Selasa, 24 Desember 2013

Sepuluh Hal Seorang Pria Sejati Harus Miliki




"SAAT SAYA MEYAKINI SATU HAL, SAYA AKAN MEMPERJUANGKANNYA SAMPAI MATI" Steve McQueen

Dalam dunia materialistis dan modern, seorang pria dituntut untuk menjadi keren dan seksi. 

Anda tentu pernah mendengar istilah pria sosialita atau pria metroseksual. Secara umum, kita dikondisikan bahwa lelaki hebat atau lelaki sejati itu adalah lelaki dengan kriteria tertentu.

Seorang lelaki dikatakan hebat jika ia mengendarai ferrari, kapal pesiar, baju dengan merk mahal, keanggotaan ekslusif sebuah klub tertentu dan kartu kredit dengan limit tak terbatas.

Saya setuju bahwa materi bisa jadi ukuran sebuah keberhasilan, namun, saya lebih setuju bahwa ada faktor lain yang bisa menjadi tolak ukur sebuah status atau keberhasilan seorang pria.

Saya lebih menyukai hal-hal yang sederhana namun sangat berarti.

Menurut saya, seorang pria yang hebat yang dikategorikan seorang ‘laki’ itu setidaknya memiliki hal-hal berikut ini:

1. Al Quran atau kitab suci di rumahnya
Ini akan menjadi sebuah panduan dalam hidupnya yang akan mengingatkan tentang siapa dirinya yang sebenarnya, yang akan memandunya untuk selalu hidup dengan jujur dan penuh integritas. 

Yang akan mengingatkannya bahwa sesunguhnya kekuatannya terbatas, bahwa ia dan segala yang dimilikinya adalah hanya milik Tuhan. 

Yang akan mengingatkannya untuk selalu menjadi pria sejati dengan hidup dengan kejujuran, tidak berselingkuh, tidak membohongi dirinya, Tuhan dan keluarganya, yang akan memandunya untuk selalu ikhlas, sabar dan berusaha.

2. Laptop atau buku dan pulpen
Sebuah alat untuk menunjang pekerjaannya. Untuk menuliskan ide-idenya, untuk menuliskan sebuah rencana harian dan menulis checklist tentang apa saja hal penting dalam hidupnya, agar ia bisa mengevaluasinya dan melacak kemajuannya dan membuat rencana hariannya.

3. Kasih sayang
Seorang pria sejati bukanlah pria yang emosional dan tempramen. Pembawaanya tenang, pemikirannya bijak namun tegas terhadap prinsip. Ia tidak mudah ditawar, ia mempunyai standar yang tinggi dalam hal integritas. 

Hatinya dipenuhi limpahan penuh kasih sayang, memaafkan, sikap pengertian dan budi pekerti yang ramah dan baik yang akan membuatnya memahami apa yang dirasakan oleh orang lain terutama keluarga dan orang-orang terdekatnya.

4. Pakaian
Pakaian yang pantas dan baik untuk melindungi tubuhnya, yang sesuai dengan nilai-nilai kesopanan dan kesusilaan. 

Pakaian yang tidak berlebihan dalam jumlah maupun harganya, namun cukup untuk membuatnya nyaman dan pantas dalam pekerjaannya sehari-hari.

5. Pekerjaan atau usaha
Sebuah kegiatan untuk menciptakan nilai. Apapun pekerjaan yang dinilai halal dan baik. Untuk mengekspresikan gaagasan dan pemikirannya serta menjadi alat untuk dirinya memberikan manfaat kepada sesamanya. 

Sumber penghasilan dan penghidupan untuk dirinya dan keluarganya. Sebuah alat di mana ia bisa memberikan sumbangan bagi kehidupan dan mengukirkan namanya dalam suatu perusahaan atau bisnis yang dijalankannya.

6. Telepon
Sebuah alat komunikasi yang bisa ia gunakan untuk menghubungi temannya atau keluarganya atau teman kerjanya. 

Menyapa sahabatnya yang sudah lama ia tidak jumpai atau menanyakan kabar anggota keluarganya saat ia sedang tidak ada di samping mereka.

7. Gelas kopi atau gelas teh
Sebuah ritual untuk menenangkan dirinya dari hiruk pikuk kehidupan. Segelas teh di sore hari atau secangkir kopi di pagi hari membuatnya tampak seperti seorang pria sejati.

8. Traveling dan pengalaman
Sekali dalam hidupnya, sebaiknya ia pernah pergi ke suatu tempat yang ia cita-citakan. Suatu tempat di mana ia bisa mendapatkan inspirasi dan pengalaman yang berharga. 

Sebuah petualangan di mana ia bisa memenuhi hasrat keingintahuan dan mengeksplorasi lokasi tertentu dalam kehidupannya. Sebuah hobi atau kegiatan yang memberinya manfaat dan merefleksikan kekuatan dirinya sebagai seorang pria sejati

9. Tabungan
Sebuah simpanan kecil untuk bekal bagi keluarga yang ditinggalkan dan sebuah dana cadangan jika seandainya terjadi suatu hal yang tidak terduga.

10. Pasangan
Jika anda saat ini belum memiliki pasangan, bukan berarti anda bukanlah pria sejati. Mungkin belum saatnya. Tapi, seorang lelaki sejati pastinya membutuhkan bahu untuk menyandarkan rasa lelah dan menceritakan petualangannya terhadap seseorang yang ia sayangi. 

Atau bisa juga menjadi tempat di mana ia bisa menunjukkan sifat laki-lakinya dengan mendengarkan curahan hati wanita yang dicintainya.

Nah, itulah menurut saya sepuluh hal hebat yang sebaiknya seorang lelaki punya, di bawah ini hal-hal hebat yang sebaiknya dilakukan oleh seorang pria sejati:

1. Meditasi

2. Membaca Quran

3. Olahraga

4. Membaca

5. Belajar memasak masakan sederhana

6. Memainkan alat musik

7. Menciptakan sesuatu yang bermanfaat

8. Berlatih melepaskan ego dan kemarahan

9.Traveling

Penilaian saya bersifat subjektif, jadi jika anda tidak setuju dengan saya, tidak masalah.

Seperti apapun idealnya, seorang pria selayaknya menjadi seorang pemimpin dan panutan.

Semoga bermanfaat,