanya punya satu ide. Namun satu itulah yang menjadi pilihan usahanya, dan ditekuninya hingga akhir.







Sebagian besar orang “Pintar” sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap. Mulai dari modal, untung rugi sampai Break Event Point (BEP). Orang “bodoh” tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha.







3. TINDAKAN KECIL MEMUNCULKAN REAKSI LAINNYA

Aksi menimbulkan reaksi. Satu tindakan kecil anda akan membawa anda kepada hal lainnya yang mungkin menguntungkan bagi anda. Tidak ada yang namanya keajaiban sebelum anda melakukan langkah pertama.




Coba anda bayangkan atau pikirkan di masa lalu anda. Pasti setiap pencapaian anda diraih dan dimulai dari tindakan-tindakan kecil. Panggilan telepon dari teman atau rekan bisnis anda, pernikahan anda, permintaan pertemanan di facebook, jawaban email lamaran kerja yang anda kirim dan sebagainya.




Terkadang kita tidak tahu dampak apa yang bisa disebabkan oleh setiap tindakan kecil yang dilakukan secara konsisten.Jadi jelas, TINDAKAN ANDA akan memunculkan reaksi lainnya sehingga akan memperbesar peluang anda untuk berhasil.




Benar sekali apa kata pepatah, "Jika anda ingin berhasil, lipatgandakan kegagalan anda"




4. ANDA AKAN MERASA LEBIH BAIK MENGENAI KEHIDUPAN ANDA, SAAT INI JUGA

Kegelisahan, kegalauan, kebingungan, kelumpuhan disebabkan karena kita tidak melakukan apa-apa. Kita lebih banyak berpikir daripada bertindak. Anda merasa tidak memiliki kendali atas kehidupan. Semuanya itu mengerucut menjadi penyebab stress yang utama.




Tindakan kecil, sekecil apapun, membawa dampak perubahan yang langsung bisa dirasakan seketika.

Dalam perjalanan kehidupan singkat ini yang dipenuhi oleh ketidakpastian, saya telah menyadari, bahwa sekecil apapun, mengambil sebuah tindakan akan menghasilkan dampak yang berpengaruh dalam kehidupan kita.




Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan sebesar zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

(QS. Al-Zalzalah 7-8)



Jadi, sahabatku yang super :) , kenapa hidup anda belum berubah walaupun sudah ratusan kali anda menonton Pak Mario Teguh di televisi? Kenapa hidup anda belum berubah walaupun anda sudah membaca ratusan buku motivasi?




Mungkin anda dan saya terlalu melakukan analisa berlebihan dibanding mengambil tindakan.




Jadi, mulai sekarang, mari kita ambil tindakan sekecil apapun nilainya,

"Get busy. Keep busy. It's the cheapest kind of medicine there is on earth - and one of the best" Dale Carnegie


"Sibuklah. Dan tetaplah sibuk. Karena itu adalah obat paling murah dan yang terbaik yang ada di dunia ini" Dale Carnegie




Salam Hangat,

Adi