Jumat, 28 Maret 2014

Anda Tidak Lebih Buruk Dari Orang Lain

Hari Kamis yang lalu saya berbicara dua mata dengan salah satu sahabat saya yang tengah berduka. Dia begitu terpukul dan tidak tahu harus melakukan apa. Dia merasa bahwa dirinya lebih buruk dibanding orang lain.

Saya hanya mengatakan kepadanya bahwa semua orang, siapapun itu, memiliki perasaan yang sama. Bahwa semua orang memiliki rasa takut. Beberapa ada yang menunjukkannya, beberapa ada yang menyembunyikannya. Terkadang kita menyembunyikannya dan memendamnya.

Kita semua memiliki kesamaan. Karena kesamaan itulah kita semua menyatu dan terhubung. Kita semua memiliki masalah yang sama. Takut gagal, malu, takut bangkrut, takut miskin, takut penyakit, malu, resah, tidak bahagia, menghadapi ketidakpastian dan menginginkan perbaikan. Kita menunda-nunda, kita memiliki banyak kebiasaan buruk, melakukan kesalahan di masa lalu, cemburu, tidak disiplin, berbohong dan takut.

Anda tidak sendiri.Semua orang pun memiliki perasaan yang sama dan hal itu tidak bisa dihilangkan atau dipisahkan dari bagian kehidupan kita.Karena itulah kita disebut manusia. Dan tidak menginginkan perasaan tersebut juga manusiawi.

Anda tidak sendiri.

Dan anda tidak lebih buruk dibanding orang lain.

Anda dan saya adalah manusia. Dalam penderitaan dan kelemahan ini justru anda terhubung dengan saya dan setiap orang di muka bumi ini.