Selasa, 17 Desember 2013

Menggapai Kebahagiaan Melalui Keseimbangan Dalam Hidup



“Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?..” (Al-Mulk [67]: 3)

Anda tentu pernah mendengar berita tentang Mita Diran, seorang karyawan copy writer yang meninggal kemarin dikarenakan koma setelah 30 jam nonstop bekerja dan mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan. 


Berita yang cukup menyedihkan, mengingat Mita merupakan perempuan yang masih muda, penuh semangat, antusias, kreatif dan mencintai pekerjaannya. Memang sudah menjadi ketetapan Alloh perihal meninggalnya Mita, namun setidaknya dari kejadian tersebut, kita belajar salah satu hal mengenai pentingnya menjaga keseimbangan dalam hidup.

Saat membaca berita tersebut, saya terkejut dan menginspirasi saya untuk menulis artikel ini..

Sahabatku,
Kita demikian disibukkan oleh berbagai kegiatan dan aktifitas untuk mencari dan menggapai yang namanya kebahagiaan. Seolah-olah kebahagiaan itu berada di ujung peta perjalanan kita yang harus kita raih dan kita kejar sebelum matahari tenggelam. 

Sampai kapan hal ini akan berakhir? 
Sampai kapan anda akan mengejar kebahagiaan?

Apa sebenarnya kebahagiaan itu?
Bahagia bisa diartikan sebagai perasaan senang, suatu keadaan emosional yang disebabkan oleh beberapa hal. Sebagai manusia, kita digerakkan oleh dua buah motif kembar. Kesenangan dan kepedihan. Yang kita lakukan selalu bermuara dalam mengejar kesenangan dan menghindari kesedihan.

Coba anda ingat kembali keputusan-keputusan anda di masa lalu atau impian-impian anda yang belum terwujud. Pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih besar, rumah impian, wanita seksi dan cantik, uang dalam jumlah yang besar, tabungan yang cukup, tubuh yang sehat dan ideal, semua itu bermuara akan keinginan kita untuk menjadi lebih bahagia.

Tahukah anda, jika yang anda kejar adalah perasaan, maka hal itu tidak akan pernah berakhir? Karena berbagai keinginan yang muncul itu tidak akan pernah cukup dan tidak akan pernah ada habisnya.

Lalu jika memang demikian, apa yang harus kita lakukan agar kita menjadi bahagia sedangkan pengejaran akan hal-hal tersebut tidak akan pernah berakhir?

KESEIMBANGAN!
Hiduplah dengan keseimbangan...

Setiap area penting dalam kehidupan kita memberikan dampak dalam kebahagiaan kita.
Saya ingin bertanya kepada anda, pernahkah akhirnya anda mendapat pekerjaan impian anda, setelah anda melewati test dan interview panjang, akhirnya anda diterima? 

Anda pasti merasa euphoria dan kegirangan..
Namun, sayang sekali, itu hanya sementara bukan?
Hingga akhirnya anda terbangun suatu hari di mana anda merasa kelelahan, tidak bersemangat sementara anda menyadari bahwa anda harus berangkat kerja.

Pernahkah akhirnya setelah sekian lama anda mendekati dan mengejar wanita impian anda, lalu akhirnya anda diterima dan ia bersedia menjadi kekasih anda? Bagaimana rasanya? 

Anda pasti merasa euphoria dan kegirangan..
Namun, sayang sekali, itu hanya sementara bukan?
Hingga akhirnya, tiba-tiba saja anda tergoda oleh kecantikan wanita lain yang menurut anda lebih baik dari anda.

Apa saja area-area penting dalam kehidupan kita,

1. Spiritual
Seperti kata pepatah seorang ayah kepada anaknya,
"Sholatlah nak...Sebab sehebat apapun, hidupmu tidak berguna jika engkau tidak melaksanakan sholat"

Aspek spiritual memegang peranan sangat penting dalam kehidupan kita. Saya bisa jamin, hidup anda tidak akan tenang, tentram dan merasakan kedamaian jika anda tidak sholat. Sehebat apapun anda, setinggi apapun prestasi anda, sebanyak apapun uang yang anda kumpulkan, jangan pernah lupakan waktu anda untuk menyempatkan diri anda melaksanakan kegiatan yang akan mendekatkan diri anda secara spiritual.

