Kamis, 12 Desember 2013

Sang Legenda, Leo Babauta dan Inspirasi 2013


Foto. Leo Babauta

“The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go.” Dr. Seuss, I Can Read With My Eyes Shut

"Semakin banyak yang anda baca, semakin banyak yang anda ketahui. Semakin banyak anda belajar, semakin banyak tempat yang akan anda tuju" Dr. Seuss, I Can Read With My Eyes Shut

Akhirnya..
Sebentar lagi kita akan menutup tahun 2013 yang istimewa ini dalam beberapa hari kedepan.
Tahun 2013 merupakan salah satu tahun paling istimewa dalam kehidupan saya, karena ada beberapa hal yang saya raih dan kini sudah menjadi suatu kebiasaan yang luar biasa..

Perkenankan saya berbagi dengan anda, dan siapa saja orang-orang yang berada di balik kebahagiaan dan keberhasilan saya melewati tahun 2013 ini dengan penuh kemenangan, keberhasilan dan kebahagiaan,

Ada cukup banyak hal yang bisa saya syukuri dan banggakan di tahun 2013 ini,

1. Saya mengakhiri petualangan cinta saya dengan sepenuh hati menyerahkan kehidupan saya, jiwa dan raga saya untuk melayani satu orang wanita yang luar biasa dalam segala hal, yaitu isteri saya, Devi Rosliana. Dalam sebuah pernikahan sederhana yang kami lakukan di Jakarta dan Cipanas, saya berkomitmen untuk melayani dan mencintai isteri saya sampai maut memisahkan kami. Sebuah pengalaman yang tidak akan pernah kami lupakan...

2. Saya berhasil berbagi dengan isteri saya tentang bagaimana pentingnya sebuah proses belajar dan bagaimana mempraktekkan untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik daripada pekerjaan yang sebelumnya ia lakukan dan kini melalui bimbingan saya, dia telah memantapkan karirnya untuk mendalami dunia perbankan. Sebuah awal yang sangat sederhana dan kecil, namun kami mensyukurinya

3. Isteri saya hamil di bulan Juni, saya berteriak, melompat kegirangan untuk merayakannya karena mengetahui bahwa saya akan menjadi seorang ayah. Bahwa saya akan memiliki idola baru dalam keluarga. Anggota baru keluarga yang kami harapkan akan menjadi seorang pemimpin besar dan anak yang sholeh serta berbakti kepada orang tuanya kelak.

4. Saya menemukan formula ampuh dan efektif tentang bagaimana melakukan perubahan, yaitu melalui kebiasaan dan tantangan push up satu kali. Sehingga saya praktekkan kedalam kehidupan saya setiap hari. Mulai dari kebiasaan menjalankan sholat lima waktu, olahraga di pagi hari, meditasi atau tafakur, membaca, menulis blog dan memperbaiki kondisi keuangan saya secara pribadi.

5. Melalui kesabaran dan ketekunan serta kerjasama dengan saudara-saudara saya yang lain, saya berhasil mengumpulkan sejumlah uang untuk digunakan mengoperasi mata Ibu saya dan saat ini hanya tinggal menunggu beberapa bulan setelah konsultasi dengan dokter.

6. Saya berhasil menjalani komitmen untuk menulis dan berbagi sesuatu yang bermanfaat dengan pembaca di blog ini dengan konsisten menulis artikel-artikel dalam pengembangan diri, kesehatan, spiritual atau apapun yang bisa kita manfaatkan untuk menjadi seorang LEGEND. Untuk menjalani sisa hidup yang singkat ini dengan melakukan sesuatu yang berarti. Dan kini, Become Legendary telah dikunjungi oleh lima belas ribu orang lebih semenjak pertama kali ditulis pada awal tahun 2012. Dan kedepan, blog ini akan lebih didesain lebih interaktif dan menyediakan bonus, kursus, ebook serta artikel yang lebih berkualitas. 

7. Dan yang terakhir, yang terpenting dan terbesar, kehidupan saya menjadi jauh lebih bahagia dan penuh makna di akhir tahun ini. Inilah yang paling berarti dan paling mendasar dalam perubahan yang saya alami.

Pertanyaannya, siapakah orang-orang hebat yang berada di belakang saya dan siapakah yang telah menginspirasi saya? Perkenalkan mereka satu persatu dengan harapan semoga mereka akan memberikan anda inspirasi juga,

1. Leo Babauta, zenhabits.net
Blog ini dan perubahan besar dalam hidup saya dimulai saat saya pertama kali secara tidak sengaja berkunjung kepada sebuah blog zenhabits.net yang dikelola oleh seorang biasa yang bernama Leo Babauta.

