Senin, 02 Desember 2013

Menggapai Kesempurnaan Dengan Melakukan Pengurangan



“Kesempurnaan bukan berarti tidak ada lagi yang harus ditambah, melainkan tidak ada lagi yang harus dikurangi”

Salah satu kecenderungan hidup kita hari ini adalah untuk selalu menambahkan lagi dan lagi banyak hal dalam kehidupan kita. Mulai dari furniture, pakaian, gadget, aplikasi, alat komunikasi, uang, gelar, prestasi dan sebagainya. Sebuah perjalanan panjang yang tidak akan pernah tuntas.

Jika kita terus berperilaku seperti itu secara terus menerus, maka:

1. Kita akan terlalu sibuk mengurusi banyak hal, sehingga menyebabkan kita kekurangan waktu untuk istirahat, berkumpul bersama keluarga. Kita hanya sedikit memiliki waktu untuk meditasi, beribadah, terhubung dengan Tuhan dan waktu berharga dengan orang-orang yang kita sayangi.

2. Terlalu banyak benda dan barang di rumah kita berarti menambah waktu ekstra untuk merawat dan menjaganya, memunculkan lebih banyak stress, ruang yang sempit, bahkan utang hingga sedikit kebahagiaan.

3. Terlalu banyak tugas berarti kita hanya memiliki sedikit fokus untuk mengerjakan sesuatu yang benar-benar penting, sehingga kita sulit untuk konsentrasi mengerjakan tugas-tugas penting.

4. Terlalu banyak skill dan pelajaran dalam kehidupan yang ingin kita pelajari, menyebabkan kita justru malah tidak pernah mempelajari suatu hal dengan baik dan fokus.

5. Terlalu banyak aplikasi pada smartphone anda atau pada komputer anda menyebabkan anda sibuk tidak karuan, dan kurang menghasilkan hal-hal positif, menyepelekan dan meremehkan hal yang ada di depan mata anda.

6. Terlalu banyak kebutuhan dan pengeluaran yang harus dibeli menyebabkan kita berperilaku konsumtif, mengandalakan kartu kredit, menambah daftar panjang utang dan cicilan yang harus dibayar.

Sebaliknya, pengurangan adalah sebuah hal yang besar manfaatnya.

Pengurangan itu adalah sebuah hal yang sangat indah yang menciptakan ruang, keleluasan, kebebasan dan kebahagiaan dalam kehidupan kita.

Pengurangan itu sangat penting, agar kita tidak terlalu terbebani oleh terlalu banyak hal.

Pengurangan itu terkadang bisa menyakitkan, di mana anda harus membuang apa yang tidak penting dalam hidup, menghilangkan beberapa tugas dan komitmen anda lalu berfokus kepada yang benar-benar penting..

Mulai sekarang, dengan perlahan namun pasti kita akan berkomitmen untuk mengurangi, bukan menambah lagi benda, barang, tugas, pakaian, gadget dan sebagainya.

Namun sebaliknya, kita akan menambah dan meningkatkan ibadah kita, tabungan kita, frekuensi olahraga kita, kebaikan kita, pengalaman kita dan kasih sayang kita terhadap sesama.

Ada banyak hal yang bisa kita kurangi mulai saat ini juga. Pengeluaran anda, pakaian yang menumpuk di lemari anda, barang-barang yang tidak berguna di rumah anda, daftar tugas dan kegiatan anda, waktu bermain games dan bersosialisasi online anda, daftar pengeluaran bulanan anda.

Apa yang akan anda kurangi saat ini?