2. Aspek Keuangan
Apa jadinya jika anda memiliki banyak benda di rumah anda, atau gadget keren namun semua itu anda dapatkan dengan berhutang. Apa jadinya hubungan keluarga anda sementara kondisi keuangan anda buruk. Sementara ada susu yang harus dibeli, beras yang harus dibeli dan obat yang harus dibayar. 

Mengelola keuangan sangat penting dalam mencapai sebuah keseimbangan kehidupan. Saya tidak berbicara uang dalam jumlah yang sangat besar yang akan membiayai gaya hidup mewah anda, saya bicara tentang tabungan dan kondisi keuangan yang sehat.

3. Aspek Kesehatan
Apa jadinya jika anda memiliki banyak uang, karir yang cemerlang, namun tiba-tiba anda divonis penyakit mematikan? Menurut saya ini adalah aspek terpenting kedua setelah aspek spiritual. Seperti apa pola hidup kita saat ini?

4. Aspek Hubungan
Saya sering melihat orang yang luar biasa sukses dalam karir dan bisnisnya, namun hancur berantakan dalam aspek keluarganya. Biasanya menikah lagi, bercerai dan beristri banyak dan hanya mempunyai waktu yang sangat sedikit sekali untuk keluarga serta orang-orang yang dicintainya. 

Aspek hubungan sangat berpengaruh besar dalam menentukan level kebahagiaan anda. Semakin anda intim dan akrab dengan orang-orang yang anda sayang, semakin bahagia hidup anda.

5. Aspek Karir/Pekerjaan/Bisnis

6. Aspek Hobi/Petualangan
Dalam diri setiap manusia ada kebutuhan untuk memenuhi hasrat petualangan dan menjadi diri mereka sendiri.

Keenam hal di atas sangat penting untuk kita perhatikan sehingga terpelihara keseimbangannya. 

Permasalahannya, kita selalu beralasan bahwa kita terlalu sibuk untuk memikirkan hal-hal di atas. Maka dari itu, saya ingin berbagi dengan anda, bagaimana anda menemukan dan menjalani sebuah keseimbangan dalam hidup.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda ambil sekarang juga untuk menemukan dan menjalani hidup penuh dengan keseimbangan,

1. BERHENTI LEBIH SERING
Diantara ratusan aktifitas yang anda lakukan dalam setiap hari,setiap minggu atau setiap bulan, usahakan untuk selalu menyempatkan diri berhenti sejenak. 
BERHENTILAH SEJENAK LEBIH SERING.

Berhenti untuk merenung dan berpikir.
"Apa yang sedang saya lakukan?"
"Apakah hal ini akan memberi saya keseimbangan dalam hidup saya?"
"Apa prioritas terbesar saya saat ini?"
"Apakah saya sudah sholat?"

Sering-seringlah berhenti sejenak, saya biasanya melakukan ini di pagi hari atau saat makan siang dengan cara meditasi atau tafakur setelah sholat.

2. PERBESAR PANDANGAN ANDA
Saat anda berhenti sejenak tersebut, perbesarlah pandangan anda. Bayangkan anda sedang memandang diri anda jauh dari bulan ke bumi. Lihatlah, apa yang sedang anda lakukan di bawah sana? Anda ingin menjadi orang seperti apa? Apakah anda hidup sesuai prioritas anda?

3. SESUAIKAN
Kini saat anda menyadari andai terlalu sibuk bekerja, terlalu banyak makan, terlalu banyak belanja, terlalu banyak menghabiskan waktu di depan laptop dan komputer anda. Sesuaikan, atau rubahlah. Saatnya anda berhenti dan memikirkan serta melakukan aktifitas lain yang menurut anda penting.

4. ALOKASIKAN WAKTU
Sekarang adalah bagian yang terpenting. Blok waktu beberapa menit atau beberapa jam untuk fokus mengerjakan hal penting tersebut. Jangan biarkan diri anda diganggu oleh aktifitas atau kegiatan lain di luar prioritas anda. Saat anda di rumah bersama anak anda atau pasangan anda, matikan handphone anda. Dan seterusnya..

Nah, itulah langkah-langkah untuk menggapai keseimbangan dalam hidup anda.


Salah satu kunci menuju kebahagiaan dalam hidup adalah dengan selalu berupaya untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan kita.

Semoga bermanfaat,

"I've learned that you can't have everything and do everything at the same time".Oprah Winfrey

"Saya telah belajar bahwa anda tidak bisa memiliki segala hal dan melakukan segala hal dalam satu waktu" Oprah Winfrey