Siapakah Leo?

Leo adalah manusia biasa, seperti saya dan anda, namun melalui blog nya ia mengajarkan saya banyak hal. 
Dulu, ia mempunyai banyak sekali masalah dan tantangan yang sepertinya tidak mungkin bisa ia hadapi.

1. Dia gemuk, kelebihan beban, malas berolahraga
2. Dia bercerai dengan isterinya
3. Dia mempunyai utang yang sangat banyak lewat kartu kreditnya, ratusan ribu dollar Amerika
4. Dia perokok berat
5. Dia memakan apa saja jenis makanan junk food
6. Dia mempunyai hidup yang rumit dan masalah yang membelenggu kehidupannya, boros, tidak produktif dan pemarah.

Namun, ia berubah. Ia berkomitmen. 

Kini ia adalah salah seorang legenda hidup yang luar biasa. Blognya terdaftar sebagai salah satu blog pengembangan diri terbaik di dunia dan telah memberinya pemasukan luar biasa dari penjualan e-book yang dia jual di blog nya serta dikunjungi jutaan pembaca di seluruh dunia. 

Ia berhenti total merokok, ia merubah bentuk badannya menjadi lebih fit dan menantang dirinya untuk melakukan hal-hal ekstrem, seperti marathon sejauh lima puluh kilometer dan kano melintasi samudera. Ia membayar semua utang-utangnya dan kini mulai menabung dalam jumlah yang cukup.

Melalui blognya ia telah memberikan saya cara atau jalan yang ampuh, melalui KEBIASAAN. Dan saya melakukannya persis seperti apa yang ia ajarkan.
Dia mengajarkan saya sangat banyak hal, FOKUS, SIMPLICITY, MEDITASI DAN KEBAIKAN HATI.
Dan melalui blog ini, saya membagikannya kembali kepada anda lewat cara saya.

2. Kakak saya, Ai Dewi Herawati, kasih sayang dan ketulusannya, telah membantu saya melewati masa-masa sulit di tahun-tahun kebelakang. Terima kasih

3. Isteri saya, Devi Rosliana. Saya tidak bisa menyebutkan berapa besar jasanya dalam membantu saya berubah. Dia telah menerima saya sepenuh hati dan mendukung saya dalam melakukan perubahan. Terima kasih untuk kesabarannya.

4. Sahabat-sahabat terbaik saya, Cherry, Topan, Nana dan Agus Nurdin
Cherry, sosok wanita tangguh, friendly, yang mengajarkan saya tentang arti sahabat dan sejuta sahabat di hati. Yang senyumannya tidak akan pernah hilang walaupun situasi apapun yang ia hadapi.

Topan, seorang yang mengajarkan saya tentang arti dari sebuah kebebasan, freedom, untuk berhenti menjadi orang normal dan memulai kegilaan-kegilaan,serta untuk hidup dengan Rock n Roll.
Salute...

Nana, yang mengajarkan arti sebuah perjuangan, persahabatan, kesulitan dan ambisi serta kesungguhan untuk berhasil.

Agus Nurdin, sahabat terbaik saya yang mengajarkan saya tentang take it easy, dont get too serious in life, santai, tertawa dan nikmati setiap detik dalam kehidupan kita.

Kalian adalah keluarga saya. Dengan memiliki sahabat sejati seperti kalian, hidup saya sudah dinyatakan sukses.

5. Anda semua, pembaca dan pengunjung setia blog ini. Semua ini adalah untuk anda, tentang anda dan saya. Tentang kita. Semoga kita menjadi manusia terbaik di mata Alloh SWT. Terima kasih,


Saya ingin bertaya kepada anda sebelum kita menutup tahun 2013 ini,

1. Apakah ada perbedaan diri anda saat ini dibandingkan dengan diri anda satu tahun yang lalu?

2. Apa saja yang sudah anda raih di tahun 2013?

3. Siapakah orang-orang hebat yang ada dibalik keberhasilan anda dan bagaimana mereka berperan sangat penting dalam kehidupan anda?

4. Ke arah mana di tahun 2014 anda akan melangkahkan kaki anda? Apa yang akan anda raih? 

5. Jika memang hanya ada sedikit waktu, apakah anda sungguh-sungguh saat ini untuk mau melakukan perubahan?

Karena waktu sangat singkat dan kita hanya memiliki sedikit kesempatan untuk membuat segalanya berarti.

Terima kasih dan salam dan pelukan penuh kehangatan dan cinta dari saya,

Adi