Rabu, 12 Maret 2014

Menjadi Pahlawan Bagi Diri Sendiri


"Pahlawan itu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manusia biasa. Hanya saja ia lima menit lebih lama untuk menjadi berani" Emerson

Pernahkah anda menyaksikan dan terkesima oleh serunya aksi seorang superhero dalam sebuah film?

Menghabiskan waktu dua jam lebih untuk menyaksikan sebuah film di mana seorang pahlawan berjuang mengatasi segala tantangan dan berhasil mencapai tujuan atau misinya.

Berjuang dari sosok yang bukan siapa-siapa hingga menjadi sosok istimewa dan tak tergantikan di akhir film memberikan kita tontonan yang menegangkan, seru, terharu sekaligus menginspirasi kita untuk melakukan hal yang sama yang mereka lakukan.

Siapakah Film Superhero Favorit Anda?

Anda pasti memiliki beberapa idola baik fiksi maupun realitas. Saya sendiri kagum dengan film The Godftaher, di mana sang pahlawan Michael Corloene dan Vito Corleone berjuang sebagai seorang kepala keluarga, pemimpin dan bos perusahaan serta bisnis namun tetap menjaga keutamaan sebuah keluarga.

Sebuah film luar biasa di mana saya bisa menghabiskan waktu berulang-ulang untuk menontonnya kembali hanya untuk membuat saya terinpirasi tentang bagaimana sebaiknya menjadi seorang ayah yang baik bagi keluarga saya dan bagaimana mempengaruhi orang-orang di sekeliling saya.

Kenapa Kita Banyak Menyukai Film Superhero?

Selama dua jam lebih kita dibuat tersihir dan duduk diam menyaksikan sebuah film. Kita begitu terjatuh melihat dan mengagumi sosok superhero yang kita tonton. Bagaimana mereka berubah, bagaimana mereka menghadapi setiap rintangan, bagaimana kisah cinta mereka berakhir dan bagaimana mereka menuntaskan misi dalam tugas mereka.

Kenapa Kita Tidak Menjadi Superhero Untuk Diri Kita Sendiri?

Mudah sekali untuk membayangkan menjadi superhero, namun saat menjalaninya dalam dunia nyata, bukanlah perkara mudah. 

Saya tidak akan lupa bagaimana saya berjuang beberapa hari lalu membantu persalinan isteri saya. Sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan di mana saya merasa menjadi seorang pahlawan untuk isteri dan anak tercinta saya.

Anda yang merasa bahwa anda hanyalah manusia biasa saja harus berpikir kembali tentang siapa diri anda sesungguhnya dan kenapa  anda tidak menjadi seorang superhero bagi orang-orang di sekeliling anda.

Berikut beberapa ide untuk menjadikan anda seorang superhero,

1. Buat dan Tulislah Naskah Hidup Anda Sendiri
Seperti halnya sebuah film yang dibuat berdasarkan naskah dan cerita yang ditulis oleh seorang penulis naskah, anda pun bisa membuat hal yang sama. 

Buatlah saat ini juga naskah hidup seperti apa yang anda inginkan. Gambarkan dan bayangkan sosok yang anda inginkan. Bentuknya, sikapnya, karakternya, kelebihannya dan kelemahannya sedetail mungkin.

Hidupilah sosok itu senyata mungkin dan jalani dalam kehidupan anda sehari-hari. 

Make it real.

Jika saya membayangkan saya adalah sosok Don Michael Corleone, saya akan membayangkan diri saya yang tenang, bijaksana, cerdik, penyayang keluarga serta tidak pernah mengeluh tentang amsalah hidupnya kecuali kepada orang yang ia percayai, yaitu isterinya atau ayahnya.

Bagaimana cerita kehidupan yang ingin anda buat? Seperti apa endingnya?

2. Dekati Wanita Impian Anda
Seorang superhero harus memiliki seorang kekasih dalam perjalanan hidupnya. Siapa wanita/pria idaman anda? Apakah anda masih takut mendekatinya?

Semua orang butuh seseorang dalam hidupnya. Namun, hal ini tidak bisa didapatkan dengan berkhayal. Anda harus mengejarnya dan menyatakan cinta anda kepada orang tersebut dan berjuang untuk mendapatkan cintanya.

Cinta itu bisa berbahaya. Cinta sejati hanya bisa diraih saat di dalam perjalanannya ada konflik, pertengkaran, tantangan, sakit hati, penolakan dan perjuangan.

Nyatakanlah cinta anda saat ini juga. Jangan tunda-tunda. Seorang superhero butuh pasangan hidup untuk melepaskan dan membagi kedukaan dan permasalahan yang ia hadapi.

3. Hadapi 'Musuh' Terbesar Anda
Setiap superhero pasti memiliki musuh. Baik dalam dirinya sendiri, kelemahannya, maupun dari faktor eksternal. Siapa musuh terbesar anda? Kemalasan, rasa tidak percaya diri, sifat buruk anda, kebiasaan buruk, pendidikan anda, skill anda yang masih belum sempurna atau bahkan mungkin orang lain yang menghambat anda selama ini? Bisa jadi.

Kalahkan mereka. Seperti halnya dalam film, mengalahkan mereka perlu belajar dan memakan waktu. Teruslah berjuang menghadapi musuh anda tersebut.

Ingat, musuh terbesar adalah dalam diri anda sendiri dan hanya anda sendiri yang bisa mengalahkannya.

4. Anda Dianggap Bukanlah Siapa-Siapa Oleh Orang Lain, Tapi Buktikan Bahwa Anda Tidak Demikian
Semua orang negatif, pasti menganggap anda bukanlah siapa-siapa. Anda adalah pemimpi. Anda tidak realistis. Anda berkhayal. Anda hanyalah manusia biasa yang tidak bisa meraih hal hebat dalam kehidupan anda. 

Semua itu terjadi dan dialami oleh seorang superhero. Anda harus bisa membuktikan kepada mereka bahwa anda tidak seperti itu. Buktikan saat ini juga,

5. Jangan Dengarkan Pembenci dan Pengkritik, Ini Adalah Hidup Anda Satu-Satunya
Saya yakin apapun tujuan anda pasti didasari atas cinta dan kebaikan. Jadi, apapun pilihan anda, selama hal itu baik dan mulia terus lakukanlah. 

Jangan pedulikan pembenci dan pengkritik. Di manapun kebenaran itu pada awalnya akan dikritik, dihina dan dilecehkan, namun lama kelamaan, jika anda bisa membuktikan bahwa hal itu salah, mereka akan berbalik memuji anda dan mengikuti anda.

Ini adalah hidup anda satu-satunya, buatlah menjadi sangat bernilai.

Sekarang, tunggu apa lagi.
Jangan hanya membayangkan dengan menonton film di tv anda atau di bioskop.

Melangkahlah dengan tujuan pasti, kokohlah layaknya seorang pahlawan, hadapi semua tantangan dengan penuh keberanian. 

Karena pada dasarnya, kita sudah dilahirkan menjadi seorang pahlawan untuk orang-orang di sekeliling kita.

Semoga bermanfaat,